BERITA KISAH SUKSES Pengalaman Magang Digital Music di GameLab Indonesia

Pengalaman Magang Digital Music di GameLab Indonesia


Pengalaman Magang Digital Music di GameLab Indonesia

Bagaimana kisah pengalaman melakukan magang digital music di GameLab Indonesia? Mari kita simak berikut!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Halo! Perkenalkan nama saya Tanisha. Saya merupakan mahasiswi DKV jurusan Interaction Design dari Universitas Multimedia Nusantara. Sebagai salah satu materi perkuliahan yang diajarkan di kampus, saya mempelajari kelas Sound Design untuk pembuatan aset game. Pada materi ini saya diajarkan proses dari membuat foley hingga membuat lagu yang cocok untuk kebutuhan game. Saya sangat menyukai musik, jadi materi ini merupakan hal yang sangat menarik bagi saya. Namun sayangnya materi ini hanya berlangsung sebentar saja. Dari sinilah saya memiliki tekat untuk mempelajari lebih lanjut mengenai pembuatan musik serta sound design untuk game dan animasi dengan mengambil program magang Digital Music di GameLab Indonesia.

Mengapa Magang GameLab?

“The more that you read, the more things you will know. The more that you learn, the more places you'll go.”
― Dr. Seuss

Sebagai mahasiswi yang mulai memasuki semester akhir, kampus mewajibkan untuk para mahasiswa dan mahasiswi untuk melakukan magang di perusahaan. Saya mulai mencari perusahaan yang sedang membuka lowongan magang lalu saya menemukan GameLab Indonesia yang membuka program magang. Setelah saya membaca lebih lanjut mengenai GameLab dan program magang yang mereka laksanakan, saya langsung tertarik untuk melakukan magang di GameLab.

Mengapa magang di GameLab Indonesia? Selain program magang yang dilakukan secara online, GameLab memiliki divisi program magang yang beragam. Mulai dari bidang IT & Data, Creative & Design, dan Business. Bagi saya secara personal, saya menentukan untuk melakukan magang disini karena GameLab memiliki divisi Digital Music dan dengan adanya kelas pelatihan magang yang diberikan pada awal periode magang, menurut saya ini merupakan kesempatan yang sangat bagus untuk saya agar dapat menambah wawasan lebih lanjut mengenai pembuatan aset musik untuk game dan animasi.

Bagaimana Proses Magang Online Di GameLab?

Di masa pandemi yang masih melanda ini, Pemerintah terus melakukan upaya penanganan Covid-19 dengan mewajibkan perusahaan untuk WFH (Work From Home). Begitu juga yang dilakukan peserta magang GameLab selama proses magang. Selama periode magang saya di GameLab, saya melakukan seluruhnya secara online. Proses magang online yang saya lalui di GameLab sangat lancar dan sistematis.

Semua proses magang online dilakukan lewat platform website GameLab yang telah dilengkapi dengan sistem kelas, forum diskusi, dan sebagainya sehingga memudahkan proses magang. Saat magang di GameLab, saya dan peserta magang lainya diwajibkan untuk melakukan absensi online dan menunggah laporan. Kedua hal ini dapat saya lakukan dengan mudah hanya dengan satu klik!

Proyek Apa Yang Dilakukan Selama Magang Di Gamelab?

"Music, at its essence, is what gives us memories. And the longer a song has existed in our lives, the more memories we have of it."

Stevie Wonder

Selama proses magang di GameLab, saya diberikan tanggung jawab untuk membuat background music untuk animasi Marbel (Mari Belajar Sambil Bermain) yang merupakan salah satu produk unggulan dari Educa Studio. Saya bertanggung jawab untuk background music animasi Marbel: Dinosaurus, Peternakan, Transportasi, Berhitung & Perbandingan. Saya sangat senang ketika mendapatkan proyek ini karena selain mendapatkan kesempatan untuk berkontribusi di GameLab & Educa Studio, saya juga mendapatkan kesempatan untuk membuat musik yang nantinya dikemudian hari dapat didengar dan menjadi suatu pengalaman bagi seorang anak ketika mereka menonton animasi Marbel saat mereka belajar.

Kesan & Pesan Untuk GameLab

Pengalaman saya dalam mengikuti magang di GameLab Indonesia sangat menyenangkan dan bermanfaat! Materi yang diberikan oleh trainer sangat jelas dan dengan adanya forum diskusi lewat website & WA membuat komunikasi menjadi lebih mudah saat saya mengalami kesusahan. Program magang ini sangat membimbing saya dan peserta magang lainya dalam menghadapi dunia kerja. Kami diajarkan agar dapat menerima kritik serta diajarkan disiplin waktu, sopan santun, dsb. Selama saya magang-pun kakak-kakak trainer dan dari bagian administrasi-pun juga ramah dan sangat mengayomi.

Pesan saya untuk GameLab yaitu semoga sukses terus dan selalu dapat menjadi platform serta perusahaan yang dapat mengasah keterampilan anak bangsa dan memajukan pendidikan Indonesia.


Tanisha T. S.

Tanisha T. S.

Rabu, 19 Mei 2021