BERITA SMK Pentingnya Sertifikasi Kompetensi Bagi Lulusan SMK

Pentingnya Sertifikasi Kompetensi Bagi Lulusan SMK


#smk #sertifikasi #kompetensi
Pentingnya Sertifikasi Kompetensi Bagi Lulusan SMK

Sertifikasi kompetensi merupakan suatu pengakuan kepada tenaga kerja yang mempunyai pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja sesuai dengan standar kompetensi kerja yang telah dipersyaratkan.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY harga lebih murah, bisa belajar kapan saja dan di mana saja. Kelas ditulis oleh professional dari industri berkolaborasi dengan praktisi pendidikan. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Salah satu permasalahan yang ada di masyarakat adalah terkait pengangguran. Jumlah pengangguran terbanyak merupakan lulusan SMK karena biasanya belum memiliki sertifikasi kompetensi. Sehingga masih kalah bersaing dengan lulusan lain ataupun dengan tenaga kerja asing yang telah memiliki sertifikasi kompetensi. Maka sertifikasi kompetensi ini begitu penting untuk dimiliki oleh lulusan SMK yang dapat dijadikan modal dalam memasuki dunia kerja.

Apa Itu Sertifikasi Kompetensi

Sertifikasi kompetensi merupakan suatu pengakuan kepada tenaga kerja yang mempunyai pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja sesuai dengan standar kompetensi kerja yang telah dipersyaratkan. Sertifikasi Kompetensi ini dilakukan secara sistematis dan obyektif dengan uji kompetensi yang mengacu pada standar kerja nasional, standar kerja internasional, dan standar lainnya. Dengan adanya sertifikasi kompetensi dapat memastikan bahwa tenaga kerja terjamin akan kredibilitasnya dalam melakukan suatu kegiatan yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya.

Di Indonesia sendiri ada yang namanya Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang bertugas mengawasi kredibilitas Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang memberikan sertifikat atas suatu kompetensi atau profesi. Peran dari BNSP ini merupakan bentuk dukungan pemerintah dalam mendukung program tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan industri.

Sertifikasi tersebut diatur oleh undang undang, maka standarisasi tenaga kerja akan menjadi tolak ukur kebutuhan bagi industri yang membutuhkan. Adapun acuan standar yang digunakan oleh pemerintah akan disesuiakan dengan kebutuhan industri secara global. Hal ini bertujuan agar tenaga kerja Indonesia mampu dan siap bersaing dalam era industri global saat ini.

Keuntungan Sertifikasi Kompetensi Bagi Lulusan SMK

Meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan diri

Orang yang memiliki sertifikasi kompetensi akan mendapatkan presepsi yang baik dari pihak lain khususnya perusahaan. Sehingga akan meningkatkan kredibilitas dan rasa percaya diri yang ia miliki. Meningkatnya kredibilitas dan kepercayaan diri penting dimiliki oleh lulusan SMK agar selalu bersikap positif dan bisa berkembang lebih baik.

Mempunyai bukti terkait kompetensi yang dimiliki

Dengan mempunyai sertifikasi kompetensi dapat menjadi bukti bahwa kemampuan yang dimiliki telah diakui oleh lembaga pemerintah. Bukti tersebut juga telah terstandarisasi sesuai dengan kebutuhan industri sehingga mendapat kepercayaan lebih dari perusahaan yang akan merekrut. Hal ini penting bagi lulusan SMK agar mempunyai bukti yang jelas terkait keahlian dan pengetahuan yang dimiliki serta bisa di jadikan parameter kemampuan.

Menambah nilai jual dalam proses rekrutmen tenaga kerja

Dengan memiliki sertifikasi kompetensi dapat menambah nilai jual dalam mengikuti proses rekrutmen tenaga kerja. Sertifikasi kompetensi ini penting bagi lulusan SMK agar dapat meningkatkan daya saing dalam mendapatkan pekerjaan dan memiliki keunggulan kompetitif dibanding kandidat lain yang tanpa sertifikasi.

Memiliki kesempatan berkarir yang lebih baik

Sertifikasi kompetensi bisa berguna untuk mendapatkan kesempatan berkarir yang lebih baik. Hal ini juga penting dimiliki oleh lulusan SMK sehingga memudahkan mendapatkan karir yang bagus seperti mempercepat jenjang karir, mendapatkan promosi jabatan di perusahaan ataupun mendapat penghasilan yang lebih besar.

Cara Mendapatkan Sertifikasi Kompetensi

Cara untuk mendapatkan sertifikasi kompetensi adalah dengan mengikuti uji kompetensi. Uji kompetensi tersebut dapat dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang sudah berlisensi BNSP. Karena dengan begitu standar kompetensinya telah mengacu pada SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia), SK3 (Standar Kompetensi Kerja Khusus), dan standar internasional sehingga telah diakui oleh Negara yakni Kementrian Ketenagakerjaan. Berikut ini tips agar lulus uji kompetensi yaitu:

  • Mengikuti training sebelum melakukan uji kompetensi.
  • Memahami materi dengan baik khususnya terkait jobdesc.
  • Melengkapi portofolio diri.

Sumber:
sertifikasibnsp.org

lsp-ipi.org

antaranews.com


Naufal Mubarik

Naufal Mubarik

Jumat, 22 Januari 2021