BERITA PROGRAMMING Coding Praktis dengan Sublime Text Editor

Coding Praktis dengan Sublime Text Editor

Oleh Ardisena Pandu Pradana | Kamis, 18 Maret 2021

Coding Praktis dengan Sublime Text Editor

Sublime Text 3 merupakan salah satu aplikasi text editor yang sangat berguna untuk menulis sejumlah code serta mampu membuka berbagai macam jenis file. Sublime Text 3 juga mendukung berbagai bahasa pemrograman seperti HTML,C++, C, C#, CSS, Java, JS, ASP,

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

APA ITU SUBLIME TEXT 3?
 

Sublime Text 3 merupakan salah satu aplikasi text editor yang sangat berguna untuk menulis sejumlah code serta mampu membuka berbagai macam jenis file.

Sublime Text 3 juga mendukung berbagai bahasa pemrograman seperti HTML, C++, C, C#, CSS, Java, JS, ASP, dan masih banyak lagi.

Sublime Text 3 merupakan text editor yang sering digunakan oleh programmer khususnya seorang web developer untuk menulis code. Sublime Text 3 ini menjadi sesuatu yang sangat penting bagi web developer sebagai senjata coding.

aplikasi Sublime Text mudah digunakan karena warna dari tulisan coding yang sangat bervariasi dan interaktif tentu sangat menarik dan juga dapat mengubah warnanya temanya.

 

Fitur Apa Saja Yang Ada di Sublime Text 3?

Berikut ini beberapa fitur yang ada pada Sublime Text 3  :

  1. Multiple Selection
    Fitur ini memudahkan kita dalam mengedit suatu kesalahan dalam pengetikan atau mengedit banyak kata hanya dengan cara double klik + CTRL.
  2. Go to Anything
    Fitur ini memudahkan kita mencari baris ataupun kata dengan cara CTRL + P. untuk mencari line ketik titik dua “ : “ sebelum angka yang dimasukkan.
  3. Find in Project
    Fitur untuk mencari file dengan cepat tanpa harus membuka folder dengan cara CTRL + P.
  4. Package Control dan Themes
    Fitur ini bisa menambahkan plugin dan juga mengganti tema agar lebih menarik lagi.
  5. Distraction Free Mode
    Fitur yang membuat kita fokus terhadap project atau file yang kita tuliskan dengan cara SHIFT + F11.
  6. Drag & Drop
    Ini adalah fitur yang paling memudahkan ketika sudah membuka Sublime Text 3 dan ingin membuka project lain tinggal kita tarik file project yang ingin di buka dan tinggal drop di Sublime Text 3.
  7. Split Editing
    Fitur ini juga keunggulan jika kita sedang melakukan perbandingan dengan suatu file.
  8. Multi Platform
    Fitur multi platform ini merupakan keunggulan aplikasi Sublime Text 3 dimana tidak hanya di windows saja namun bisa di jalankan di OS lain, seperti OS X Dan Linux.

Keunggulan Sublime Text

Berikut adalah keunggulan yang ada di Sublime Text 3:

  1. Memindahkan Baris Syntax secara Cepat
    Pertama yaitu mampu memindahkan baris syntax secara cepat. Ketika menggunakan Sublime Text, tidak perlu untuk copy paste baris syntax.
  2. Membuat Comment Lebih Cepat
    Kedua bisa membuat comment lebih cepat karena hanya dengan menekan tombol CTRL  +  /.
  3. Menggandakan Baris Syntax
    Ketiga, yaitu dapat menggandakan baris syntax di baris tertentu lebih cepat. Caranya sangat mudah karena tinggal klik baris yang ingin digandakan, lalu tekan tombol CTRL + SHIFT + D.
  4. Membuat Struktur dan Elemen HTML  Lebih Mudah
    Dengan fitur yang tersedia dan secara otomatis dapat membuat elemen html dengan lebih cepat, hanya menggunakan shortcut CTRL + SPACE. Contohnya jika ingin buat struktur html dengan lebih cepat maka cukup mengetikkan “html” saja. Lalu tekan tombol CTRL + SPACE. Kerangka html dapat terbentuk secara otomatis. Nah jika ingin buat elemen html, Anda juga hanya perlu mengetikkan nama elemennya, selanjutnya tekan tombol CTRL + SPACE.
  5. Dapat Mengubah Teks dalam Jumlah yang Banyak
    Caranya juga sangat mudah karena hanya perlu block teks mana yang ingin diubah. Kemudian, tekan tombol CTRL + D. Setelah itu, Anda hanya tinggal mengubahnya sekaligus.
  6. Ringan Menarik
    Keunggulan terakhir Sublime Text 3 Ini kenapa Sublime Text 3 banyak dipakai selain ringan tidak banyak memakan RAM dan juga menarik karena selain temanya.

 

Baca Juga : Rekomendasi Text Editor Agar Ngoding Makin Lancar

Kesimpulan

Kesimpulannya Sublime Text 3 adalah aplikasi text editor ringan, banyak fiturnya dan mendukung banyak bahasa pemrograman jadi cocok untuk kamu yang suka coding.

 

Referensi :

https://www.sublimetext.com/

https://idcloudhost.com/mengenal-aplikasi-sublime-cara-download-sublime-gratis-dan-cara-kerjanya/

 

Hidupmu bahagia kalau pernah main game papan ini! Main game ULAR TANGGA sekarang bisa lewat HP dan bisa main rame-rame.


Ardisena Pandu Pradana

Ardisena Pandu Pradana

Kamis, 18 Maret 2021

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI