BERITA CREATIVE, DESAIN & MULTIMEDIA Tips Agar Game-mu Lebih Menarik Dan Dimainkan Banyak Orang!

Tips Agar Game-mu Lebih Menarik Dan Dimainkan Banyak Orang!

Oleh Zsalsabilla Pasya Edelani | Minggu, 25 April 2021

Tips Agar Game-mu Lebih Menarik Dan Dimainkan Banyak Orang!

Dengan semakin ramainya pasar penjualan game dibutuhkan sesuatu yang membuat game buatanmu memiliki sebuah ciri khas tersendiri sehingga calon pemain tertarik untuk memainkannya. Berikut ini adalah tips yang bisa kamu ikuti untuk mencapai hal tersebut!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Pentingnya Sebuah Desain Game yang Menarik

Seiring berkembangnya kemajuan teknologi, game saat ini menjadi salah satu aplikasi hiburan yang banyak diakses masyarakat dari kalangan apapun. Selain itu, game juga termasuk ke dalam aplikasi yang marak dikembangkan oleh berbagai individu maupun kelompok developer. Banyaknya jumlah game yang beredar di pasaran membuat calon pemain cenderung memilih untuk memainkan game yang memang sudah ramai dimainkan atau diperbincangkan oleh pemain lain sehingga membuat game-game dari developer  kecil tersingkirkan begitu saja.

Jika kita mengulik game-game yang saat ini menduduki peringkat teratas pada daftar game yang sedang marak dimainkan dapat dilihat game-game tersebut memiliki ciri khas masing-masing baik pada aspek gameplay, storyline, tampilan game secara keseluruhan, dan juga musik. Semuanya memiliki identitas yang berbeda antara satu dengan lainnya sehingga pemain dapat memilih game mana yang sesuai dengan preferensi mereka. Semakin berbeda maka semakin banyak minat pemain terhadap game tersebut.

Untuk dapat membuat game yang memiliki ciri khas tersendiri sehingga dapat menarik perhatian para calon pemain baru, berikut ini adalah tips-tips yang dapat kamu terapkan pada tahap mendesain sebuah game;

Pilih Tema Game Yang Unik

Sumber: https://tinyurl.com/4u6554yh

Menentukan tema adalah salah satu langkah terpenting dalam tahapan membuat game. Tema akan menjadi dasar dari desain game yang akan dibuat. Pemilihan tema game yang unik dapat membantu game-mu terlihat berbeda dari game-game yang sudah beredar di pasaran. Selain itu, dari tema yang unik akan muncul suatu ciri khas dan nantinya akan mengingatkan pemain kepada game yang kamu buat.

Kamu dapat memilih tema yang sesuai dengan keadaan sekarang atau topik yang jarang diangkat oleh developer lain. Akan tetapi ingat untuk tidak menjadikan topik sensitif atau kontroversial sebagai pilihan karena bisa saja game-mu akan dilarang beredar di beberapa tempat atau sama sekali tidak boleh dimainkan oleh siapapun. 

Buat Gameplay Yang Bersifat Adiktif

Sumber: https://tinyurl.com/9srwayxt

Tidak selamanya gameplay  yang rumit membuat sebuah game banyak diminati oleh para pemain. Sesuai dengan tujuan awalnya, game haruslah bersifat menyenangkan dan dapat dimainkan secara berulang sebagai hiburan untuk pemainnya. Hal itu dapat diterapkan dengan membuat mekanik gameplay yang sederhana namun bersifat menantang dan adiktif.

Mekanik gameplay yang menantang dan adiktif ini tidak hanya mengundang pemain baru namun juga membuat para pemain lama terus-menerus memainkan game-mu dalam jangka waktu yang cukup lama. Banyaknya konten yang diberikan pada sebuah game akan membuat pemain ingin mengeksplorasi lebih dalam game tersebut. Tak jarang ada pemain yang akan berulang kali memainkan sebuah game hanya karena rasa penasarannya untuk membuka fitur-fitur tersembunyi yang disediakan oleh developer.

Contoh mekanik gameplay yang dapat kamu jadikan acuan adalah game-game arcade sederhana seperti Tetris, Pacman, dan lainnya yang sampai saat ini masih dimainkan oleh berbagai kalangan baik muda ataupun tua. Kamu juga bisa mengembangkan mekanik-mekanik tersebut dengan menambahkan fitur baru sehingga menjadi mekanik gameplay yang baru.

Tambahkan Gambar Dan UI Yang Sesuai

Sumber: https://tinyurl.com/5554a3r9

Tampilan assets dan UI menjadi faktor daya tarik utama dalam sebuah game. Tidak jarang game pada zaman sekarang lebih mengedepankan visual dibanding mekanik yang mereka miliki. Pemilihan assets yang sesuai dengan tema pada aspek warna dan bentuk harus selalu diperhatikan. Tidak selamanya assets yang detail akan tampak selaras dengan game yang sedang dibuat dan sebaliknya. Kecocokan setiap komponen assets dan UI akan menimbulkan kesan tampilan yang baik untuk para pemain.

Hindari untuk menggunakan komponen yang berbeda-beda, samakan tiap assets dan UI yang ada dengan satu sama lain agar tidak ada komponen yang lebih mencolok. Hal ini juga dapat membantu fokus pemain ketika sedang memainkan game tersebut. Kamu juga bisa menyamakan warna atau bentuk dasar dari setiap komponen yang ada pada game untuk menghindari perbedaan. Sebisa mungkin atur layout UI agar mudah dipahami oleh setiap pemain. Jika perlu, kamu dapat menambahkan detail kecil seperti tulisan sebagai pengarah untuk para pemain.

Masukkan Musik dan SFX yang Menarik

Sumber: https://tinyurl.com/57xf66n7

Menambahkan musik dan efek suara pada game dapat membuat game-mu lebih hidup. Pemilihan musik dan efek suara yang tepat juga membantu pemain mendapatkan pengalaman bermain yang maksimal. Musik dan efek suara berguna untuk menjelaskan suasana dan situasi yang sedang berlangsung pada game-mu sehingga pemain merasa terfokus dengan apa yang mereka lakukan di dalam game.

Selain itu, efek suara juga bisa menjadi alat bantu pada beberapa aspek mekanik game. Seperti narasi cerita, dialog antar karakter yang dibacakan, atau tutorial yang disampaikan melalui voice over. Sesuaikan musik dan efek suara yang kamu pilih dengan tema game-mu. Jika game-mu bertema horror maka tambahkan musik dengan tempo yang lamban beserta efek suara yang seram dan begitupula sebaliknya jika game-mu bertema anak-anak maka tambahkan musik dengan tempo cepat dan ceria. 

Tidak jarang musik dan efek suara pada sebuah game menjadi daya tarik utama dari game itu sendiri, terlebih pada game-game yang bergenre rythm game. Pemilihan musik dan efek suara menjadi hal krusial setelah gameplay.

Baca Juga : Toge Productions dan Mojiken Studio: Kisah Kesuksesan Studio Game Indonesia yang Menggebrak Dunia!

Tambahkan Animasi dan Partikel Sebagai Detail

Sumber: https://tinyurl.com/mbucv4tz

Animasi dan partikel kerap kali ditinggalkan oleh para developer ketika sudah memasuki tahap finishing. Padahal animasi dan partikel dapat membantu agar game-mu tidak terlihat biasa saja. Selain itu, animasi dan partikel juga menambahkan pengalaman bermain lebih untuk sebuah game. Penambahan detail kecil seperti munculnya partikel ketika peluru menabrak objek pada game shooter, animasi idle karakter saat sedang diam, dan transisi antar scene dapat membuat game-mu tampak lebih menarik.

Animasi dan partikel di sini berfungsi sebagai feedback atau penanda ketika pemain melakukan sesuatu. Hasilnya pemain akan semakin tenggelam dalam setiap sesi permainan yang disajikan dan calon pemain akan merasa terpukau dan penasaran untuk memainkan game-mu. Tidak perlu menambahkan animasi dan partikel yang berlebihan, cukup sesuaikan dengan kebutuhan yang ada. Detail kecil seperti ini juga menambahkan kesan bahwa game yang dibuat benar-benar layak untuk dimainkan.


Demikian 'Tips-tips Untuk Membuat Game-mu Lebih Menarik' yang sudah dijelaskankan di atas. Nah, apakah kamu sudah melakukan beberapa tips yang ada di atas kepada gamemu? Jika belum, coba lakukanlah beberapa tips tersebut agar game yang kamu kerjakan tampak lebih menarik. Selain itu dari tips-tips di atas kamu juga dapat belajar bagaimana cara untuk mendesain game yang baik ke depannya.

Selamat Mencoba!


Referensi: 

  1. https://serc.carleton.edu/introgeo/games/goodgame.html
  2. https://www.idtech.com/blog/what-makes-video-games-fun
  3. http://buildnewgames.com/making-games-fun/ 

Zsalsabilla Pasya Edelani

Zsalsabilla Pasya Edelani

Minggu, 25 April 2021

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI