BERITA UMUM Kiat Belajar Online Lebih Menyenangkan dan Efektif

Kiat Belajar Online Lebih Menyenangkan dan Efektif

Oleh Ayu Larasati | Senin, 31 Januari 2022

Kiat Belajar Online Lebih Menyenangkan dan Efektif

Belajar secara daring membuat siswa mudah jenuh dan tidak fokus. Berikut beberapa tips jitu agar belajar online menjadi lebih menyenangkan dan efektif.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Naiknya kasus Covid-19 akibat Omricon membuat PTM (Pembelajaran Tatap Muka) di berbagai sekolah dihentikan untuk sementara. Dilansir dari berbagai sumber, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bahkan menghentikan PTM di 90 sekolah yang ada di wilayah mereka.  PTM bisa dihentikan jika terdapat kasus positif yang berlangsung saat PTM, dan jika terdapat klaster penularan dengan angka positivity rate sebesar 5 persen.

Jika kedua hal tersebut terjadi, maka kegiatan PTM harus dihentikan dan dialihkan kembali ke belajar online atau yang dikenal sebagai PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh).  Sayangnya, kebanyakan peserta didik tentu sudah jenuh dengan pembelajaran daring. Mereka kurang bisa fokus dan menikmati pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran pun menjadi kurang efektif dan efisien. Nah, untuk mengatasi permasalahan tersebut, perlu adanya kiat khusus agar belajar online lebih menyenangkan dan efektif. Apa saja itu? Yuk, simak baik-baik ulasannya.

Tips Belajar Online dengan Lebih Menyenangkan dan Efektif

Walaupun belajar online, jangan sampai membuat kompetensi dan capaian akademikmu turun. Agar belajar makin menyenangkan dan juga efektif, kamu bisa mengikuti berbagai tips berikut ini.

Ciptakan Suasana Belajar yang Nyaman

Belajar di kamar setiap hari dapat membuatmu cepat bosan. Tidak ada salahnya kamu mencoba keluar dari kamar dan mencari tempat yang nyaman serta bisa membuatmu lebih fokus. Misalnya, kamu bisa belajar di area balkon atau di teras rumah sambil sesekali melihat tanaman-tanaman di taman depan rumah. Yang terpenting, pilihlah tempat yang tenang, kondusif  dan membuatmu lebih mudah untuk berkonsentrasi pada pelajaran.

Atur Jadwal Belajar

Perlu kedisiplinan yang kuat saat kamu belajar di rumah, mengingat guru tidak mengawasimu secara langsung. Salah satu kunci agar kamu tetap bisa disiplin dalam belajar adalah dengan menyusun jadwal belajar.

Buatlah jadwal belajar yang jelas dan efektif untuk setiap harinya. Pastikan kamu mengikuti jadwal dengan baik dan hindari untuk menunda-nunda dalam melakukan setiap kewajiban.

Buat Batasan dalam Menggunakan Gadget

Salah satu gangguan utama dalam belajar online adalah penggunaan gadget yang berlebihan. Entah itu untuk bermain game atau media sosial. Saat kamu akan mulai belajar, pastikan kamu sudah mengubah mode gadget-mu ke dalam mode hening atau senyap. Jika perlu, senyapkan juga pemberitahuan dari sosial media yang dapat menjadi distraksi dan merusak konsentrasi.

Menulis Catatan Penting

Hanya mendengarkan guru menjelaskan tak jarang membuat kita mudah lupa terhadap pelajaran dan membuatmu mudah mengantuk. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa secara aktif mencatat setiap penjelasan guru. Dengan begitu, kamu akan jadi sibuk untuk menyimak, mendengarkan, dan mencatat semua poin penting yang dipaparkan oleh guru. Jadi, kamu tidak akan tergoda lagi untuk membuka hal-hal lain di luar pelajaran.

Tidur Cukup dan Tepat Waktu

Kurangnya jam tidur dapat mengganggu kesehatan baik fisik maupun mental. Maka, tidur dengan durasi yang cukup sangat penting, terlebih saat kamu sedang belajar online. Kurang tidur juga bisa membuatmu mudah sakit, tidak konsentrasi, dan mudah mengantuk saat pembelajaran berlangsung.

Jangan Lupa Waktu Untuk Kehidupan Sosial

Agar belajar online tidak terasa membosankan, jangan lupa untuk memberikan waktu luang untuk kehidupan sosialmu. Kamu bisa mengobrol dan bercengkrama dengan keluarga di rumah, atau melakukan panggilan video dengan teman-temanmu.

Lakukan Aktivitas Fisik

Selain tidur yang cukup, aktivitas fisik seperti berolahraga dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Belajar secara online membuat kebanyakan orang jarang melakukan aktivitas fisik. Maka, kamu bisa menetapkan waktu istirahat, misal setiap 45 menit untuk bangun dari tempat duduk dan bergerak. Selain itu, kamu juga bisa melakukan peregangan dan berjalan di sekitar ruangan.

Baca Juga : Penandatanganan Perjanjian Kerja sama (PKS) SMK Negeri 1 Ngawen, Gunung Kidul, DIY dan GAMELAB.ID

Lengkapi Belajarmu dengan Magang Online

Itu dia berbagai tips yang bisa dilakukan agar belajar online makin efektif dan menyenangkan. Tidak hanya belajar di kelas yang bisa dilakukan secara online, magang pun juga. Untuk kamu siswa SMK yang ingin menambah pengalaman, magang online di Gamelab Indonesia dapat menjadi solusi terbaik.

Gamelab Indonesia menyediakan berbagai opsi magang yang mewadahi passion dan keahlian yang ingin kamu tingkatkan. Mulai dari bidang IT dan data, desain dan kreatif, hingga bidang bisnis. Kamu bisa memaksimalkan pengalaman magangmu dengan pelatihan yang menarik dan menyenangkan, serta mendapatkan sertifikat dan pengalaman menarik.

Tertarik bergabung? Yuk daftar sekarang juga.


Referensi:

https://megapolitan.okezone.com/read/2022/01/04/338/2527217/ptm-di-jakarta-akan-langsung-dihentikan-jika-ditemukan-transmisi-lokal-omicron 

https://www.inews.id/news/nasional/sekolah-yang-wajib-hentikan-ptm-ini-kriterianya 

https://megapolitan.okezone.com/read/2022/01/04/338/2527217/ptm-di-jakarta-akan-langsung-dihentikan-jika-ditemukan-transmisi-lokal-omicron 

https://nasional.kompas.com/read/2022/01/26/11202951/ptm-berlanjut-satgas-bisa-dihentikan-2-minggu-jika-ada-temuan-kasus-covid-19 

https://megapolitan.kompas.com/read/2022/01/28/16024541/sarankan-ptm-100-persen-di-jakarta-dihentikan-epidemiolog-lindungi-anak 

https://bekaci.suara.com/read/2022/01/28/111736/ptm-di-90-sekolah-dihentikan-sementar-ksp-minta-masyarakat-tak-panik 

https://www.suara.com/health/2022/01/28/151447/ramai-desakan-ptm-100-persen-segera-dihentikan-apa-kata-menteri-kesehatan 

https://www.rancah.com/pendidikan/92059/kelebihan-dan-kekurangan-belajar-online-di-rumah/ 

https://www.forumbelajar.com/beberapa-kelebihan-dan-kekurangan-belajar-online-yang-perlu-diketahui/ 

https://www.detik.com/edu/edutainment/d-5481727/8-tips-belajar-online-di-rumah-agar-tetap-efektif-dan-menyenangkan 

https://www.qureta.com/post/8-tips-sukses-dan-bahagia-dalam-belajar-online 

https://www.ruangguru.com/blog/tips-belajar-online-di-rumah-yang-efektif-selama-pandemi-corona 


Ayu Larasati

Ayu Larasati

Senin, 31 Januari 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI