BERITA KISAH SUKSES Kisah Sukses Ary Eswara Sunaryo Membuat Game Match 3 dengan Phaser 3 framework

Kisah Sukses Ary Eswara Sunaryo Membuat Game Match 3 dengan Phaser 3 framework


Kisah Sukses Ary Eswara Sunaryo Membuat Game Match 3 dengan Phaser 3 framework

Kisah Bagaimana Ary Eswara Sunaryo mahasiswa asal Universitas Duta Bangsa Surakarta mendapatkan pengalaman magang yang luar biasa sebagai Game Programmer.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Ary Eswara Sunaryo biasa dipanggil Ary merupakan mahasiswa asal Universitas Duta Bangsa Surakarta. Pada awalnya Ary memang sudah sangat tertarik dengan industri game. Di waktu luangnya Ary terbiasa melatih dirinya dengan membuat project kecil berupa membuat game menggunakan Unity. Unity sendiri merupakan sebuah game engine terbaik yang dikembangkan oleh Unity Technologies. Ary juga berusaha mengembangkan skill-nya dengan mempelajari  game engine baru yaitu Unreal. Keinginan dan passion Ary dalam industri game yang akhirnya mengantarkan Ary mendapatkan pengalaman magang yang luar biasa sebagai Game Programmer di Gamelab Indonesia.

Mari kita simak bagaimana Ary mengembangkan skill yang sesuai dengan passion-nya melalui magang di Gamelab Indonesia?

Awal mula Ary tertarik magang di Gamelab Indonesia

"if opportunity does not come to you, then create it"

-Milton Berle

Awal mula Ary tertarik untuk magang di Gamelab Indonesia adalah ketika kampusnya mewajibkan untuk melaksanakan kerja praktek. Namun, pandemi Covid-19 mulai melanda pada awal Maret 2020 lalu, sehingga tidak memungkinkan Ary untuk melaksanakan kerja praktek yang mengharuskan untuk keluar rumah.

Kemudian Ary mulai mencari perusahaan yang membuka program magang secara daring namun tetap dapat memberikan pelatihan dan bimbingan untuk menyelesaikan tugas kerja prakteknya tersebut. Sehingga saat melihat Gamelab Indonesia membuka program magang dan pelatihan di bidang Game Programming dan dapat dilaksanakan secara online,  Ary segera mendaftarkan dirinya.

Skill dan project yang dipelajari Ary selama magang

"Berinvestasi di ilmu pengetahuan selalu menghasilkan bunga yang terbaik"

-Bejamin Franklin

Selama magang di Gamelab Indonesia Ary belajar tentang bagaimana membuat game dengan menggunakan Phaser 3 framework dan diberikan project berupa membuat Game Tiga Jadi ( Match 3 ) dan Game Cari Kata.

Game Tiga Jadi yang dibuat Ary

Menurut Ary pengalaman magang di Gamelab Indonesia sangat membantunya dalam meningkatkan skill-nya dibidang Game Programming.

“Kalau boleh jujur sebelumnya saya tidak pernah tau kalau ada framwork Phaser 3 ini. Jadi cukup memberikan pengalaman yang berarti bagi saya karena dapat belajar hal baru. Saya mendapat pengalaman tentang bagaimana membangun game menggunakan Phaser 3” ujar Ary.

Pengalaman Ary selama magang di Gamelab Indonesia juga membantunya dalam melatih diri untuk disiplin di dunia kerja. Setelah magang di Gamelab Indonesia Ary bekerja di sebuah web freelance, namun saat ini ia sedang berhenti dari pekerjaannya tersebut karena ingin fokus menyelesaikan skripsinya.

Kendala yang Ary alami selama magang

"Difficulties give us the opportunity to prove our greatness by overcoming them"

-Meher Baba

Ary sendiri tidak mengalami kendala yang begitu berarti selama magang di Gamelab Indonesia. Hanya saja ia memerlukan sedikit penyesuaian di awal karena biasanya Ia menggunakan bahasa pemrograman C dalam kodingnya dan beralih menggunakan JavaScript saat magang. Untung saja Ary memiliki sedikit pengalaman dalam mengerjakan project berbasis Javascript.

Pesan Ary untuk peserta magang  

"There are no secrets to success. It is the result of preparation, hard work, and learning from failure"

-Collin Powell

“Pesan saya buat teman-teman, Terus semagat ya saya yakin tidak ada usaha yang menghianati hasil”  pesan Ary kepada peserta magang di Gamelab Indonesia.

Pesan, kesan dan harapan Ary kepada Gamelab Indonesia

Ary juga mengungkapkan rasa terima kasihnya karena telah diberi kesempatan magang di Gamelab Indonesia sehingga dapat mempelajari hal baru yang belum pernah ia pelajari sebelumnya. Ary berharap Gamelab Indonesia dapat lebih maju dan lebih baik lagi.

Bagaimana asyik bukan pengalaman Ary selama magang di Gamelab Indonesia? Sekarang saatnya kamu juga merasakan pengalaman magang dan menambah skill-mu di Gamelab Indonesia. Jangan lupa segera daftarkan dirimu ya, sampai jumpa di program magang Gamelab Indonesia.


Salsa Bila Novita Sari

Salsa Bila Novita Sari

Selasa, 9 Maret 2021