BERITA PROGRAMMING Kombinasi Unik Antara Game dan Cerita

Kombinasi Unik Antara Game dan Cerita

Oleh Shella Agustio Nainggolan | Jumat, 18 Juni 2021

Kombinasi Unik Antara Game dan Cerita

Visual Novel adalah sebuah genre game interactive fiction yang berfokus pada alur, jalan cerita, dan para karakter di dalamnya. Gameplay yang disajikan bisa bervariasi, namun 1 hal yang tetap menjadi keunikan Visual Novel adalah fokusnya kepada cerita.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Mengenal Visual Novel

Visual Novel adalah salah satu genre game interactive fiction yang berfokus pada alur, jalan cerita, dan para karakter yang ada di dalamnya. Pemain memainkannya dengan membaca dialog dan mengikuti alur cerita yang disuguhkan.

Karakteristik umum dari Visual Novel adalah adanya satu atau lebih sprite (karakter) yang disertai dengan sebuah dialog box, seperti pada contoh berikut, EDDA Cafe karya Mushroomallow Studio.

Screenshot EDDA Cafe karya Mushroomallow Studio

Dalam Visual Novel pada umunya, pemain akan disuguhkan beberapa pilihan yang akan menentukan bagaimana alur game selanjutnya. Visual Novel seperti ini juga biasa disebut Choose Your Own Adventure (CYOA).

Namun ada juga jenis Visual Novel dimana pemain tidak dapat membuat pilihan apapun, dan hanya dapat menikmati berjalannya alur cerita, sama seperti membaca sebuah novel. Jenis seperti ini disebut dengan Kinetic Novel.

 

Bagaimana cara membuatnya?

Visual Novel yang sederhana tidak perlu mengimplementasikan mekanik game yang kompleks, dan hanya perlu berfokus pada penyampaian ceritanya. Oleh karena itu, cara membuatnya pun tentu menjadi lebih sederhana.

Ada beberapa engine yang biasa digunakan untuk membuat Visual Novel, baik yang berbayar maupun tidak. Salah satu contoh engine tidak berbayar yang paling umum digunakan adalah Ren'Py.

Apa itu Ren'Py?

Logo Ren'Py

Ren'Py adalah sebuah Visual Novel Engine yang menggunakan bahasa pemrograman Python. Penggunaan Ren'Py tidak memungut biaya apapun, dan kita bisa membuat berbagai game pribadi maupun komersil tanpa harus membayar biaya lisensi.

Contoh Script Renpy

Script language yang sederhana dan dokumentasi yang lengkap serta mudah dipahami memungkinkan siapa saja untuk menggunakan Ren'Py dengan cepat dan mudah.

Seperti pada contoh berikut, The Moon's Cherished Flower buatan Sabitah Studio merupakan sebuah Visual Novel epistoler sederhana berdurasi 30-45 menit yang dibuat dengan Ren'Py dalam waktu 1 minggu.

Screenshot The Moon's Cherished Flower karya Sabitah Studio

Tidak hanya itu, bahasa Python yang digunakan memungkinkan pengembang untuk dapat lebih fleksibel berkreasi menambahkan mekanik game yang kompleks pada Visual Novel mereka.

Seperti pada Doki Doki Literature Club! yang rilis 2017 silam, sistem glitch dan error yang membuat game ini sukses menjadi sebuah Psychological Horror pun dibuat sepenuhnya menggunakan Ren'Py.

Screenshot Doki Doki Literature Club! karya Team Salvato

Mulai dari merubah GUI, menambahkan animasi, hingga merancang mekanik seperti point-and-click dan berbagai jenis puzzle lainnya, semuanya dapat dilakukan dengan Ren'Py asalkan pengembang memiliki pemahaman yang baik tentang sintaks yang dibutuhkan.

 

Baca Juga : Toge Productions dan Mojiken Studio: Kisah Kesuksesan Studio Game Indonesia yang Menggebrak Dunia!

Variasi Visual Novel

Visual Novel memiliki sangat banyak variasi, mulai dari desain visual, penyampaian cerita, engine yang digunakan, hingga gameplay yang berbeda-beda. Namun 1 hal yang tetap menjadi keunikan Visual Novel adalah fokusnya kepada cerita. 

Berikut beberapa contoh variasi karya Visual Novel buatan tim pengembang dalam negeri.

An Octave Higher karya Kidalang

Memories karya Agate Games

A Space for the Unbound karya Toge Productions / Mojiken Studio

...dan masih banyak lagi. Semuanya memiliki keunikannya masing-masing. Gameplay yang disajikan bisa bervariasi, namun tujuan Visual Novel tetaplah menyampaikan sebuah cerita.

Bagaimana, tertarik untuk membuat Visual Novel kamu sendiri?


Shella Agustio Nainggolan

Shella Agustio Nainggolan

Jumat, 18 Juni 2021

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI