BERITA GAMIFICATION Gamifikasi Pengetahuan Umum dalam Bentuk Aplikasi Mobile

Gamifikasi Pengetahuan Umum dalam Bentuk Aplikasi Mobile

Gamifikasi Pengetahuan Umum dalam Bentuk Aplikasi Mobile

Gamifikasi bisa diterapkan dalam berbagai aspek dalam kehidupan salah satunya gamifikasi untuk pengetahuan umum dalam aplikasi mobile.

Dapatkan akses GRATIS untuk kelas animasi, desain, coding, machine learning dan sebagainya hanya untuk HARI INI!

Seperti yang pernah Tim GameLab Indonesia bahas pada artikel sebelumnya, bahwa gamifikasi dapat diterapkan dan dimanfaatkan dalam berbagai aspek kehidupan.

Salah satunya seperti yang akan kami bahas pada artikel berikut ini, yaitu gamifikasi yang diterapkan untuk pengetahuan umum dalam bentuk aplikasi mobile.

Optimasi proses pembelajaran pengetahuan umum yang lebih menyenangkan

Gamifikasi bisa saja menjadi salah satu metode yang masih jarang dilakukan di negara kita saat ini. Metode ini sebenarnya memiliki banyak kelebihan yang dapat dimanfaatkan dengan menggunakan metode ini untuk menaikkan tingkat keberhasilan atau optimasi dalam suatu aspek pembelajaran dan aspek-aspek lainnya yang berhubungan.

Baca selengkapnya di Gamification untuk informasi lebih lanjut mengenai gamifikasi.

Sumber : https://www.pe.com/2018/11/25/a-lifetime-of-reading-and-writing-is-reflected-in-house-full-of-books-magazines-newspapers/

Salah satunya yang bisa kita optimasi dengan menggunakan metode ini adalah pengetahuan umum. Jika biasanya kita belajar mengenai pengetahuan umum melalui buku Rangkuman Pengetahuan Umum Lengkap (RPUL) atau buku Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap (RPAL), maka akan terbatas pada apa yang terdapat di buku tersebut. 

Jika dibandingkan dengan kemajuan jaman saat ini tentunya hal tersebut sudah dianggap, seperti

  • kuno
  • kurang flesibel
  • monoton, dan
  • kurang menantang

Hal tersebut disebabkan karena selain keterbatasan informasi dalam buku tersebut dan fisik dari buku yang cukup besar untuk dibawa-bawa menyebabkan beberapa orang lebih malas untuk membacanya.

Sumber : https://id.pinterest.com/pin/372813675396232503/

Berbeda ceritanya jika buku tersebut dikonversi kedalam bentuk digital yang lebih flesibel unutk dibawa kemana-mana. Namun dalam bentuk digital saja juga belum cukup, konversi yang dilakukan selain memikirkan aspek pendidikan juga harus memikirkan aspek lain seperti

  • sisi have fun
  • sisi tantangan yang diberikan, dan
  • goal yang harus dicapai

Untuk itu perlu adanya modernisasi agar materi yang ada pada buku RPUL maupun RPAL dan buku-buku pengetahuan umum lainnya dapat dijangkau semua orang dengan lebih baik, lebih efisien, lebih optimal, dan tentunya lebih menyenangkan.

Sumber : http://www.solozine.com/

Manfaatkan metode gamifikasi semaksimal mungkin

Sebagai perusahaan atau instansi yang bergerak dalam bidang pendididikan, tentu saja kami akan mencari cara atau metode yang dapat meningkatkan hasil pembelajaran atau edukasi sampai mencapai titik maksimum.

Memanfaatkan metode ini bisa memaksimalkan hasil dari aspek yang ingin dicapai, meski tidak semuanya berhasil karena masih ada faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi keberhasilan dari metode ini. Namun tingkat keberhasilan yang tinggi membuat metode ini patut untuk dicoba.

      "Gamifikasi yang dilakukan adalah dengan membuat sebuah aplikasi mobile yang berisi tentang materi-materi pengetahuan umum, yang dapat diakses dimanapun, kapan pun, dan oleh siapa pun. Dengan pemanfaatan metode ini , materi dapat di konversi kedalam bentuk digital.

      Tidak hanya dikonversi begitu saja, namun harus memasukkan unsur game ke dalam aplikasi ini agar selain memberikan pengetahuan umum  juga menyenangkan."

Aplikasi seperti itu yang sebenarnya ingin kami bahas pada artikel kali ini. Aplikasi yang tidak hanya mengedukasi namun juga menyenangkan sehingga tidak membuat user atau pemain menjadi cepat bosan namun semakin terpacu untuk menggunakan aplikasi ini untuk belajar.

Gambar : Aplikasi CLEVO

 


Baca juga  : Gamifikasi Program Magang di Educa Studio


Aplikasi Mobile CLEVO

Aplikasi CLEVO saat ini merupakan salah satu aplikasi belajar tentang pengetahuan umum yang sudah memanfaat metode gamifikasi untuk membuat aplikasi ini lebih menarik namun juga mengedukasi. Dalam aplikasi ini pemain akan ditantang untuk menguji seberapa hebat pengetahuan umum mereka.

         "Para pemain harus menjawab soal-soal yang muncul dilayar mereka dengan durasi waktu yang sudah ditentukan. Setiap berhasil menjawab satu pertanyaan dengan benar akan mendapatkan poin yang bisa digunakan untuk membeli amunisi untukmembantu pemain dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan berikutnya."

Dalam aplikasi ini juga terdapat materi pembelajaran yang bisa pemain akses sebelum menjawab pertanyaan-pertanyaan. Sebelum memnajwab pertanyaan-pertanyaan tersebut pemain dapat belajar terlebih dahulu. Dalam materi pembelajaran tersebut sudah dilengkapi dengan gambar untuk mempermudah pemain dalam mengingat materi. Jadi kalian tidak perlu khawatir untuk mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Gambar : Soal yang ada pada aplikasi CLEVO

Gamifikasi dalam aplikasi CLEVO

Aplikasi CLEVO memiliki sistem peringkat atau rank untuk setiap pemain yang dapat dilihat di homepage apliaksi. Pemain dapat terus menaikikan rank atau peringkatnya dengan terus mengikuti atau mengisi setiap tes yang diberikan. Dalam apliaksi ini terdapat 4 macam tes yang bisa pemain ikuti, seperti

  • Tes Pengetahuan (standart)
  • Lomba Cerdas Cermat (LCC)
  • Tes Marathon, dan
  • Tes Misi

Masing-masing tes tersebut memiliki kesulitan yang berbeda-beda misalnya pada Tes Pengetahuan, pemain hanya akan disediakan pertanyaan kemudian memilih satu jawaban yang benar. Pada Lomba Cedas Cermat, pemain bisa menantang lawan lain lain untuk adu lomba cerdas cermat bersama.

Gambar : Banyak pilihan tes yang dapat dimainkan

Semua pilihan tes tersebut dapat meningkatkan peringkat pemain, semakin tinggi peringkat pemain semakin tinggi pula keberhasilan pemain dalam menyerap dan memahami materi pengetahuan umum yang ada pada aplikasi ini.

Dengan adanya sistem rank dalam aplikasi ini diharapkan membuat pemain atau user terpacu untuk terus belajar sehingga rank atau peringkatnya bisa terus naik. Sehingga pengetahuan umum yang didapat pun juga terus bertambah.

Hasil Implementasi

Dengan menerapkan gamifikasi pada aplikasi CLEVO, tingkat bertambahnya pengetahuan umum pemain 100% meningkat. Efek senang atau have fun yang ditimbulkan dan keinginan yang terpacu untuk terus menyelesaikan misi dalam pertanyaan membuat pemain akan terus belajar dan membaca materi yang disediakan dalam aplikasi ini.

         "Hasil tersebut merupakan sesuatu yang positif bagi kami karena goal kamu untuk menciptakan apliaksi pendidikan yang menyenagkan bisa berhasil 100% dan pengetahuan pemain semakin bertambah dengan memainkan aplikasi ini."

Gambar : Play test aplikasi CLEVO

Bagi Anda yang tertarik untuk membuat gamifikasi di perusahaan datu instansi Anda. Silakan hubungi Admin pada jam kerja atau klik gambar di bawah ini.

Kontak admin GameLab Indonesia

 


 

Baca artikel tentang gamifikasi lainnya :

Dapatkan akses GRATIS untuk kelas animasi, desain, coding, machine learning dan sebagainya hanya untuk HARI INI!

gamifikasi aplikasi mobile pengetahuan umum
Febriani Sari

Febriani Sari

Kamis, 28 Februari 2019