BERITA GAME DESIGNER SPRITE : MAKANAN APAKAH ITU?

SPRITE : MAKANAN APAKAH ITU?

SPRITE : MAKANAN APAKAH ITU?

Bagi kamu yang sedang belajar membuat game atau malah belum sama sekali mungkin akan heran ketika mendengar kata SPRITE. Bukan minuman lho, tetapi Sprite adalah bagian penting dari sebuah game.

Dapatkan akses GRATIS untuk kelas animasi, desain, coding, machine learning dan sebagainya hanya untuk HARI INI!

Sprite itu apa sih?

Bagi kamu yang sedang belajar membuat game atau malah belum sama sekali mungkin akan heran ketika mendengar kata SPRITE. Disini  yang dimaksud bukan minuman lho, tetapi Sprite adalah bagian penting dari sebuah game. Sprite adalah suatu kumpulan gambar dengan berbagai gerakan tertentu sesuai dengan kebutuhan bisa berupa karakter atau gambar apapun kemudian disusun sedemikian rupa sehingga bisa menghasilkan suatu gambar animasi. Apakah sudah ada gambaran tentang Sprite? Sprite bisa dibilang merupakan suatu teknik membuat animasi dengan cara tradisional, yaitu dengan cara menggabungkan beberapa gambar dengan gerakan tertentu kemudian di tata secara berurutan sehingga menghasilkan suatu gambar animasi dengan bagian background tetap diam, jadi yang bergerak hanya bagian-bagian tertentu saja. Contoh animasi yang bisa dibuat dengan menggunakan Sprite, seperti simulasi tata surya, simulasi bola yang dilempar atau memantul-mantul, dan bisa juga digunakan untuk membuat animasi logo ataupun gerakan pada karakter.

Contoh Sprite

Komponen dalam Sprite

Apasih komponen utama dalam pembuatan Sprite. Isinya bukan soda dan pemanis buatan lho ya. Dalam pembuatan Sprite terdapat 2 komponen utama yang harus ada saat pemubuatan Sprite, yaitu:

  1. Frame
    Frame disini bisa diartikan sebagai worksheet gambar kamu atau lebih gampangnya jumlah gambar yang ada pada suatu animasi atau video. Dalam membuat Sprite perlu di perhatikan banyak-sedikitnya jumlah frame. Sprite dengan jumlah frame yang banyak akan menghasilkan gerakan animasi yang lebih halus.
  2. Durasi
    Durasi disini merupakan lamanya Sprite tersebut saat dianimasikan, biasanya dalam satuan second atau detik. Jumlah durasi akan mempengaruhi gerakan animasi, misal animasi dengan jumlah frame 20 dengan durasi 1 detik akan berbeda dengan animasi dengan jumlah frame 20 dan durasi 2 detik. Gambar sprite pada durasi 2 detik akan terlihat lebih slow atau pelan dibandingkan dengan durasi 1 detik.

Artikel menarik lainnya : 

Dapatkan akses GRATIS untuk kelas animasi, desain, coding, machine learning dan sebagainya hanya untuk HARI INI!

belajar gamedesign
Andi Taru

Andi Taru

Jumat, 18 Januari 2019