BERITA MAGANG Tips dan Trik Mencari Tempat Magang yang Bagus

Tips dan Trik Mencari Tempat Magang yang Bagus

Tips dan Trik Mencari Tempat Magang yang Bagus

Takut salah tempat atau bingung bagaimana mencari tempat magang yang bagus? Tips berikut akan membantumu mencari tempat magang yang bagus.

Dapatkan akses GRATIS untuk kelas animasi, desain, coding, machine learning dan sebagainya hanya untuk HARI INI!

Sebagai mahasiswa magang atau kerja praktek tentunya menjadi sebuah keharusan yang akan dijalani saat menempuh perkuliahan. Mungkin beberapa kalian beranggapan bahwa magang hanyalah sebuah formalitas dalam sebuah perkuliahan. Namun tahukah kalian bahwa sebenarnya magang merupakan sesuatu yang penting bagi kalian untuk bekal nanti saat bekerja. Mencari tempat magang tentunya tidak boleh sembarangan.

"Harus dipikirkan matang-matang, jangan asal melamar magang di tempat yang sebenarnya tidak sesuai dengan minatmu dan bahkan jauh dari jurusan yang kamu ambil."

Tim Game Lab Indonesia akan memberikan tips  dan trik buat kalian yang masih bingung atau takut untuk mencari tempat magang yang bagus untuk diri kalian. Terutama tempat magang yang bisa memberikan dampak baik pada karir kalian nantinya. Berikut ini tips-tips yang dapat membantu kamu menemukan tempat magang idaman.

Sesuai dengan bidang kalian

Hal pertama yang perlu kalian pikirkan saat akan melakukan kerja praktek atau magang adalah menentukan bidang yang kalian ambil. Carilah tempat atau perusahaan yang memang membuka lowongan sesuai dengan bidang atau jurusan yang sedang kalian tempuh. Tentu saja hal ini berguna untuk kemajuan karir kalian kelak jika sudah bekerja.

"Saat masih menjadi mahasiswa sebaiknya manfaatkan waktu magang dengan sebaik-baiknya. Cari tempat magang yang memang dalam bidang yang kamu kuasai, gunakan sebagai batu loncatan jika perlu."

Seringkali kita menjumpai teman-teman kita yang asal ikut magang di tempat yang bahkan jauh dari bidang yang mereka kuasai. Alasannya beragam mulai dari "yang penting udah dapat tempat (magang)" sampai yang paling klise "ngga ada bidang gua dideket sini". Alasan-alasan seperti itu sebenarnya yang merugikan kalian. Tetapi tenang saja, apabila kamu memang suka tantangan boleh juga kamu pas magang malah mengambil bidang-bidang yang memang di luar kebiasaan. Tapi ingat, harus siap belajar hal baru dan menjalanan tantangannya.

Kredibilitas perusahaan yang jelas

Kredibilitas perusahaan juga perlu kalian pertimbangkan saat mencari tempat untuk kerja praktek. Carilah perusahaan dengan kredibilitas yang jelas dan diakui kualitasnya. Kredibilitas perusahaan yang kalian pilih saat magang akan menentukan pengalaman yang akan kalian terima. 

"Kredibilitas perusahaan kalian saat magang bisa menambah nilai plus kalian saat melamar bekerja nanti. "

Skill dan pengalaman no. 1 

Tujuan diadakan magang atau kerja praktek tak lain adalah untuk menambah skill dan pengalaman kalian sebelum memasuki dunia kerja. Hal ini bertujuan untuk bekal dan latihan kalian, sehingga dalam dunia kerja nanti kalian tidak akan bingung harus bersikap bagaimana jika menghadapai pekerjaan atau menghadapi atasan di tempat kalian bekerja nantinya.

"Manfaatkan momen kerja praktek untuk mengasah kemampuan kalian sesuai dengan bidang yang kalian ambil. Aktiflah untuk bertanya saat di tempat magang juga akan menambah pengalaman dan pengetahuan kalian tentang dunia kerja yang nantinya kalian hadapi."


Baca juga : Gamifikasi Program Magang di Educa Studio


Peluang network yang luas

Hal yang terpenting selain mendapatkan pengalaman kerja dan skill yang meningkat adalah peluang untuk membangun network. Perusahaan dengan kredibilitas yang baik tentu memiliki pegawai yang ahli di bidangnya. Bangunlah hubungan yang baik dengan para ahli tersebut, mintalah kritik dan saran tentang bidang pekerjaan kalian.

"Perluas network kalian di tempat kalian melakukan magang, hal tersebut akan bermanfaat untuk karir kalian."

Pertimbangkan lokasi dan dana

Satu lagi poin penting yang biasanya menjadi bahan pertimbangan saat mencari tempat magang. Lokasi dan dana. Letak lokasi yang jauh dari tempat tinggal atau kampus tentunya akan menjadi salah satu bagian yang dipertimbangkan, seperti berapa anggaran yang harus dikeluarkan. Hal itu lumrah mengingat waktu kerja praktek tidaklah sebentar bisa berdurasi 1-6 bulan. Dalam hal ini kalian haruslah lebih gigih dalam mencari alternatif tempat magang yang memerlukan biaya atau anggaran yang sedikit namun sesuai dengan bidang dan minat kalian. 

"Magang secara online bisa menjadi alternatif pilihan terbaik untuk kalian yang bingung dengan lokasi magang yang jauh dan biaya yang besar."

Mencari tempat  magang memang gampang-gampang susah, salah memilih bisa membuat kesempatan untuk menambah skill dan pengalaman jadi terbuang. Perhatikan poin-poin diatas jika kalian akan mulai mencari tempat magang yang bagus untuk perkembangan skill kalian dan karir kalian nantinya. 

Magang secara online bisa menjadi alternatif untuk kalian yang menginginkan magang berkualitas dengan biaya yang lebih murah dan akomodasi yang mudah. Game Lab Indonesia menawarkan magang online bagi kalian mahasiswa yang menginginkan magang berkualitas dengan mudah, cepat, dan tanpa ribet. Yuk buruan daftarkan diri kalian sebagai peserta magang di Game Lab Indonesia sekarang juga! Banyak pilihan akademi yang bisa kalian pilih sesuai dengan bidang kalian masing-masing lho. Dengan magang secara online, kalian akan mendapatkan banyak benefit sebagai berikut : 

  • biaya yang murah : cukup sediakan niat, laptop (pc) dan koneksi internet
  • dibimbing oleh trainer yang professional di bidangnya
  • pengalaman belajar berdasarkan project-based learning

 


 

Baca juga : 

Sumber gambar :

Dapatkan akses GRATIS untuk kelas animasi, desain, coding, machine learning dan sebagainya hanya untuk HARI INI!

kerjapraktek magang tips kerja praktek
Febriani Sari

Febriani Sari

Selasa, 5 Maret 2019