BERITA CREATIVE, DESAIN & MULTIMEDIA Alternatif Software Editing Video Selain Adobe Premiere

Alternatif Software Editing Video Selain Adobe Premiere

Oleh Gamelab Indonesia | Minggu, 29 Desember 2019

Alternatif Software Editing Video Selain Adobe Premiere

Lagi belajar editing video? Bingung cari alternatif software editing video selain Adobe Premiere? Yuk coba ke 6 software editing video gratis ini, cocok untuk pemula dengan fitur yang beragam.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Menemukan software editing video yang gratis tentunya menjadi salah satu hal yang penting bagi perusahaan ecommerce, terutama untuk meningkatkan pendapatan mereka membutuhkan adanya promosi yang melibatkan adanya penggunaan video iklan untuk perusahaannya. Tentunya sebagai sebuah perusahaan, pendapatan yang meningkat dengan pengeluaran yang seminim mungkin adalah hal yang praktis untuk dilakukan. 

Tidak hanya perusahaan e-commerce saja, bagi kalian yang sedang merintis karir dengan menjadi seorang Youtuber pasti juga menginginkan hal yang sama, bisa mengedit video dengan sebaik mungkin sehingga dapat menaikkan atensi dari penonton. Tentu saja selain menyewa jasa video editor, terkadang kita lebih memilih untuk mengedit sendiri video tersebut, karena selain memotong budget namun juga bisa menyesuaikan video sesuai dengan kemauan kita.

Photo by Matthew Kwong on Unsplash

Alih-alih menggunakan software asli, kita lebih sering menggunakan software palsu atau bajakan, seperti menggunakan salah satu software editing video Adobe Premiere Pro versi crack, karena tentu saja harga berlangganan software tersebut lumayan menyita "perhatian". mengapa lebih memilih menggunakan software atau aplikasi bajakan padahal ada aplikasi yang benar-benar gratis dengan fitur yang tidak kalah menarik dari software berbayar tersebut? 

Jika jawabannya adalah, "emang ada software editing video lain yang sama bagusnya dengan Adobe Premiere Pro dan gratis?". Of Course, ada dong. Nih, Tim Game Lab cariin, software-software editing video gratis yang ngga kalah lengkap dari software berbayar lainnya.

1. Lightworks

Gambar : lwks.com

Lightworks merupakan salah satu software editing video gratis yang kami rekomendasikan untuk kalian coba. Software ini termasuk salah satu software editing video dengan fitur yang lengkap dan termasuk dalam jajaran software editing video yang cukup kompeten untuk digunakan baik untuk pemula maupu profesional.

Software ini benar-benar dikemas dalam bentuk tatap muka yang nyaman. Jika kalian ingin mendownload software ini kompatibel dengan Operating System Windows, Mac, dan Linux. Software ini terdapat dalam dua versi, yaitu gratis dan berbayar. Bagi kalian yang ingin mencoba menggunakan software ini bisa download secara gratis. Meski gratis, namun fitur dalam software ini sudah lebih dari cukup untuk editing video. 

Dalam fitur gratis ini kalian sudah mendapatkan dukungan multi kamera, eksport video Youtube resolusi 720p, didukung berbagai format video, pemangkasan video dengan presisi yang baik.

Untuk kalian yang ingin memakai versi pro, kalian bisa membayar sejumlah $ 25 per bulannya. Dengan menggunakan versi pro ini kalian akan mendapatkan dukungan video 4K untuk Youtube dan Vimeo.

2. Shotcut

Gambar : shotcut.orgShotcut merupakan salah satu software editing video gratis open-source, yang artinya setalah mengunduhnya kalian akan mendapatkan berbagai akses ke semua fitur-fiturnya tanpa adanya upgrade ataupun membayar sejumlah biaya untuk mengaksesnya. Hal ini tentu saja menguntungkan kita karena sudah mendapatkan semua akses dari download yang pertama. 

Software ini dapat bekerja pada Windows, Mac, dan Linux. Software ini awalnya dirancang untuk Linux, sehingga mungkin saja kalian akan menemui antar muka yang sedikit aneh. Namun secara keseluruhan, software ini tetap merupakan salah satu software editing video yang patut untuk digunakan karena kualitasnya.

Editor video ini juga memiliki berbagai koleksi video tutorial dan mendukung berbagai formaut video. Salah satu fitur yang paling mencolok pada editor video ini adalah dukungan resolusi 4K HD dan pengeditan waktu. Tentunya hal ini menjadi salah satu fitu yang dapat diunggulkan dari editor video ini karena tidak semua software editor gratis yang menyertakan fitur tersebut.


Baca artikel lainnya : 5 Tools Open Source Untuk Audio Visual Terbaik (100% Free)


3. DaVinci Resolve 16

Gambar : blackmagicdesign.com

DaVinci Resolve 16 merupakan salah satu software editor yang patut untuk jadi incaran dalam daftar ini. Software ini memiliki antarmuka yang intuitif sehingga sangat cocok bagi pemula sekalipun. kalian dapat menguasai editing video denganmudah dan benar. Untuk editing dalam video kalian bahkan bisa menambahkan judul 2D dan 3D ke dalam video yang kalian buat. 

Fitur pada software ini memiliki fitur yang sangat luas, komplit, sehingga jika kalian hanya menggunakannya untuk edit sekedar memotong dan mengunggah video sepertinya sangat disayangkan. Tapi jika video yang kalain buat lebih kompleks dengan efek-efek yang perlu ditambahkan pada video kalian, maka software ini sangat cocok untuk kalian gunakan.

Software ini sebenarnya terdapat dalam dua versi, yaitu gratis dan berbayar. Untuk versi gratisnya yaitu Davinci Resolve 16. Sedangkan untuk versi berbayarnya, yaitu Davinci Resolve Studio 16, kalian bisa mendapatkannya dengan membayar £249 saja.

4. Openshot

Gambar : openshot.org

Sama seperti Shotcut, Openshot jugamerupaakn softwar editing video gratis dengan open-source. Kalian tidak akan kecewa menggunakannya, karen fitur-fitur yang ada didalamnya sangat luar biasa untuk software gartis dan open-source. Software ini kompatibel dengan Windows, Mac, dan Linux.

Beberapa fitur yang didukung dalam editor gratis ini mencakup integrasi desktop untuk dukungan drag-and-drop, gambar dan audio, animasi Key Frame berbasis kurva, trek dan layer tanpa batas, serta ubin dan efek animasi 3D. 

Openshot merupakan salah satu software editing video gratis yang mudah digunakan untuk pemula, karena antar muka yang cukup mudah dan simpel. Salah satu kelebihan dari Openshot ini adalah memiliki forum pengguna yang besar, sehingga kalian bisa sekedar bertanya atau meminta pendapat dari sesama pengguna Openshot.

Beberapa hal yang sangat disayangkan adalah software ini terkadang mengalami lag dan terkadang sedikit lambat saat digunakan. Namun secara keseluruhan, software ini worth it untuk digunakan mengedit video.

5. VSDC Free Video Editor

Gambar : videosoftdev.com

VSDC Free Video Editor adalah software editing video terbaik untuk Windows. Dalam versi gratisnya, software ini telah memiliki serangkaian fitur canggih yang bisa kalian gunakan untuk mengedit video kalian, termasuk fitur koreksi warna dan pengeditan audio.

Selain dalam versi gratis, software ini juga terdapat versi berbayar sebesar $ 19.99 hal ini sudah termasuk dukudangan stabilisasi gambar, dukungan suara, dan bentuk gelombang visual. Namun jika kalian tidak memilik untuk memperbarui ke versi berbayar atau pro, maka untuk dukungan teknis akan dikenakan biaya $ 9.99 untuk satu bulan atau & 14.99 selama rentang waktu satu tahun.

6. VideoPad Video Editor

Gambar : nchsoftware.com

Software ini merupakan salah satu editor video terbaik yang bisa kalian gunakan saat baru pertama kali mencoba mengedit video. Software ini sangat sempurna untuk siapa saja yang ingin mencoba bermain-main dengan komposisi video karen antar muka yang sederhana dan mudah digunakan oleh pemula. Namun beberapa Editor profesional mungkin mengangapnya terlalu sederhana sebagai software editing video.

Beberapa fitur yag bisa kalian dapatkan dari software ini adalah perpustakaan transisi yang dibuat sebelumnya, ekspor video dalam berbagai resolusi, pengeditan video 3D, kurangi goyangan kamera, perpustakaan efek suara, ekspor langsung ke Youtube dan platform lainnya.

Baca Juga : Mengenal Profesi: Software Engineer dalam Industri Digital

7. HitFilm Express

Gambar : fxhome.com

HitFilm Express salah satu editor video yang lebih profesional jika dibandingkan dengan VideoPad Video Editor. Software ini berisi fitur yang banyak di harapkan oleh editor, seperti penyambungan, pemangkasan, dan editing audio. Sementara beberapa pengguna mungkin menganggap software ini sedikit canggih. Dengan menggunakan versi gratis dari software ini kalian dapat menggunakan lebih dari 180 efek khusus.

Ada hal yang harus kalian lakukan saat kalian mencoba mengunduh software ini, yaitu kalian harus melakukan pembaruan status di sosial media kalian. Namun hal ini bukanlah hal yang sulit mengingat kalian bisa menggunakan software hebat ini secara gratis. 

Dalam software ini kalian akan mendapatkan fitur potong video dengan canggih, mengunci efek layar hijau, filter audio dan video, penggabungan video, layers dan maskings, dukungan video 3D.

Nah itu tadi beberapa software editing video gratis yang bisa kalian unduh tanpa biaya seperser pun dan dengan fitur-fitur yang tidak kalah dari software berbayar seperti Adobe Premiere Pro. Semoga artikel ini mambantu kalian mencari software-software gratis yang sesuai dengan kebutuhan kalian.

Ingin jago video editing? Yuk ikuti kelas "Alternatif Software Editing Video Selain Adobe Premiere" di Gamelab! Di kelas ini, kamu bisa belajar videografi mulai dari smartphone. Klik di sini ya untuk bergabung dengan kelasnya! 

 


Referensi:

  • oberlo.com

Baca artikel menarik lainnya :


Gamelab Indonesia

Gamelab Indonesia

Minggu, 29 Desember 2019

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI