BERITA SMK Tempat PKL Magang Prakerin SMK Jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak)

Tempat PKL Magang Prakerin SMK Jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak)

Oleh Andi Taru | Sabtu, 17 Juli 2021

Tempat PKL Magang Prakerin SMK Jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak)

Halo guys, gimana nih kabarnya? Kalian SMK jurusan RPL dan masih bingung mau PKL dimana? Tenang gamelab punya solusinya.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Saat ini dunia kerja sedang mengalami penyesuaian karena adanya perkembangan teknologi. Hal ini juga memberi pengaruh lho ke siswa SMK. Pengaruhnya apa nih ke dunia SMK? Jadi ketika dunia kerja mengalami perubahan, maka kurikulum di SMK pun ikut mengalami penyesuaian. Seperti apa perkembangannya? Yuk, kita simak pembahasan di bawah ini.

Jurusan RPL

RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) merupakan salah satu jurusan yang ada di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). RPL mempelajari dan mendalami semua cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembangan perangkat lunak, dan manajemen kualitas.

Bukan hanya itu, RPL juga berkaitan dengan software komputer mulai dari pembuatan website, aplikasi, game dan semua yang berkaitan dengan pemrograman dengan menguasai bahasa pemrograman tertentu.  Intinya RPL tidak akan jauh-jauh dari tiga hal yaitu Coding, Desain dan Algoritma yang akan menjadi kunci keberhasilan rekayasa perangkat lunak tersebut. 

Artikel lengkap terkait RPL bisa dibaca di sini Apa Itu Jurusan RPL dan Apa Saja Keunggulan Jurusan RPL?

Kegiatan PKL RPL

Para siswa jurusan RPL akan mempratekkan secara langsung teori-teori yang sudah mereka dapatkan di sekolah. Harapannya kegiatan Prakerin ini dapat meningkatkan mutu para siswa dan sebagai bekal untuk memasuki dunia kerja.

PKL adalah praktek kerja lapangan yang penting dan wajib diikuti oleh siswa SMK. Dulunya disebut dengan nama PRAKERIN (Praktek Kerja Industri). Tujuannya adalah memberikan pengalaman kerja langsung dan memenuhi hal-hal yang belum terpenuhi di sekolah agar standar kompetensi lulusan dapat tercapai.

Maksud adanya kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) adalah untuk mencari pengalaman kerja sebelum memasuki dunia kerja yang sesungguhnya. Adapun sebenarnya juga menjadi syarat kelulusan juga lho teman-teman. Kegiatan PKL SMK RPL di Gamelab Indonesia adalah sebagai berikut: 

  • Tahap Pertama (biasanya bulan pertama) peserta akan kami berikan pelatihan. Pelatihan meliputi pengembangan game (untuk konsentrasi Game Development) atau Flutter Development (untuk konsentrasi App Development). Di sini kamu bakalan dapat Sertifikat Kompetensi juga lho. Seru kan? 
  • Tahap Kedua, setelah mendapatkan pelatihan peserta akan kami berikan proyek. Proyek ini menjadi bagian dari Project-based Learning (pembelajaran berbasis proyek) sehingga kamu akan mendapatkan pengalaman kerja sekaligus portofolio. Kami berharap peserta PKL di Gamelab nantinya bisa lebih cepat dapat tempat kerja. 
Baca Juga : SMK Delta Presiden Kunjungan Industri ke GAMELAB untuk Mendapatkan Materi yang Relevan Industri

PKL di Era Modern

Jika mendengar istilah PKL, yang langsung terbayang di benak kita pasti adalah magang dan praktik langsung di industri. Tetapi, di era modern seperti saat ini, kegiatan magang atau PKL bisa dilakukan secara online, lho!

Eits, meski online, kita tetap belajar tentang budaya industri, SOP, cara kerja, komunikasi dengan rekan dan juga supervisor. Menarik kan?

Di Gamelab Indonesia, peserta akan melaksanakan PKL full secara daring. Akan tetapi, meskipun tidak datang langsung ke lokasi, peserta magang tetap akan merasakan pengalaman bekerja yang sesungguhnya. Proyek yang dikerjakan oleh peserta PKL di Gamelab Indonesia akan digunakan untuk kebutuhan industri, sehingga dalam pengerjaannya akan benar-benar dipantau dan dibimbing agar hasilnya sesuai dengan standar yang dibutuhkan.

Berikut ini benefit yang bisa didapatkan dengan mengikuti PKL online di Gamelab Indonesia:

  • Mengerjakan real project
  • Mendapatkan bimbingan dan arahan langsung dari expert
  • Mempelajari dan mengikuti culture perusahaan
  • Tidak perlu bayar kos dan transportasi harian
  • Tidak perlu mengeluarkan uang makan dan jajan
  • Cukup sediakan niat, waktu (komitmen) dan paket data (internet)

Dengan platform yang sudah tervalidasi ini, PKL di Gamelab Indonesia akan menghadirkan setidaknya 3 tahapan penting untuk siswa SMK yaitu submission (pendaftaran), training (pelatihan) dan project-based learning (magang). 

Siswa SMK yang magang dan PKL akan mendapatkan:

  1. Bimbingan dan Pelatihan
  2. Studi Kasus Nyata (Proyek)
  3. Sertifikat Kompetensi Lulusan
  4. Sertifikat Magang dan
  5. Surat Bukti Magang.

Banyak sekali ya, benefitnya. Sudah ratusan SMK dan perguruan tinggi telah magang di Gamelab Indonesia. Jadi, segera lakukan pendaftaran di sini ya: Pendaftaran PKL SMK Gamelab Indonesia.

Referensi


Andi Taru

Andi Taru

Sabtu, 17 Juli 2021

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI