BERITA QA&TESTING Pengalaman Elvira Magang Sebagai Quality Assurance di Gamelab Indonesia dan Pentingnya Peran Quality Assurance di Perusahaan

Pengalaman Elvira Magang Sebagai Quality Assurance di Gamelab Indonesia dan Pentingnya Peran Quality Assurance di Perusahaan

Oleh Elvira Parinding | Rabu, 22 September 2021

Pengalaman Elvira Magang Sebagai Quality Assurance di Gamelab Indonesia dan Pentingnya Peran Quality Assurance di Perusahaan

Pengalaman Elvira Magang Sebagai Quality Assurance di Gamelab Indonesia dan Pentingnya Peran Quality Assurance di Perusahaan

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Elvira Parinding merupakan seorang mahasiswa jurusan Teknik Industri di Universitas Telkom. Sebagai seorang lulusan Teknik Industri, ia dituntut untuk memahami mengenai pentingnya sebuah kualitas produk oleh sebuah perusahaan. Untuk menambah pengetahuan dan skill dalam hal kualitas produk, ia mengambil program magang di Gamelab Indonesia.

Bagaimana awal mula saya memutuskan untuk mengikuti program magang di Gamelab Indonesia?

Good Decisions come from experience. Experience comes from making bad decisions.

-Mark Twain


Saat menginjak semester 6 di kampus saya, Telkom University, saya mendapatkan mata kuliah Kerja Praktek yang berlangsung selama 40 hari kerja. Akhirnya saya mencoba untuk mencari dan apply di beberapa perusahaan maupun organisasi yang saya dapatkan di instagram. Saya sempat putus asa karena tidak diterima oleh perusahaan. Sebuah tantangan baru bagi saya dimana harus magang di tengah pandemi Covid-19. Akhirnya salah satu teman saya memberitahu saya tentang Gamelab Indonesia. Kami pun memutuskan untuk mendaftar di Gamelab Indonesia dan akhirnya diterima untuk mengikuti magang. Setelah saya mencari informasi mengenai Gamelab Indonesia ini, saya melihat begitu banyak kontribusi yang diberikan oleh Gamelab Indonesia bagi dunia pendidikan Indonesia. Mulai dari program pelatihan yang berbasis teknologi dan game edukasi yang diciptakan untuk anak-anak.

Kegiatan yang dilakukan selama mengikuti magang di Gamelab Indonesia


Saya mengambil program keahlian Quality Assurance di Gamelab Indonesia. Selama mengikuti magang di Gamelab Indonesia, saya mendapatkan materi magang yaitu Belajar Dasar Pengujian Game Digital. Di dalam materi tersebut sudah sangat lengkap mengenai program keahlian yang saya pilih dan tentunya sangat mudah dipahami. Selain itu saya diharuskan untuk membuat dua laporan setiap hari di jam 11.25 dan 17.00 dengan menceritakan detail pekerjaan yang saya lakukan selama magang.

Contoh Analisis pada Game Marbel Fun Number

Setelah selesai membaca dan memahami materi tersebut, saya diberikan sebuah proyek yakni melakukan testing pada aplikasi yang diberikan trainer dengan mencari bug dan error pada aplikasi tersebut. Sebuah tantangan baru bagi saya yaitu untuk teliti dalam melihat bug dan error yang terjadi pada aplikasi tersebut. Selain itu saya belajar untuk menggunakan tata bahasa yang baik agar hasil bug dan error yang saya dapatkan dapat diterjemahkan dengan baik oleh trainer dan bagian IT. Minggu selanjutnya saya diberikan studi kasus baru yaitu menganalisis aplikasi yang diberikan oleh trainer. Sebuah pengalaman yang sangat berkesan bagi saya.

Kesan selama mengikuti magang di Gamelab Indonesia


Kesan pertama saat mengikuti program kerja magang di Gamelab Indonesia adalah sistem magang yang sangat terstruktur. Mulai dari struktur web, sistem magang, dan aturan-aturan yang sangat jelas. Magang di Gamelab Indonesia menuntut pesertanya untuk memahami betul mengenai program keahlian yang dipilih sehingga dapat menciptakan sumber daya yang bermutu. Adapun game edukasi yang diciptakan oleh Gamelab Indonesia sangat bagus untuk dimainkan oleh anak-anak. Dengan animasi dan gambar-gambar yang menarik, dapat membuat anak-anak untuk tertarik bermain sekaligus belajar. Suatu hari saat saya melakukan testing game, saya bersama dengan keponakan saya yang berusia 5 tahun. Katanya dia sangat suka memainkan game tersebut karena banyak jenis permainan yang dapat dimainkan didalamnya.

Menurut saya peran quality assurance sangatlah penting terutama pada produk digital yang dibuat oleh perusahaan. Hal-hal yang sering muncul seperti bug dan error tentunya sangat menarik untuk diulik dimana bug sekecil apapun tetap harus dilaporkan guna menghasilkan produk yang berkualitas.

Baca Juga : Pentingnya Quality Assurance Dalam Siklus Pembuatan Game

Pesan untuk peserta magang di Gamelab Indonesia


Magang di Gamelab Indonesia sangat menarik. Inilah waktunya untuk kamu bergabung di Gamelab Indonesia. Jangan menyerah, gali terus keahlian yang kamu miliki dan nikmati setiap proses yang ada. Setiap pekerjaan memiliki tantangannya tersendiri. Namun, tantangan itulah yang akan membawa kita menuju kesuksesan dan menjadi semakin kuat.


Elvira Parinding

Elvira Parinding

Rabu, 22 September 2021

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI