BERITA CREATIVE, DESAIN & MULTIMEDIA SPRITE : MAKANAN APAKAH ITU?

SPRITE : MAKANAN APAKAH ITU?

Oleh Andi Taru | Jumat, 18 Januari 2019

SPRITE : MAKANAN APAKAH ITU?

Bagi kamu yang sedang belajar membuat game atau malah belum sama sekali mungkin akan heran ketika mendengar kata SPRITE. Bukan minuman lho, tetapi Sprite adalah bagian penting dari sebuah game.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Sprite itu apa sih?

Bagi kamu yang sedang belajar membuat game atau malah belum sama sekali mungkin akan heran ketika mendengar kata SPRITE. Disini  yang dimaksud bukan minuman lho, tetapi Sprite adalah bagian penting dari sebuah game. Sprite adalah suatu kumpulan gambar dengan berbagai gerakan tertentu sesuai dengan kebutuhan bisa berupa karakter atau gambar apapun kemudian disusun sedemikian rupa sehingga bisa menghasilkan suatu gambar animasi. Apakah sudah ada gambaran tentang Sprite? Sprite bisa dibilang merupakan suatu teknik membuat animasi dengan cara tradisional, yaitu dengan cara menggabungkan beberapa gambar dengan gerakan tertentu kemudian di tata secara berurutan sehingga menghasilkan suatu gambar animasi dengan bagian background tetap diam, jadi yang bergerak hanya bagian-bagian tertentu saja. Contoh animasi yang bisa dibuat dengan menggunakan Sprite, seperti simulasi tata surya, simulasi bola yang dilempar atau memantul-mantul, dan bisa juga digunakan untuk membuat animasi logo ataupun gerakan pada karakter.

Contoh Sprite

Komponen dalam Sprite

Apasih komponen utama dalam pembuatan Sprite. Isinya bukan soda dan pemanis buatan lho ya. Dalam pembuatan Sprite terdapat 2 komponen utama yang harus ada saat pemubuatan Sprite, yaitu:

1. Frame

Frame disini bisa diartikan sebagai worksheet gambar kamu atau lebih gampangnya jumlah gambar yang ada pada suatu animasi atau video. Dalam membuat Sprite perlu di perhatikan banyak-sedikitnya jumlah frame. Sprite dengan jumlah frame yang banyak akan menghasilkan gerakan animasi yang lebih halus.

2. Durasi

Durasi disini merupakan lamanya Sprite tersebut saat dianimasikan, biasanya dalam satuan second atau detik. Jumlah durasi akan mempengaruhi gerakan animasi, misal animasi dengan jumlah frame 20 dengan durasi 1 detik akan berbeda dengan animasi dengan jumlah frame 20 dan durasi 2 detik. Gambar sprite pada durasi 2 detik akan terlihat lebih slow atau pelan dibandingkan dengan durasi 1 detik.

Software Pembuatan Sprite

Ada beberapa pilihan jika kamu ingin membuat Sprite. Berikut adalah daftarnya: 

1. Adobe Photoshop

Software ini cukup populer dan memiliki fitur yang sangat komplit baik untuk menggambar, editing foto, bahkan membuat sprite frame by frame. Satu-satunya kelemahannya adalah berbayar. Kamu bisa mencobanya melalui link berikut ini: 

https://www.adobe.com/products/photoshop/free-trial-download.html 

2. Piskel

Software ini gratis dan dapat digunakan secara online. Lebih lengkapnya bisa menuju ke website berikut ini: https://www.piskelapp.com/ 

Baca Juga : Kiat Belajar Online Lebih Menyenangkan dan Efektif

Selanjutnya Apa?

Berikutnya kami bisa membuat membuat animasi yang berbasis skeletal. Lebih expert, lebih halus, dan sangat professional. Namun, animasi skeletal ini tetap memiliki kelemahan. Jika dibandingkan dengan Sprite yang cocok untuk game-game skala kecil. 

Di Gamelab sendiri ada kelas Animator Spine yang bisa kamu coba: 
https://www.gamelab.id/class/62-menguasai-spine-animator-dari-dasar-sampai-ahli-untuk-menjadi-animator 


Artikel menarik lainnya : 

Hidupmu bahagia kalau pernah main game papan ini! Main game ULAR TANGGA sekarang bisa lewat HP dan bisa main rame-rame.


Andi Taru

Andi Taru

Jumat, 18 Januari 2019

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI