BERITA PROGRAMMING Dasar - Dasar Construct 3

Dasar - Dasar Construct 3

Oleh Yusman Yulianto | Senin, 15 Maret 2021

Dasar - Dasar Construct 3

Pada artikel kali ini penulis berkesampatan untuk membuat artikel dengan judul " Dasar-dasar Construct 3" yang membahas pengetahuan dasar yang harus diketahui oleh user dalam belajar membuat game di construct 3.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Baca Juga : Pembelajaran Kelas Industri SMK Negeri Matesih Bersama Gamelab Indonesia

Dasar - Dasar Construct 3

Construct 3 adalah editor game 2D berbasis HTML5 , yang dikembangkan oleh Scirra Ltd. Untuk menjalankan dan mengoperasikan game engine cukup mudah karena tidak membutuhkan syntax atau bahasa pemrograman dalam pembuatan game, sehingga meskipun pengguna tidak mempunyai pengalaman koding sama sekali tetap bisa menjalankan, dan mengoperasikan Contruct 3 ini dengan sangat baik, hanya berbekal kemampuan logika yang baik dan pengetahuan pemahaman tentang antarmuka, fitur-fitur dan action yang ada pada construct 3.

Interface

Tampilan keseluran UI Game engine Construct 3.

Gambar 1 : Interface Construct 3

Main Menu Button, and Main Toolbar

Tampilan Menu pada Construct 3 memakai tampilan 4 garis sejajar. Ketika di klik maka akan menampilkan beberapa pilihan perintah dasar seperti, Save, Save As, Export, Settings, Add On, New, Open, Open Recent dan lain sebagainya.

Pada Tampilan Toolbar terdapat beberapa perintah cepat seperti Save, Undo, Redo, dan Preview.

Gambar 2 : Main Menu dan Main Toolbar

 

 

Properties Bar

Daftar dari semua properti dari item yang dipilih, pada bagian properties bar anda bisa mengatur seperti Ukuran, Posisi, Mengubah Nama, dan lain lain, pada item yang telah di pilih. Isi dari properties bar berbeda beda tergantung objek yang dipilih.

Gambar 3 : Properties Bar

Project Bar

Menampilkan semua hal yang ada di dalam project anda baik seperti audio, gambar, layout, Event, dan lain sebagainya.

Gambar 4 : Project Bar

Layout

Layout bisa disebut juga sebagai workspace atau tempat kerja. Di dalam layout anda bisa mendesign UI game, memasukan beberapa object seperti gambar, audio, keyboard dan lain sebagainya. Ukuran layout size dan windows size bisa di konfigurasi secara manual di properties bar.

Gambar 5 : Layout

View Tabs

Tab berfungsi untuk mengganti layout maupun event sheet yang ingin dikerjakan. Kita bisa mengatur urutannya dengan mendrag-nya.

Gambar 6 : Tabs

Object bar

Object Bar berfungsi menunjukan objek secara spesifik, berdasarkan isi suatu

folder dalam project bar. Drag and drop dapat dilakukan jika ingin memasukan objek ke

dalam layout.

Gambar 7 : Object bar

Layers Bar

Layers bar digunakan untuk menambah, mengedit, maupun menghapus suatu layer dalam layout. Layer berperan besar untuk menciptakan kedalaman di game yang

dibuat.

Gambar 8: Layer Bar

Events

Construct dapat mengatur cara kerja game dengan memakai system blok logika, sehingga membuat game menjadi menyenangkan dan lebih mudah tanpa membutuhkan pengetahuan Scripting maupun Programing.

Proses eksekusi suatu event menggunakan logika sebab akibat atau jika-maka. Jika suatu kondisi dipenuhi, maka suatu perintah akan dijalankan.

Gambar 9 : Events

  1. Conditions
    Syarat yang harus dipenuhi untuk menjalankan suatu perintah, jadi jika kondisi bernilai false,maka statment akan diabaikan jika kondisi bernilai true maka statement akan dijalankan atau di eksekusi.
  2. Action
    Kumpulan perintah atau statement akan yang dilakukan jika syaratnya sudah terpenuhi.
  3. Expression
    Berupa operasi logika maupun aritmetika. Bisa juga berisi nilai dari suatu objek atau variable.
  4. Sub Event
    Event yang akan di eksekusi jika Event Utama dieksekusi.
  5. Else
    Kondisi yang berarti mentatakan “tidak”, atau bisa juga “selain itu” jadi misalnya kondisi diatas tidak terpenuhi maka akan menjalankan aksi atau statement atau bisa juga dibilang perintah yang terdapat pada kondisi else tersebut. 
  6. Variables
    Variabel dibagi menjadi dua, yaitu global variable dan local variable perbedaannya terletak 
    pada hak aksesnya jika pada global variable hak akses bisa akses pada event sheet yang lain sedangkan untuk local variable hak aksesnya terbatas, memiliki jangkauan tertentu walaupun pada event sheet yang sama.
  7. Make OR Block
    Agar suatu kondisi bisa berjalan meskipun hanya satu diantara beberapa kondisi yang bernilai benar, misalnya jika terdapat nilai siswa yaitu 100, 90, 80,70 dan dari pihak sekolah akan meluluskan jika siswa tersebut mendapatkan salah satu nilai yang telah disebutkan tadi.
  8. Invert
    Membalikan suatu pernyataan, misalnya Adi berlari, maka jika kita menggunakan invertakan memunculkan pernyataan adi tidak berlari. 

Sumber : https://construct.net/


Yusman Yulianto

Yusman Yulianto

Senin, 15 Maret 2021

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI