BERITA WEB PROGRAMMING Kenali Beberapa Syntax Dasar Dari Bahasa Pemrograman PHP

Kenali Beberapa Syntax Dasar Dari Bahasa Pemrograman PHP


#php #html
Kenali Beberapa Syntax Dasar Dari Bahasa Pemrograman PHP

Kenali beberapa sintax dalam pemrograman PHP untuk awal dalam belajar memahami pemrograman PHP. kalian akan mempelajari beberapa sintax PHP diantaranya Echo, Print, Printf dan Komentar

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

PHP

Personal Home Pages atau yang lebih kita kenal dengan sebutan PHP adalah skrip salah satu bahasa pemrograman yang dapat kita tuliskan kedalam HTML. PHP umumnya sering digunakan dalam pembuatan maupun pengembangan website. PHP merupakan jenis script pemrograman Server-Side yang berarti skrip/program ini akan dijalankan oleh server.

 Awal mula ditemukannya PHP

Awal mula PHP, PHP ini awalnya diciptakan oleh seseorang yang bernama Rasmus Lerdorf, ia menciptakan skript ini bertujuan untuk memantau siapa saja orang yang mengunjungi Home Page miliknya. Dengan seiring berjalannya waktu, PHP semakin populer dikalangan pembuatan/pengembangan website. Sehingga semakin kesini bahasa pemrograman ini semakin dikembangkan dan disempurnakan hingga seperti sekarang.

 

Fungsi PHP

Sebenarnya dalam pembuatan website, hanya dengan menggunakan HTML dan CSS kita dapat membuat sebuah website, namun jika kita hanya menggunakan kedua bahasa pemrograman tersebut, maka website kita hanya bersifat statis. Nah, dengan ditambahkannya script PHP ini maka akan membuat website kalian menjadi lebih dinamis. Ketika menyimpan kalian juga harus menyimpannya dengan file ber ekstensi .PHP.

Beberapa sintax dasar PHP

Ada banyak syntax dalam bahasa pemrograman PHP, namun pada saat ini kita hanya akan membahas beberapa syntax dasarnya saja sehingga kalian akan lebih mudah dalam memahami atau mempelajari bahasa pemrograman PHP. Dalam penulisan Script PHP ini dapat kalian masukan di bagian manapun dengan syarat kalian harus mengawalinya dengan kode script <?php dan kalian harus mengakhirinya dengan menggunakan kode script ?>. Dengan begitu kalian sudah bisa memasukan script PHP kedalam script pemrograman lain milik kalian.

   Sebagai contoh, lihatlah script dibawah ini,

Dengan script di atas kalian sudah bisa menjalankan file PHP, dan jika script diatas dijalankan maka akan mendapatkan hasil sebagai berikut.

Echo

echo sendiri merupakan fungsi untuk menampilkan hasil teks ke layar. Kalian dapat menggunakan fungsi ini seperti halnya contoh diatas. Lihat contoh gambar script sebelumnya.

Print

Fungsi print hampir sama dengan fungsi echo, yaitu menampilkan hasil teks ke layar. Namun tetap ada perbedaan antara fungsi echo dengan print. Secara garis besar fungsi echo dapat langsung menampilkan hasil teks yang telah kita masukan seperti contoh diatas. Sedangkan fungsi print harus dengan menggunakan variabel kedalam penulisannya. Sebagai contoh lihatlah gambar dibawah ini.

Dengan menuliskan kode di atas maka kalian akan mendapatkan hasil seperti dibawah.

Printf

Printf merupakan sintax untuk memformat teks atau string. Singkatnya ini dapat mengatur format teks ataupun angka yang akan kalian tampilkan pada layar. Adapun beberapa parameter dalam penggunaan printf %d berarti desimal, %s berarti string %f berarti double ( bilangan real), %c berarti karakter yang nilai ASCII-nya dinyatakan dalam argumen Lihat contoh kode dibawah ini.

Maka kita akan mendapatkan hasil seperti dibawah.

Kalian juga dapat memberikan format paramater sesuai dengan kebutuhan kalian. Lihat daftar parameter dibawah ini untuk mengetahui jenis parameter apa saja yang dapat kalian gunakan dalam printf.

Komentar

Kalian juga dapat menambahkan komentar pada setiap script untuk mempermudah kalian mengingat fungsi apa yang kalian tulis pada baris tertentu. Penulisan komentar ini ada beberapa cara dalam penulisannya, kalian bisa menyisipkannya di dalam kode maupun diluar kode. Fitru ini mempermudah serta meminimalisir kita supaya tidak lupa dengan kode apa yang telah kita tuliskan. Lihat contoh pada gambar di bawah.

Sumber referensi : Petani Kode,  Hostinger, Kelas programmer


Ilham Pambudi Utomo

Ilham Pambudi Utomo

Kamis, 8 April 2021