BERITA BERITA GAME Kamu Perlu Tahu! Bermain Game Tidak Selamanya Berdampak Buruk

Kamu Perlu Tahu! Bermain Game Tidak Selamanya Berdampak Buruk

Oleh Dionisius Abiozar | Selasa, 13 April 2021

Kamu Perlu Tahu! Bermain Game Tidak Selamanya Berdampak Buruk

Terlepas dari efek buruk yang timbul saat bermain game, kita juga harus tau bahwa tidak selamanya bermain game itu memiliki efek buruk bagi diri kita melainkan ada beberapa manfaat yang timbul saat kita bermain game.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

https://pin.it/1JGrpeu

Manfaat Bermain Game

Dari zaman dahulu sampai sekarang, kita tidak bisa lepas yang namanya bermain game. Entah itu hanya untuk mengisi waktu luang, melepas stres atau hanya kesenangan belaka. Bukan hanya untuk kalangan anak-anak dan remaja saja yang suka, bahkan orang dewasa pun sangat suka bermain game.

Seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi, industri game menciptakan inovasi dan kemudahan dalam bermain game itu sendiri. Yang dulu kita bermain game hanya bisa melalui console seperti Playstation, Nitendo, Xbox, PSP, dll. Sekarang kita bisa menikmati dan memainkannya hanya dengan bermodalkan smartphone yang kita punya dan kita tidak hanya bisa bermain secara offline saja melainkan bisa bermain online dengan teman-teman kita. Apalagi smartphone sekarang sudah dibekali spesifikasi yang canggih dengan chipset, ram dan penyimpanan yang besar dan memumpuni untuk bermain game-game yang berat sekalipun.

Tetapi masyarakat pada umumnya memandang bahwa bermain game itu buruk untuk diri, membuang-buang waktu dan pandangan buruk lainnya terutama pandangan para orang tua. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa bermain game memiliki beberapa dampak negatif salah satunya orang menjadi apatis.

Namun, terlepas dari dampak negatif yang ada, bermain game juga memiliki manfaat yang positif. Lalu apa sajakah manfaatnya ? Simak penjelasan berikut ;

1. Melatih Kemampuan Kerja Otak

https://pin.it/4X1GbMxDalam permainan, biasanya kita dituntut untuk menemukan cara agar bisa memenangkan permainan dan tantangan yang diberikan. Secara tidak langsung otak kita bekerja untuk berpikir kreatif dan memecahkan masalah yang ada dalam game tersebut.

Sering berpikir kreatif dan memecahkan masalah yang ada, kita jadi bisa menemukan ide-ide dan cara yang kreatif dalam memecahkan suatu permasalahan yang bisa kita terapkan di kehidupan sehari-hari

2. Menghilangkan Stres

https://pin.it/5JxDdvLBiasanya setelah kita melakukan tugas atau aktivitas yang berat. Kita cenderung mencari hiburan untuk menghilangkan sejenak beban dan stres. Salah satunya dengan bermain game. Dengan bermain game mood kita juga jadi baik dan otak kita menjadi lebih segar kembali.

3. Melatih Kemampuan Berbahasa Inggris.

https://pin.it/4d8loifHampir semua game-game terkenal yang diedarkan di dunia termasuk di Indonesia menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa utama di gamenya. Bahkan saat kita bermain game online seperti Pubg, Dota 2 dan lainnya yang memiliki pemain-pemain bukan hanya dari Indonesia saja melainkan dari berbagai belahan dunia.. Kita mau tidak mau dituntut untuk berkomunikasi menggunakan bahasa inggris dengan para pemain lain dan kita juga harus memahami apa yang dituliskan dalam bahasa inggris di game tersebut.

4. Menghasilkan Uanghttps://pin.it/3XiEpCB

Yang perlu kita ketahui bahwa sekarang bermain game tidak hanya untuk hiburan semata melainkan sebuah pekerjaan. Bahkan, penghasilan yang yang didapat tidak kalah dengan karyawan kantoran pada umumnya atau bisa jadi lebih besar. Apalagi sekarang sudah memiiliki industri yang menjadi wadah kompetisi untuk para pemain professional unjuk kebolehan mereka dalam berain game. Industri  itu  dinamai E-Sport.

Sumber penghasilan yang didapat dari bermain game beragam. Kamu bisa mencoba dengan menjadi youtuber dengan memainkan game-game yang kamu suka, bisa juga menjadi streamer dengan berinteraksi langsung dengan penonton kamu saat kamu sedang memaikan game. Atau kamu merasa ahli dan handal dalam memainkan salah satu game, kamu bisa mencoba menjadi pemain profesional. Bisa dari sponsor atau dari perusahaan tertentu Yang tentunya penghasilan yang didapat

Baca Juga : Toge Productions dan Mojiken Studio: Kisah Kesuksesan Studio Game Indonesia yang Menggebrak Dunia!

5. Memperluas Pertemanan

https://pin.it/3XiEpCB

Saat bermain game online kita akan bertemu, bekerja sama dan berkompetisi dengan pemain-pemain baik dari dalam negeri maupun luar negeri yang kita tidak kenal sebelumnya. Dalam game kita bisa berkomunikasi dengan mereka untuk berdiskusi seputar strategi dan sekedar berbincang saja.

Yang kita ketahui, sudah banyak pertemanan di dunia nyata yang berawal dengan bermain game. Entah itu berteman biasa, membuat tim bersama dan bahkan membuat komunitas.


Demikian penjelasan bahwa ‘Bermain Game Tidak Selamanya Berdampak Buruk’ yang sudah dijabarkan di atas. Walaupun banyak manfaatnya, kita juga tidak boleh berlebihan dalam bermainnya. Kita harus bisa mengatur waktunya. Kapan kita bermain game dan kapan kita melakukan aktivitias yang lainnya. Agar waktu yang dibuang tidak sia-sia hanya untuk bermain game.

 

Source : https://www.tokopedia.com/blog/game-manfaat-bermain-game/

Hidupmu bahagia kalau pernah main game papan ini! Main game ULAR TANGGA sekarang bisa lewat HP dan bisa main rame-rame.


Dionisius Abiozar

Dionisius Abiozar

Selasa, 13 April 2021

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI