BERITA PROGRAMMING Apa Itu Behavior Di Construct 3 Dan Apa Saja Macamnya ?

Apa Itu Behavior Di Construct 3 Dan Apa Saja Macamnya ?

Oleh Muhammad Abdu Afifudin | Jumat, 19 Maret 2021

Apa Itu Behavior Di Construct 3 Dan Apa Saja Macamnya ?

Artikel ini akan membahas tentang pengertian, macam serta fungsi behavior yang ada pada construct 3. Untuk mengakses semua konten dibawah ini penulis menggunakan akun free construct 3, pembaca bisa mencoba secara gratis pada laman editor construct 3.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Baca Juga : Toge Productions dan Mojiken Studio: Kisah Kesuksesan Studio Game Indonesia yang Menggebrak Dunia!

Behavior

merupaka suatu sifat yang dapat dimiliki suatu object pada construct 3. Behavior ini mempunyai banyak jenis dan kegunaanya, seperti contoh kita memberikan behavior platform pada karakter player game kita dan memberikan behavior solid pada lantai yang akan dilewati karakter player yang nanti karakter player ini tidak akan terjatuh kebawah layout melainkan bisa berjalan/bergerak normal.

Behavior

Behavior dibagi menjadi 3 kategori Attributes, General, dan Movements. Pertama kita akan membahas mulai dari kategori Attributes :

Jump-thru

Jump thru

Perbedaan Jump-thru dengan Solid

Behavior ini memungkinakan karakter bisa menembus platform di atasnya dan bisa berada di platform tersebut. Bisa dibayangkan karakter dapat melangkah keplatform di atasnya tanpa perlu takut terpental kembali kebawah.

No save

No save

Ada beberapa waktu dimana ingin membuat semua object tetap seperti saat berhenti memainkannya. Behavior ini memungkinkan mencegah mereset ulang object-object yang ingin tetap sama seperti saat save maupun load game.

Persist

Persist

Normalnya saat kita meninggalkan suatu layout object didalamnya juga akan ikut di reset seperti semula, namun di beberapa game hal ini tidak dinginkan. Untuk itu behavior ini memungkinkan saat meninggalkan layout keadaan layout atau object yang diberikan behavior persist akan tetap sama seperti terakhir ditinggalkan. seperti contoh pada layout 1 terdapat 10 item, player kita akan mengambil 5 item dan meninggal kan layout tersebut hasilnya saat kembali maka akan tersisa 5, sedangkan jika tidak menggunakan persist saat kembali item akan tetap 10 atau default.

Shadow Caster

Shadow Caster

Contoh Penggunaan Shadow Caster

Behavior yang memungkinkan memunculkan bayangan dari suatu object yang terkena cahaya dari object Shadow Light atau sumber cahaya.

Solid

Solid

Saat membuat game tentang pergerakan suatu karakter pasti butuh yang namanya lantai atau tempat pijakan untuk gerakan karakter tersebut. Behavior solid ini membuat suatu object menjadi tidak tertembus dari atas maupun dari bawah. Maka object akan menjadi suatu medan yang dapat dilewati atau menjadi pembatas karakter dalam bergerak.

 

Kategori General :

Anchor

Anchor

Posisi object yang di beri Anchor akan menyesuaikan sesuai ukuran layar yang ada.yang dapat mendukung berbagai ukuran layar yang tersedia.

Bound to layout

Bound to layoutMemberikan behavior ini akan membuat object memantul atau tidak akan bisa keluar dari layout, ada beberapa game yang membutuhkan fungsi ini kerena jika object keluar dari layar akan menyebabkan bug atau object hilang.

Destroy outside layout

Destroy outside layout

 Object yang diberikan behavior ini akan hancur atau menghilang jika melewati layout/ keluar layout. Behavior ini biasa digunakan untuk shooting 2D game, peluru yang tidak terkena target akan menuju keluar layout dan menghilang/hancur. Jika tidak dihancurkan akan menyebabkan terciptanya object-object peluru yang akan terdiam di layout dan membuat game mempunyai banyak object. Tentu hal ini dapat menyebabkan komputer atau perangkat menjadi berat.

Drag and drop

Dearg & Drop

Drag and drop memungkinkan object game dapat dipegang dan dilepaskan dengan klik mouse atau tekanan layar sentuh  (touch). Bahkan Drag and drop ini bisa digunakan untuk beberapa objek sekaligus. Object akan terlepas ketika terlepasnya tekanan layar sentuh (touch) atau setelah terjadinya tekanan klik pada mouse.

Fade

Fade

Fade dapat membuat object berganti atau menghilang dengan berkurangnya opacity dan juga dapat muncul dari tak terlihat menjadi terlihat dengan bertambahnya opacity dari tranparan menjadi terlihat.

Flash

Flash

Membuat object berkedip atau menghilang beberapa saat lalu kembali lagi. Perlu diketahui behavior Flash hanya akan aktif dengan mangaktifkannya pada action.

Line of sight

Line of sight

Behavior ini bertujuan untuk membatasi pandangan dari player. Seperti contoh game yang memiliki jarak pandang akan batasi oleh suatu object seperti pohon, tembok, atau sebagainya.

Pin

Pin

Jika suatau object diberikan behavior Pin maka secara otomatis object akan seperti menempel pada object lain.

Scroll to

Scroll To

Memberikan object semacam menu scroll yang dapat memudahkan kita melihat dari atas kebawah atau dari kiri kekanan. Namun perlu diketahui tampilan yang akan diberikan Scroll to harus lebih besar dari tampilan layout jika tidak Scroll to tidak akan berfungsi sama sekali.

Timer

Timer

Memberikan batas waktu kepada pemain untuk menyelesaikan game.

Wrap

Wrap

Behavior ini memungkinkan player untuk teleportasi ke sisi lain dari layout yang di lewati. Sebagai contoh player melewati batas layout atas maka secara otomatis player akan muncul dari bawah dan mengarah ke atas.

 

Kategori Movements :

8 Direction

8 Direction

Memungkinkan object atau player bisa bergerak kemanapun atas, bawah, kanan, kiri atau perpaduannya.

Bullet

Bullet

Membuat object bergerak lurus seperti peluru yang bergerak lurus. Namun object bullet juga bisa memamtul di layout seperti bola.

Car

Car

Memberikan bahavior yang dapat memungkinan player bergerak ke depan, belakang, kiri dan kanan. Behavior ini sering digunakan untuk game bertemakana balapan atau berkendara.

Custom movement

Custom movement

Object dapat bergerak kemanapun sesuai aturan yang diberikan.

Pathfinding

Pathfinding

Membuat object player menjadi dapat menemukan jalan tercepat untuk ditemukan dalam game.

Physics

Physics

Memberikan Fisik kepada object. Seperti contoh pada game yang memiliki bangunan yang dapat dihancurkan, object-object bangunan yang sudah hancur akan memiliki fisik dan jika saling bertabrakan akan seperti bangunan yang saling bertabrakan.

Platform

Platform

Object yang diberikan behavior ini akan menjadi player dan dapat bergerak di atas platform yang sudah ada.

Rotate

Rotate

Memberikan efek berputar pada game.

Sine

Sine

Memberikan animasi pergerakan mengembang menyesuaikan ukuran, sudut, atau posisinya. Seperti contoh tombol yang memiliki animasi seperti mengembang yang dapat meningkatkan minat player pada tampilan menu.

Tile movement

Tile movement

Menggerakkan lantai/background keatas, kebawah, kanan atau kiri sesuai kondisi karakter. Seakan akan object karakter yang bergerak yang sebenarnya lantai yang bergerak menyesuaikan kordinat pergerakan karakter.

Turret

Turret

Memberikan prespective menaiki suatu object atau menggerakan arah tembakan. Seperti contoh kita menaiki suatu artillery yang sumbu tembakannya bisa kita gerakan seakan-akan kita manikinya.

 

banyak sekali bukan macam-macam behavior yang dimiliki Construct 3 serta fungsinya yang beragam untuk digunakan pada game-game yang sering kita mainkan. Teman-teman bisa mencobanya langsung di situs https://editor.construct.net/  dan daftar akun free agar mendapatkan tambahan event. Teman-teman juga bisa ikuti pelatihan dari Gamelab.id tentang Construct 3 Jadi tunggu apa lagi yuk gabung !

 

Sumber :

https://www.construct.net/en/make-games/manuals/construct-3/behavior-reference

https://www.construct.net/en/tutorials/panduan-pemula-menggunakan-1516/menambahkan-behavior-3

http://smartikel.blogspot.com/2016/02/behavior-pada-construct-tutorial-construct-2.html

 


Muhammad Abdu Afifudin

Muhammad Abdu Afifudin

Jumat, 19 Maret 2021

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI