BERITA SMK Kerja Sama Kelas Industri SMK NU 01 Kendal dan Gamelab Indonesia

Kerja Sama Kelas Industri SMK NU 01 Kendal dan Gamelab Indonesia


Kerja Sama Kelas Industri SMK NU 01 Kendal dan Gamelab Indonesia

Kabar baik dan kabar gembira, Gamelab Indonesia bekerja sama dengan SMK NU 01 Kendal untuk bidang pengembangan game. Nantinya, siswa-siswi SMK akan dibimbing untuk menjadi programmer game yang handal.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Kerja sama adalah bentuk persekutuan antara kedua belah pihak untuk membentuk ikatan kerjasama atas dasar kesepakatan, saling membutuhkan dan saling menguntungkan. Bersyukur, kami umumkan kerjasama pembentukan dan pelaksanaan kelas industri antara Gamelab Indonesia dan SMK NU 01 Kendal.

Apa itu Kelas Industri SMK?

Sinkronisasi Kurikulum SMK NU 01 Kendal dan Educa Studio

Kelas Industri adalah sebuah kelas khusus yang dibentuk oleh SMK dan Industri secara bersama-sama. Tujuannya adalah untuk mencapai poin-poin sebagai berikut: 

  • Sinkronisasi kurikulum industri di dalam kurikulum SMK
  • Sekolah menjalankan kurikulum berbasis industri
  • Pelatihan dan magang guru sekolah di industri
  • Peserta kelas industri mendapatkan materi dari industri
  • Peserta kelas industri mendapatkan bimbingan dari pelaku industri
  • Peserta kelas industri melakukan praktek kerja lapangan (PKL) di industri 
  • Industri melakukan rekrutmen tenaga kerja dari lulusan sekolah

Kelas Industri Game Developer

Pelatihan Guru Produktif SMK NU 01 Kendal oleh Tim Gamelab

Sesuai dengan kesepakatan, kelas industri Gamelab di SMK NU 01 Kendal berfokus pada penciptaan programmer game yang handal, yang artinya peserta diarahkan untuk menjadi Game Developer yang handal. Ini tidak lepas dari perusahaan induk Gamelab yaitu Educa Studio, perusahaan pengembangan game edukasi yang telah menelurkan lebih dari 300 games dengan total 35 juta unduhan di app store.

Peluang industri game sendiri cukup besar, dikutip dari medcom.id bahwa "Industri gaming di Indonesia semakin diakui eksistensinya. Data dari IESPL di 2019 menunjukkan Indonesia menempati peringkat 12 di pasar gaming dunia dengan total pemain game aktif sebanyak 62,1 juta orang. Secara keseluruhan di 2019 industri ini menghasilkan pendapatan sebesar USD1,04 miliar".

Pelatihan siswa kelas industri SMK oleh Gamelab

Kami berharap dengan adanya kerjasama ini, kebutuhan talent di bidang pengembangan game dapat terpenuhi dengan baik. Dengan adanya pemenuhan kebutuhan tersebut, Gamelab juga berharap industri game di Indonesia menjadi lebih baik lagi. Terlebih sekarang pemerintah juga mendorong dan mendukung industri ini. Baik melalui kementrian maupun asosiasi seperti AGI, CAKRA maupun IESPL. 

Mengenal SMK NU 01 Kendal

Tampak depan SMK NU 01 Kendal beserta guru dan seluruh manajemen

SMK NU 01 Kendal adalah SMK Swasta yang berada di Kecamatan Kendal, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Berdiri sejak tahun 1991 yang bernaung di bawah Lembaga Pendidikan Ma'arif Kab. Kendal. Sejak berdirinya SMK NU 01 Kendal telah banyak menghasilkan lulusan yang berkualitas dan telah berhasil dalam karir dan dunia kerja baik di dalam maupun di Luar Negeri. 

Bapak Kepala Sekolah MOKH IZUDIN, M.Pd dalam sambutan di websitenya mengatakan SMK NU 01 Kendal merupakan salah satu SMK Rujukan selalu berupaya mengembangkan dan meningkatkan setiap aspek pengembangan sekolah, seperti : Kurikulum, Sarana Prasarana, Tenaga Pendidik, Tenaga Kependidikan, Kegiatan Belajar Mengajar, dan Praktik Kerja Industri di Dunia Usaha.

Kompetensi Keahlian di SMK NU 01 Kendal

  1. Akuntansi dan Keuangan Lembaga
  2. Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran
  3. Bisnis Daring dan Pemasaran
  4. Tata Busana
  5. Tata Boga
  6. Teknik Kendaraan Ringan dan Otomotif
  7. Rekayasa Perangkat Lunak

Mengenal Gamelab Indonesia

Merupakan divisi Educa Studio yang fokus pada riset dan pengembangan skill. Berdiri di bawah naungan PT Educa Sisfomedia Indonesia, memiliki kantor pusat di Salatiga, Jawa Tengah. Gamelab saat ini melalui teknologi yang terus dikembangkan untuk membantu mempermudah aktivitas seperti kelas industri, magang (PKL), pelatihan dan penyaluran tenaga kerja (job matching).  Gamelab telah bekerjasama dengan puluhan SMK dan Perguruan Tinggi vokasi dari Sabang sampai Merauke.

Adapun Educa Studio sebagai perusahaan induk lebih fokus pada bidang industri kreatif seperti pembuatan games, komik, animasi dan teknologi seperti aplikasi, website, AR/VR, Machine Learning dan Blockchain. Beberapa brand terkenal dari Educa Studio adalah Marbel, RIRI, Kolak, KABI, Gamelab dan Emak Matic.


Sumber:

https://www.educastudio.com 

https://www.medcom.id/ekonomi/bisnis/Dkq7O6VN-mengoptimalkan-potensi-industri-game-di-tengah-pandemi 


Andi Taru NNW

Andi Taru NNW

Jumat, 19 Maret 2021