BERITA PROGRAMMING Langkah-Langkah Dan Tips Membuat Game

Langkah-Langkah Dan Tips Membuat Game

Oleh Hanif Irfanto Adinugroho | Kamis, 22 April 2021

Langkah-Langkah Dan Tips Membuat Game

Tips dan Langkah dalam pembuatan game

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Dunia game digital tengah marak di lingkungan saat-saat ini, semua golongan pasti dapat menikmati game, baik tua, muda maupun anak-anak. Dalam hal pembuatan game terdapat beberapa cara dan urutan yang harus dilakukan mulai pemilihan tema, segmentasi pemainnya dan lain sebagainya. Berikut  langkah – langkah untuk membuat game dan tipsnya.

 

1. Tentukan Tema Game

Tentukan tema game yang akan kamu buat, untuk mendapatkan tema yang pas, tipsnya kamu dapat sesuaikan dengan segmentasi pengguna game yang akan dibuat. Bila game untuk anak – anak dapat menggunakan tema edukasi untuk agar dapat sebagai media pembelajaran. Bila untuk remaja dapat menggunakan tema seperti olahraga atau petualangan. Untuk dewasa banyak tema yang dapat digunakan karena sudah tidak dibatasi oleh umur. Kalian dapat mencari referensi gamegame yang telah ada untuk mendapatkan ide dalam menentukan tema.

 

2. Tentukan Platform

Hal berikutnya adalah menentukan platform dimana game akan dimainkan. Ini sangat penting karena mempegaruhi dari tools yang akan digunakan untuk mengkode game dan desain pada game. Terutama pada desain, arena pada setiap platform memiliki desain layout yang berbeda-beda. Untuk kode terdapat bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk berbagai platform dengan beberapa penyesuaian namun ada juga yang tidak untuk berbagai platform, tentukan saja dengan kebutuhan dan kemampuan kalian.

 

3. Flowchart

Sebelum proses pengkodean dan desain assets, alangkah baiknya bila membuat flowchart terlebih dahulu. Flowchart berfungsi sebagai patokan kalian untuk membuat game. Alur berjalanannya game disusun dalam bentuk gambar secara berurutan dari awal hingga akhir. Pembuatan flowchart ini nantinya sangat memudahkan dalam menulis kode untuk membuat mekanisme game.

 

4. Mekanisme Game

Setelah flowchart jadi kita memasuki tahap untuk membuat mekanisme game. Langkah ini sangat penting karena ini yang membuat game berjalan. Pemilihan tools dan bahasa pemrograman yang pas menentukan berjalannya pembuatan mekanisme game, apabila bahasa pemrograman yang digunakan kurang menguasai, proses ini tentunya akan memakan banyak waktu.

 

5. Desain Assets

Sering kali tahap ini didahulukan dari pembuatan mekanisme game hingga memakan banyak waktu namun mekanisme game belum terbuat, membuat game belum dapat dijalankan walau desainnya sudah bagus dan rapi, beberapa assets memang harus dibuat terlebih dahulu untuk memudahkan proses pembuatan mekanisme game. Namun lebih baik desain assets seperlunya saja untuk membantu proses pembuatan mekanisme. Setelah game dapat berjalan dengan semestinya, barulah kira menggarap desain dengan maksimal. Desain assets dapat dilakukan dengan desain manual atau mengambil asset pack yang ada di internet, namun kita harus jeli ketika mencari di internet. Ada beberapa peraturan hak cipta yang di berikan oleh para pencipta assets desain apakah dapat digunakan secara bebas atau tidak. Jangan sampai ketika game kita sudah jadi malah tersandung dengan masalah copyright.

 

Baca Juga : Toge Productions dan Mojiken Studio: Kisah Kesuksesan Studio Game Indonesia yang Menggebrak Dunia!

6. Pengujian

Ini merupakan tahapan akhir dari pembuatan game, semua harus dicek mulai dari kode berjalan dengan semestinya atau tidak, game terasa berat atau tidak, apakah terdapat bug atau glitch pada saat dimainkan, animasi harus smooth, volume dan timing sound effect  harus pas, semua bagian – bagian harus di cek untuk mendapatkan pengalaman bermain yang maksimal. Jangan ketika dimainkan terjadi hal – hal tersebut yang membuat pengalaman bermain kita menjadi berkurang.

Begitulah langkah – langkah dan tips dalam membuat game semoga bermanfaat untuk kalian semua, sampai jumpa di kesempatan berikutnya. Selamat mencoba.

Hidupmu bahagia kalau pernah main game papan ini! Main game ULAR TANGGA sekarang bisa lewat HP dan bisa main rame-rame.


Hanif Irfanto Adinugroho

Hanif Irfanto Adinugroho

Kamis, 22 April 2021

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI