BERITA GAME DESIGNER Mau Merancang Board Game dan Bingung Mau Mulai Dari Mana? Ini Solusinya, Nomor 9 Mencengangkan

Mau Merancang Board Game dan Bingung Mau Mulai Dari Mana? Ini Solusinya, Nomor 9 Mencengangkan

Mau Merancang Board Game dan Bingung Mau Mulai Dari Mana? Ini Solusinya, Nomor 9 Mencengangkan

Ketahui 9 cara alternatif untuk bikin board game kamu makin menarik. ini nih yang dilakukan para board game designer buat bikin board game berkualitas supaya kamu ga bingung-bingung lagi

Dapatkan akses GRATIS untuk kelas animasi, desain, coding, machine learning dan sebagainya hanya untuk HARI INI!

Kamu ingin mulai membuat board game kamu sendiri, namun masih bingung harus memulainya dari mana? Tidak perlu khawatir, pada artikel kali ini Tim GameLab Indonesia akan membahas tentang cara memulai merancang board game bagi kalian yang ingin punya board game kalian sendiri.

Untuk cara-caranya bisa kalian simak diartikel berikut  ini ya. Ada 9 poin yang bisa kamu terapkan sesuai dengan mana yang paling cocok bagi kamu. 

[1] Mekanisme

Yang pertama kali harus  kalian lakukan adalah menentukan mekanisme yang akan kalian gunakan pada board game kalian. Jika kalian sudah terbiasa memainkan baord game tentu saja sudah tidak asing dengan mekanisme game seperti Hand Management, Worker Placement, Dice Drafting, Press your Luck, dan Roll and Write. Mainkan game dengan mekanisme yang ingin kalian buat kemudian buatlah game kalian berbeda dan unik dari semua game lainnya.

            "Ada cara yang bagus untuk membuat mekanisme game yaitu dengan menggabungkan satu mekanisme dengan dua atau tiga mekanisme lainnya."

Kamu bisa menggabungkan beberapa jenis mekanisme ke dalam game yang kamu buat, namun perlu kamu ketahui bahwa game dengan banyak mekanisme akan membuat game tersebut semakin dalam. Terkadang game yang sederhana itu lebih baik dan menyenangkan.

Sumber : Boardgamegeek – Carcassonne

[2] Genre atau Tema

Tahap kedua yang harus kalian lakukan untuk membuat merancang board game yang kalian adalah menentukan Genre atau Tema. Genre disini maksudnya adalah tema cerita seperti horor, fiksi-sains, fantasi, hero, romance, drama, thriller, dan lain-lain, baca juga artikel tentang genre di link ini.

Sedangkan tema lebih spesifik lagi yaitu merujuk pada subject yang ada pada genre game yang akan kalian buat, seperti misalnya tema pengkhianatan, percintaan, persahabatan, dan lain-lain.

Tema juga dapat diterapkan pada Genre mana saja sehingga kalian dapat memiliki game fiksi ilmiah tentang pengkhianatan seperti contohnya Who Goes There? atau Small Town yang bergenre fantasi dengan tema peradaban. Menentukan genre atau tema akan mempermudah kita untuk merancang game seperti apa yang akan kita buat. 

Sumber : Boardgamegeek - Arkham Horror Card Game

[3] Cerita

Tahap ketiga yang harus kalian punya atau lakukan adalah membuat atau mencari cerita yang akan menjadi dasar dari board game yang akan kalian buat. Board game sendiri sebenarnya merupakan sebuah media story-telling yang sangat baik karena dalam sebuah board game menggunakan semua komponen yang terdapat dalam sebuah buku cerita seperti kata-kata, gambar, karakter, dan konflik.

Menentukan cerita dalam sebuah board game dapat berupa cerita fiksi contohnya board game Timun Mas and Green Giants buatan Educa Studio dan Keong Games yang terinspirasi dari cerita rakyat Timun Mas dan Buto Ijo, sedangkan untuk cerita aktual seperti pada board game Twillight Struggle yang menceritakan kisah perang dingin karya Designer Ananda Gupta dan Jason Matthews.

Kalian bahkan bisa mengambil inspirasi dari hal-hal kecil yang ada disekitar kalian, misalnya saja seperti board game Emak-Emak Matic yang terinspirasi dari emak-emak yang mengendarai motor matic.

Sumber : Playday.id - Timun Mas And Green Giants

[4] Judul

Yang selanjutnya adalah menentukan judul untuk board game yang akan kalian buat. Judul bisa sangat penting, mengingat judul adalah salah satu poin penting yang menentukan board game kamu menarik atau tidak, karena biasanya orang akan melihat cover board game dan judul yang ada pada board game tersebut.

Judul yang bagus dengan cepat dan efektif mengomunikasikan cerita, tema, atau mekanisme kepada pemain sejak pertama kali mereka melihat board game kalian. Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk membuat judul board game kalian menarik:

  • Buat judul dengan mengambil nama tokoh atau tempat yang ada dalam cerita di board game kalian
  • Kalian bisa tambahkan judul dengan menggunakan aktivitas yang ada di dalam  board game kalian
  • Tambahkan judul deskripsi sebagai pelengkap judul kalian
  • Buat judul yang cinematic 

Saat memilih judul game pastikan kalian melakukan banyak riset terlebih dahulu, jangan buat judul yang sudah dipakai sebelumnya atau judul yang hampir sama dengan judul board game lain yang sudah diterbitkan.

Sumber : Boardgamegeek - Root

[5] Komponen

Bisa juga lho, merancang board game dengan acuan awalnya adalah komponen. Komponen merupakan salah satu hal yang penting yang harus kalian pikirkan pada saat kalian merancang baord game.

Komponen yang detail dan unik akan menambah daya tarik dari board game yang kalian rancang. Kalian dapat menggunakan busa, spons, kayu, magnet, maupun plastik untuk membuat komponen yang kalian inginkan.

Bentuk, ukuran dan tekstur komponen tentunya juga mempengaruhi kredibilitas dari board game yang kalian buat, semakin bagus dan detail komponen board game yang kalian buat akan semakin tinggi daya tarik dari board game tersebut.

Sumber : Boardgamegeek - Blood Rage


Baca juga : Dibuka Kelas Gratis Membuat Game Facebook berbasis HTML 5


[6] Jumlah Pemain

Jumlah pemain yang dalam board game yang kalian buat juga penting lho. Board game biasanya bisa dimainkan oleh beberapa orang atau party namun ada juga board game yang bisa dimainkan satu orang alias solo, board game dengan pemain tunggal ini katanya sedang populer lho. Tentukan board game yang akan kalian buat termasuk board game party atau board game solo atau bisa keduanya.

Sumber : Dokumentasi Tim Playday Indonesia

[7] Momen

Momen pada suatu board game juga merupakan salah satu poin penting dalam merancang suatu board game. Dengan adanya momen diharapkan pemain dapat terbawa pada suasana atau momen yang diciptakan dalam board game tersebut, sehingga para pemain akan lebih terbawa suasana dan bahkan dapat menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi para pemain.

Sumber : Boardgamegeek - Azul

[8] Pengalaman dan Mood

Terdengar hampir sama dengan momen mungkin, namun hal ini sama sekali tidak sama. Pengalaman atau Mood disini maksudnya adalah perasaan pemain saat memainkan board game buatan kalian. Jadi saat memainkan board game tersebut kalian ingin membuat para pemain merasakan hal apa sih.

Apakah ketakutan karena harus tenggelam di tengah lautan, atau senang karena menemukan setumpuk emas di bawah tanah, atau perasaan sedih karena harus mengulang dari start. Nah pengalaman-pengalaman itu yang perlu kalian gali dan implementasikan pada board game buatan kalian. 

Sumber : Boardgamegeek - Azul

[9] Kebutuhan Publisher

Keinginan dan kebutuhan publisher ini adalah kriteria board game acuan pembuatan board game yang paling ampuh. Biasanya sebuah publisher memiliki kriteria berbeda untuk board game yang mereka terbitkan seperti genre, jumlah pemain, lama permainan, bahkan ukuran box.

         "Jika kalian berniat memasukkan board game kalian ke salah satu publisher ada baiknya untuk mengetahui kriteria board game yang diterbitkan publisher tersebut."

Selain publisher, kontes juga bisa dijadikan pijakan untuk memulai membuat board game, jika board game yang kalian buat memenangkan kontes tersebut maka kesempatan board game kalian untuk disebarluaskan atau bahkan diterbitkan semakin besar.

Sumber : Boardgamegeek - Wingspan

Itu tadi 9 tahapan atau cara alternatif yang bisa kalian lakukan untuk membuat board game yang berkualitas dan menyenangkan. Membuat sebuah board game tidaklah sulit jika kalian sudah mengetahui cara-cara dalam merancang sebuah board game, hanya perbanyaklah untuk memainkan board game lain atau mencari referensi agar board game kamu lebih menarik dan berbeda dengan board game yang sudah ada.

Bagi kalian yang tertarik atau bingung mencari tempat magang untuk game designer board game, jangan khawatir! GameLab indonesia mempunyai kelas khusus bagi kalian yang mempunyai passion pada designer board game. Caranya mudah sekali kalian tinggal akses dan  registrasi di website gamelab.id. Ayo tunggu apalagi sebelum kuota habis, kapan lagi bisa magang merancang board game dengan akses mudah.

 


 

Baca artikel memarik lainnya :

Sumber :

 

Dapatkan akses GRATIS untuk kelas animasi, desain, coding, machine learning dan sebagainya hanya untuk HARI INI!

design board game game design
Febriani Sari

Febriani Sari

Selasa, 19 Februari 2019