BERITA SMK Pentingnya Kelas Kewirausahaan untuk Siswa SMK dan Mahasiswa

Pentingnya Kelas Kewirausahaan untuk Siswa SMK dan Mahasiswa


Pentingnya Kelas Kewirausahaan untuk Siswa SMK dan Mahasiswa

Di tingkat SMK kita mengenal adanya mata pelajaran kewirusahaan. Pada artikel ini saya akan membedah mengapa mata pelajaran tersebut menjadi mata pelajaran yang penting.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Sebelum saya membahas mengapa mata pelajaran kewirausahaan itu penting, kita coba dahulu memahami apa itu kewirausahaan dan hal-hal penting lainnya yang ada di dalam kewirausahaan.

Pengertian Kewirausahaan

Secara etimologis, kewirausahaan berasal dari kata "Wira" dan "Usaha". Wira memiliki arti pahlawan, pejuang dan teladan. Kemudian Usaha memiliki arti melakukan sesuatu, berbuat sesuai, bekerja atau melakukan perbuatan. Maka kewirausahaan itu sendiri artinya adalah sikap atau kemampuan untuk menciptakan hal-hal baru dan memiliki nilai serta manfaat untuk diri sendiri maupun orang lain(1).

Jenis-Jenis Kewirausahaan

Kewirausahaan itu sendiri sebenenarnya jenisnya cukup banyak, tapi saya akan membagi menjadi 3 jenis utama yaitu: 

#1 - Usaha Ritel

Usaha ritel disebut juga sebagai usaha penjualan langsung secara eceran kepada konsumen. Yang paling umum berbentuk minimarket. Tapi sekarang juga dunia sudah memasuki era toko online, bahkan yang terbaru Instagram mentasbihkan diri bukan sebagain social media lagi tetapi ke arah eCommerce. Hal ini membuka banyak peluang yang lebih besar untuk berjualan. Facebook juga terdapat marketplace untuk berjualan secara umum.

#2 - Industri Kreatif

Industri kreatif ini tidak bisa dipandang sebelah mata lagi. Mulai dari Youtuber sampai pembuat game dan animasi. Dari mulai pengrajin sampai desainer fashion. Bahkan, kuliner juga termasuk di industri kreatif. Usaha di bidang ini membutuhkan kreativitas yang tinggi. 

#3 - Startup Teknologi

Berbeda dari kedua usaha sebelumnya, startup fokus pada pertumbuhan yang cepat. Biasanya dimotori dengan adanya inovasi teknologi. Film-film Korea seperti Itaewon Class(2) dan Start-Up(3) dapat menjadi inspirasi untuk membangun bisnis berbasis startup. Biasanya dibutuhkan investor agar perusahaan dapat bertumbuh dengan cepat dan mencapai product-market fit. 

Manfaat Kelas Kewirausahaan

Sekarang, saya akan menunjukkan bahwa kelas kewirausahaan sangat penting. Sebenarnya tidak hanya untuk siswa SMK saja tetapi juga untuk mahasiswa. Karena, dengan mempelajari kewirausahaan dan mempraktekkannya setidaknya akan ada manfaat-manfaat berikut ini: 

#1 - Melatih Kemandirian

Konsep dan praktek kewirausahaan akan melatih siswa dan mahasiswa untuk lebih bertanggung jawab. Karena pada prakteknya (kelas wirausaha harus banyak prakteknya) untuk membangun sebuah bisnis, walaupun itu kecil tetap membutuhkan komitmen dan tidak ada jaminan keberhasilan. 

Hasil gagal pun akan membuat siswa dan mahasiswa memiliki mental yang tangguh. Mereka punya pengalaman bahwa menjual produk membutuhkan latihan dan pengalaman. Mungkin banyak di luar sana berita tentang keberhasilan membangun produk jutaan dollar, tapi untuk menuju ke sana tidak ada jalan instan.

#2 - Membuka Lapangan Kerja

Seandainya berhasil, maka siswa SMK dan mahasiswa yang telah merintis bisnis kecil tersebut nantinya akan berpotensi menjadi bisnis yang besar dan membuka lapangan pekerjaan baru. Semakin banyak bisnis tumbuh dan besar, maka semakin banyak lapangan kerja tercipta. 

#3 - Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Ujungnya adalah apabila banyak yang lebih mandiri, banyak pula yang berhasil membangun bisnis baru sehingga membuka lapangan pekerjaan baru. Ini akan berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat walaupun itu tidak secara langsung. 

Implementasi di SMK dan Kampus

Implementasi kelas kewirausahaan di SMK dan Kampus saat ini sudah berjalan. Tetapi memang masih perlu dioptimalkan kembali. Mari kita bedah. 

#1 - Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Tahun lalu saya mendapatkan kesempatan untuk memberikan pelatihan kepada 1.200 peserta siswa SMK seluruh Indonesia di bidang pengembangan games. Tahun lalu juga saya mendapatkan kesempatan untuk memberikan pelatihan kewirausahaan kepada 5.000 lebih siswa SMK. 

Ada satu hal yang hilang, yaitu semua lebih berfokus pada "produk"-nya dan sedikit sekali berfokus pada "kewirausahaanya". Ini yang menurut saya bisa ditingkatkan kembali. Banyakin kolaborasi dengan industri untuk mengembangkan kewirausahaannya. Buat produk yang berbasis industri atau minta saran dari DUDI partner.

#2 - Mata Kuliah Kewirausahaan dan Manajemen

Di ranah perguruan tinggi, sudah lebih baik. Saya ingat sewaktu kuliah ada salah satu dosen saya yang selalu menekankan pada kewirausahaannya. Akhirnya saya sendiri telah membangun beberapa perusahaan dan bersyukur masih tumbuh positif sampai saat ini. Untuk di level mahasiswa, yang diperlukan adalah pertajam lagi ketika magang. Maganglah sesuai bidang yang dituju. Apakah lebih ke teknis? Atau lebih ke bisnisnya? 

Solusi Kelas Kewirausahaan

Kami di Gamelab Indonesia menawarkan beberapa solusi terkait "kewirausahaan" ini. Berikut beberapa program pendidikan dan pelatihan yang dapat diikuti baik siswa SMK maupun mahasiswa perguruan tinggi. 

#1 - Ambil Kelas "Startup Fundamental"

Di Gamelab kami menyediakan kelas khusus yaitu Startup Fundamental. Berbayar, dan bisa diakses oleh siswa SMK maupun mahasiswa. Ingin akses gratis? Hubungi customer support kami ya. Kirimkan data lengkapmu untuk kami berikan akses GRATIS ke kelas tersebut. Ingat, kami berikan kepada yang sungguh-sungguh ingin belajar.

#2 - Magang Online "Bisnis"

Di Gamelab kami juga ada program magang online searah dengan program Kampus Merdeka. Silakan dari mahasiswa minimal 3 orang dengan skill masing-masing yaitu Jago Coding, Jago Desain dan Jago Jualan. Kalau kamu bisa bentuk tim dan mau magang minimal 3 bulan. Akan kami berikan pelatihan dan magang GRATIS untuk akademi Startup. Hubungi CS kami ya untuk lebih detailnya. 


Referensi

  1. Buku Manajemen Kewirausahaan (2020) karya Kurnia Dewi dan teman-teman
  2. https://id.wikipedia.org/wiki/Itaewon_Class
  3. https://id.wikipedia.org/wiki/Start-Up_(seri_televisi) 

Andi Taru NNW

Andi Taru NNW

Selasa, 20 Juli 2021