BERITA SMK Workshop Sinkronisasi dan Pengembangan Kurikulum SMK Negeri Matesih, Gamelab dan Educa Studio

Workshop Sinkronisasi dan Pengembangan Kurikulum SMK Negeri Matesih, Gamelab dan Educa Studio


Workshop Sinkronisasi dan Pengembangan Kurikulum SMK Negeri Matesih, Gamelab dan Educa Studio

Sinkronisasi kurikulum merupakan bagian penting di dalam perbaikan kualitas sekolah terutama untuk sekolah vokasi. SMK Negeri Matesih bersama Gamelab dan Educa Studio mengadakan workshop bersama untuk pengembangan kurikulum sekolah.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, desain, coding, 3D artwork, art dan illustrasi dan digital music hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Senin sampai dengan Kamis tanggal 07-10 Juni 2021, SMK Negeri Matesih mengadakan workshop Sinkronisasi dan Pengembangan Kurikulum SMK. Di dalam workshop tersebut, Gamelab Indonesia dan Educa Studio menjadi salah satu narasumber dari Industri. 

Sinkronisasi Kurikulum SMK

Sebagai narasumber, hadir Bapak Andi Saputro selaku Kepala Kurikulum Gamelab Indonesia. Bapak Andi Saputro memberikan gambaran update industri yang terbaru seperti apa, kemudian dilanjutkan dengan review bersama kurikulum di SMK Negeri Matesih, kemudian sebagai perwakilan dari industri beliau memberikan pemaran dan masukan terhadap kurikulum yang telah berjalan.

Di akhir kegiatan, seluruh manajemen dan guru sekolah bersama narasumber melakukan diskusi untuk mendapatkan benang merah perbaikan kurikulum di SMK Negeri Matesih untuk tahun ajaran berikutnya. Semoga dengan banyaknya kegiatan seperti ini, kurikulum SMK menjadi semakin dekat dengan kurikulum industri. Istilah "kawin" benar-benar terjadi sesuai dengan arahan dari Bapak Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D. selaku Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Bapak Andi Saputro dari Gamelab sedang menyampaikan materi Workshop

Kerjasama SMK dan Industri

SMK Negeri Matesih dan PT Educa Sisfomedia Indonesia (Educa Studio dan Gamelab Indonesia) sebagai mitra industri telah menjalin kerjasama sinergis di beberapa bidang yaitu: 

  • Pembentukan Kelas Industri jurusan MM (Multimedia)
  • Pelaksanaan Magang Siswa dan Magang Guru
  • Sinkronisasi dan Pengembangan Kurikulum

Kami dari Gamelab Indonesia menyambut sangat baik kegiatan seperti ini. Karena, dengan banyaknya kerjasama dan kegiatan yang berlangsung antara SMK dan Industri, maka kualitas SMK akan menjadi semakin lebih baik dari waktu ke waktu. 

SMK Negeri Matesih merupakan salah satu contoh SMK yang memiliki keinginan untuk bertumbuh, terus memperbaiki diri dan mau membuka diri bekerjasama dengan industri. Kami dari industri dalam hal ini Educa Studio dan Gamelab Indonesia mendukung penuh dan ikut mendampingi. Karena tujuan besarnya adalah Indonesia Unggul.

Pembukaan Kelas Industri dan Teaching Factory

Akhir kata, apabila ada SMK yang tertarik untuk melakukan kerjasama dengan industri bisa menghubungi tim Gamelab Indonesia untuk kami bantu fasilitasi dan realisasi. Program-program di Gamelab Indonesia fokus dan menyesuaikan kebutuhan pendidikan vokasi SMK yang terdiri dari: 

  • Kelas Industri dan Teaching Factory (selengkapnya)
  • Magang Siswa dan Guru (selengkapnya)
  • Sinkronisasi dan Pengembangan Kurikulum
  • Job Matching dan Program Karir lulusan (selengkapnya)
  • Uji Keahlian Kompetensi Siswa SMK

Andi Taru NNW

Andi Taru NNW

Kamis, 10 Juni 2021