BERITA SMK Seni Teater : SMK Jurusan Pemeranan

Seni Teater : SMK Jurusan Pemeranan

Oleh Gamelab.Id | Jumat, 8 Januari 2021

Seni Teater : SMK Jurusan Pemeranan

Pemeranan adalah ilmu dan seni dalam membawakan suatu peran atau tokoh.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Mengenal SMK Jurusan Pemeranan

Pemeranan adalah ilmu dan seni dalam membawakan suatu peran atau tokoh. Pemeranan adalah keterampilan dalam melakukan, bertindak, berbuat seolah-olah menjadi dengan karakter atau watak tokoh sesuai kebutuhan pentas secara tepat, logis, etis, estetis, dan mempesona. Istilah pemeranan disebut juga dengan seni peran, atau seni akting. Seorang pemeran dalam melakukan pemeranannya dikenal dengan sebutan aktor, aktris, pemain, tokoh. Aktor, aktris, pemain, tokoh merupakan inti dalam seni peran dan seni teater pada umumnya. Peran dengan perwatakan orang-orang di sekitar, dengan memerhatikan; status sosial, fisik, psikis, kecerdasan dan mental spiritual yang nampak cenderung bersifat relatif, khas, unik, dan beragam. Pemeranan merupakan salah satu Kompetensi Keahlian dari Program Keahlian: Seni Teater, dan Bidang Keahlian: Seni dan Industri Kreatif. Dengan proses pembelajaran selama 3 tahun, berikut adalah daftar lengkap mata pelajaran Jurusan Pemeranan.

A. Muatan Nasional
1. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
3. Bahasa Indonesia
4. Matematika
5. Sejarah Indonesia
6. Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya*)

B. Muatan Kewilayahan
1. Seni Budaya
2. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

C. Muatan Peminatan Kejuruan
C1. Dasar Bidang Keahlian
1. Simulasi dan Komunikasi Digital
2. Tinjauan Seni
3. Dasar-dasar Kreativitas

C2. Dasar Program Keahlian
1. Pengetahuan Teater
2. Dasar Pemeranan
3. Dasar Tata Artistik

C3. Kompetensi Keahlian (Mata Pelajaran Produktif)
1. Olah Tubuh
2. Olah Suara
3. Teknik Penghayatan Peran
4. Bermain Peran
5. Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Baca Juga : Memperkaya Ilmu Digital Accounting, SMK Gema Nusantara Melaksanakan UKK bersama Gamelab Indonesia

Peluang Kerja SMK Jurusan Pemeranan

Banyak yang mengambil jurusan ini dengan tujuan untuk menjadi aktor atau aktris. Walaupun persyaratannya tidak gampang, tetapi begitu bisa diterima untuk tampil, bayarannya sangat tinggi, apalagi jika bisa tampil di acara reguler, perfilman dan acara TV. Selain di atas panggung, para lulusan Jurusan Teater dan Drama juga bisa bekerja sebagai pelatih di industri akting. Mereka bisa mengajar di akademi drama atau pun di sekolah akting. Selain itu teater-teater terkenal juga membutuhkan PR dan staf marketing yang mempunyai ilmu pengetahuan tentang teater dan drama untuk mempromosikan pertunjukan mereka.

Nah, dengan slogan "SMK Bisa!", siswa SMK dipersiapkan agar kapabel, kompetitif dan siap kerja. Siswa SMK tidak hanya disuguhkan teori, akan tetapi juga praktik lapangan sesuai dengan bidang kejuruannya. Kami dari GAMELAB memiliki berbagai program kerja sama dengan SMK seperti pelatihan guru, pelatihan siap kerja, magang, kelas industri dan job matching. Adapun kami telah bekerja sama dengan lebih dari 30 SMK di seluruh Indonesia. Silakan jika SMK Anda berminat untuk kerjasama dengan kami, email ke support@gamelab.id atau WhatsApp ke https://wa.me/6281232596412


Sumber :

https://www.markombur.com/2020/03/mata-pelajaran-jurusan-pemeranan.html

https://campus.quipper.com/majors/id-teater-drama


Gamelab.Id

Gamelab.Id

Jumat, 8 Januari 2021

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI