BERITA PRESS RELEASE Lomba Kompetensi Siswa SMK Bidang 3D Game Art Tingkat Kabupaten Pati

Lomba Kompetensi Siswa SMK Bidang 3D Game Art Tingkat Kabupaten Pati

Oleh Ayu Larasati | Selasa, 22 Maret 2022

Lomba Kompetensi Siswa SMK Bidang 3D Game Art Tingkat Kabupaten Pati

LKS (Lomba Kompetensi Siswa) antar SMK bidang 3D Game Art di Kabupaten Pati dilaksanakan. Seperti apa keseruannya?

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Lomba Kompetensi Siswa SMK (LKS) digelar di Pati pada hari Jumat dan Sabtu, tanggal 18-19 Maret 2022. Para siswa dari SMK di Kabupaten Pati menunjukkan kemampuan mereka di bidang 3D Game Art. Acara lomba ini dinilai oleh juri dari industri. Setelah melewati penjurian yang ketat, akhirnya pemenang lomba telah ditentukan.

Hasil lomba diumumkan pada Sabtu 19 Maret 2022. Siapa saja juaranya ya? Dan bagaimana proses lombanya?

Juara LKS 3D Game Art

Diikuti oleh SMK Kabupaten Pati, berikut juara dari LKS 3D Game Art yang diadakan di SMK Tunas Harapan Pati.

  • Juara 1: Purba Julia Putra dari SMK Tunas Harapan Pati
  • Juara 2: Mohammad Rizki Al Farouk dari SMK Bani Muslim Pati
  • Juara 3: Adiestya Rully Hermawan dari SMK Negeri 2 Pati
  • Juara 4: Sunarti dari SMK Cordova Margoyoso Pati

Proses Perlombaan

Dalam lomba kali ini, para peserta diberi kebebasan dalam memilih aplikasi untuk 3D modelnya. Mereka boleh memakai 3Ds Max, Maya, Z Brush, Autocad 3D, Blender atau yang lainnya. Untuk lomba LKS ini peserta mengombinasikan penggunaan aplikasi Blender 3D dan bantuan aplikasi Z Brush. Untuk pewarnaannya, mereka menggunakan aplikasi Adobe Photoshop dan Adobe Subtance 3D.

Hari pertama peserta diuji dalam skill modelling (bentuk 3D) setiap peserta. Peserta diberikan sketsa dari dewan juri berupa karakter dan senjata.  Teknik yang dipakai hari pertama meliputi teknik sculpting dan kerapian topologi 3D dalam pembuatan karakter.

Tantangan dalam lomba ini adalah peserta harus membuat kerapian topologi karakter, dan yang utama tentunya adalah kemiripan dengan sketsa yang diberikan.  Selain itu juga mempertimbangkan jumlah triangles pada karakternya tidak boleh melebihi dari 50.000 tris.

Hari kedua peserta difokuskan untuk memberi warna material pada karakter yang sudah dibuat. Tantangannya peserta diharapkan dapat membuat UV yang baik dan memberi warna yang mirip dengan sketsa.

Selain penilaian di atas juga ditambahkan penilaian cara kerja selama perlombaan dan yang paling akhir adalah penilaian presentasi. Di sini, peserta diharapkan dapat mendemokan karyanya dengan pose yang menarik dan detail.

Profil Sang Juara

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tantangan lomba kali ini adalah peserta lomba harus membuat topologi karakter yang rapi dan mirip dengan sketsa yang diberikan. Siapa sangka, para siswa SMK pun dapat menyelesaikannya dengan baik. Salah satu peserta lomba bernama Purba Julia Putra, siswa SMK Tunas Harapan Pati terlihat tenang, tidak grogi, dan tampak menguasai teknik pembuatan 3D Game Art dengan baik. 

Setelah berjuang selama 2 hari, akhirnya para juri menobatkannya sebagai juara pertama pada LKS kali ini.

Baca Juga : Memperkaya Pengetahuan Industri, SMK AL Mubarok Seminar Industri bersama Gamelab Indonesia

Penutup

Apakah kamu ingin meningkatkan skill di bidang 3D Art? Yuk, ikut program unggulan di Gamelab! Baik itu magang, kelas industri, ataupun akademi online di Gamelab.

Di Gamelab, terdapat kelas “Belajar Membuat Animasi 3D Menggunakan Blender Untuk Menjadi Animator” yang bisa diikuti oleh siapa saja yang berminat di bidang animasi. Di kelas ini, kamu akan belajar bagaimana mengoperasikan software Blender 3D. Jadi, kamu bisa bikin animasi karyamu sendiri!

Pasti sangat seru bisa bikin animasi yang nantinya jadi bekal untuk mencari kerja atau berwirausaha di bidang animasi. Yuk daftar di sini dan mulai belajar!


Ayu Larasati

Ayu Larasati

Selasa, 22 Maret 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI