BERITA PROGRAMMING Manfaat Wireframe Dalam Pembuatan website

Manfaat Wireframe Dalam Pembuatan website

Manfaat Wireframe Dalam Pembuatan website

Website dibuat untuk menjelaskan tentang hal-hal yang bersangkutan dengan wireframe. website ini di khususkan untuk para programmer untuk mengerti tentang peranan penting dari wireframe yang jarang diketahui. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Setiap para programmer pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya wireframe. Namun, tak banyak programmer yang membuat wireframe terlebih dahulu sebelum membuat project alasannya hanya agar lebih cepat selesai dan lain lain. Tetapi, dengan adanya wireframe bisa menguntungkan para programmer dalam merancang programnya. Taukah kamu apa saja manfaat dari wireframe?

Apa itu Wireframe ?

Wireframe yang banyak orang ketahui adalah sebuah kerangka yang digunakan untuk mengatur tata letak suatu layout dalam website atau aplikasi. Pembuattan wireframe ini sendiri biasanya di lakukan setelah menemukan konsep atau ide dan sebelum pembuatan sebuah project yang akan diselesaikan. Dengan dibuatnya wireframe ini sendiri bisa mempermudah programmer untuk mengembangkan suatu ide awal dan dengan mudahnya membuat wireframe yang hanya dengan mengggambar atau menggunakan website pembuat wireframe programmer akan sangat dipermudah.

Media membuatan wireframe

Menggunakan Website Pembuat Wireframe

Banyak sekali website-website yang di sediakan untuk membuat sebuah wireframe secara mudah. Website tersebut telah menyediakan sebuah item-item yang di perlukan untuk membuat wireframe sepeti line, icon dan masih banyak lagi. Dengan adanya website seperti ini sangat mempermudah para penggunanya karena bisa dikerjakan dimana saja dan kapan saja.

Menggambar Wireframe di kertas

Selain menggunakan website pembuat wireframe kita juga bisa menggunakan media kertas untuk membuat wireframe. Dengan metode ini kita hanya membutuhkan beberapa alat yaitu pensil, penghapus, penggaris dan sebagainya. Namun jika ingin menggunakan metode seperti ini kita juga memerlukan skill menggambar dan ketelatenan agar bisa membuat wireframe yang mudah dimengerti dan bagus dilihat.

Proses pembuatan wireframe

Wireframe atau kerangka gambar ini juga memiliki proses dalam pembuatannya. Wireframe ini di buat dengan sederhana, jelas dan mudah dimengerti atau dipahami oleh semua orang agar ide dan konsep kita bisa dimengerti oleh orang lain. Oleh karena itu, pembuatan wireframe juga memiliki prosesnya tersendiri seperti :

Mencari Referensi

Hal pertama yang harus kita lakukan sebelum membuat wireframe adalah mencari referensi di google atau dimana saja untuk menjadi acuan awal dalam proses pembuatan wireframe. Dengan adanya acuan ini sendiri bisa mempermudah kita dalam membuat wireframe karena referensi yang banyak membuat kita bisa membuat wireframe yang mudah dimengerti, jelas dan lengkap.

Proses Perancangan

Proses kedua ini sangat penting dalam pembuatan wireframe karena pada proses ini kita mulai merancang apa saja yang harus masuk dalam wireframenya seperti gambar, card, table dan lain-lain. Selain itu, dalam proses ini kita biasanya mulai memikirkan tentang fitur apa saja yang akan kita buat.

Proses Pengerjaan

Dalam proses ini kita memilih media pengerjaan apakah dengan menggunakan media website pembuat wireframe atau dengan menggambar manual sesuai dengan kenyamanan kita dalam pembuatan wireframe itu sendiri. Terkadang dalam proses ini kita juga akan menemukan hal-hal yang bisa memperjelas dan memperindah tampilan layout dari wireframe kita dari pada saat perancangan.

Finishing

Finishing adalah proses terakhir dalam pembuatan wireframe. Dalam proses ini kita biasanya mereview wireframe yang kita telah buat. Pada tahap ini kita akan menemukan kekurangan dan kita bisa membenahi kekurangan tersebut atau malah akan menambahkan apa saja fitur yang belum masuk pada wireframe yang sebelum direview. Jika pada tahap ini sudah terselesaikan programmer bisa melanjutkan untuk melanjutkan project nya ke tahap berikutnya yaitu pemrograman.

Baca Juga : 6 Istilah Desain Dalam UI/UX yang Perlu Diketahui

Manfaat Wireframe dalam pembuatan project

Membantu pengembangan ide

Ide yang dibuat akan lebih berkembang dengan dibuatnya wireframe karena dengan di buatnya wireframe ini ide yang di buat bisa langsung terlihat secara real dan bisa sajanide tersebut lebih berkembang dengan menambahkan beberapa item di dalam nya yang belum terfikir sebelumnya.

Pembuatan project akan lebih terarah

Melalui adanya wireframe langkah-langkah dalam pembuatan projek jadi lebih bisa tertata karena kita bisa tau mana yang harus di buat dahulu dan mana yang harus kita buat terakhir dan kita juga bisa mengarah-ngarah ukuran setiap tampilan item. Selain itu, kita juga punya gambaran mengenai beberapa hal yang harus kita kembangkan dalam masa produksi ini berlangsung.

Mempersingkat Waktu Produksi

Dengan adanya wireframe, dalam waktu pengerjaan website akan jauh lebih menghemat waktu dari pada kita tidak menggunakan wireframe karena pada saat pengerjaan project desain website yang kita ingin buat sudah ada sehingga kita hanya fokus ke codingannya saja tidak memikirkan lagi tampilan layoutnya. Sebab, jika saat pengerjaan projectnya kita memikirkan codingan dan desainnya pasti kita akan bingung sendiri dan bisa saja memunculkan eror dalam codingan yang membuat waktu produksi semakkin molor.

Jadi, pada dasarnya para programmer mempunyai cara sendiri-sendiri dalam pembuatan project, ada yang menggunakan wireframe dengan media website dan ada yang manual tergantung pendekatan mana yang programmer inginkan. Dengan memilih membuat sebuah wireframe yang sangat berguna bagi programmer yang berfungsi sebagai media untuk penyampaian idenya dengan bentuk gambar agar lebih jelas dan mudah dipahami orang lain. Selain itu, proggrammer yang membuat wireframe ini juga akan terbantu pada saat masa produksi sehingga produk bisa cepat selesai dan bisa menciptakan produk yang indah.


Hafanda Ilham Adidua

Hafanda Ilham Adidua

Rabu, 22 September 2021

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI