BERITA GAME PROGRAMMING Situs Penyedia Aset Gambar Gratis Untuk Game

Situs Penyedia Aset Gambar Gratis Untuk Game


#programmer #free game assets #2d game
Situs Penyedia Aset Gambar Gratis Untuk Game

Bingung cari aset gambar gratis buat coding game kalian? Game Lab buatkan list situs penyedia gambar asset game yang bisa kalian download secara gratis. Simak artikelnya hingga selesai.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, desain, coding, 3D artwork, art dan illustrasi dan digital music hanya di GAMELAB.ID!

Bekerja atau belajar di bidang pemrograman tentunya menjadi salah satu hal yang menarik, dimana harus mengkombinasikan beberapa coding dan logika untuk menghasilkan sebuah aksi. Seorang programmer tentunya tidak bisa menyajikan coding yang di buatnya begitu saja kepada klien ataupun orang awam, terutama untuk coding pada game. Coding pada sebuah game agar dapat di rasakan oleh klien atau orang awam tentunya membutuhkan bantuan aset atau gambar untuk mempermudah bagi programmer maupun kliennya nanti untuk mengetahui aksi dari game tersebut.

Membuat coding saja sudah merupakan satu pekerjaan tersendiri apalagi jika seorang programmer harus bertanggung jawab dengan asset dari game tersebut. Tentunya seorang programmer memerlukan bantuan dari 2D artist untuk membuatkan aset pada coding game yang dia buat. Namun bagaimana jika ia adalah seorang single fighter alias sendirian? 

Bagi programmer pemula biasanya akan memaksakan untuk membuat aset game tersebut seorang diri, tentunya itu menjadi sebuah kendala besar bagi seorang programmer yang tidak terbiasa untuk membuat gambar. Hasilnya programer tersebut harus bekerja 2 kali, yaitu membuat coding dan membuat aset. Tentutnya hal tersebut bisa sangat menyita waktu bagi seorang programmer.

Untuk itu tim Game Lab akan membrikan daftar situs penyedia aset game 2D yang dapat di download oleh programmer secara gratis. Situs-situs yang tim Game Lab kumpulkan adalah situs-situs penyedia aset game 2D baik gratis ataupun berbayar, yuk simak artikel ini hingga akhir!

Kenney 

Gambar : Kenney website

Kenney merupakan salah satu website penyedia aset game gratis yang cukup banyak memiliki koleksi aset untuk game baik itu berupa asset gambar 2D dan 3D, audio, user interface, maupun isometrik. Dalam websitenya, Kenney mengklaim telah memiliki lebih dari 40.000 koleksi aset game yang dapat di download dengan gratis. Berkat lisesni domain publik dari Kenny, kalian bisa menggunakan semua aset game yang ada di situs Kenny untuk digunakan dalam projek pribadi maupun projek komersial.

Gambar : Aset game dari website Kenney

Dalam blognya, Kenny juga mengumumkan memiliki sebuah tool yang dapat menciptakan sprite sendiri sesuai dengan kebutuhan masing-masing, namun tool tersebut merupakan tool eksklusif yang hanya bisa digunakan oleh para pengguna Patreon. Untuk mendapatkan aset-aset tersebut secara gratis kalian bisa langsung mengunjungi website Kenney.

Glitch

Gambar : Glitch website

Glitch sebelumnya adalah sebuah game multiplayer kolaboratif berbasis web yang mulai beroperasi pada tahun 2010 dan sudah dimainkan lebih dari 150.000 orang dan secara luas dipuji karena originalitas dan gaya visualnya yang kreatif. Namun sayangnya game ini berhenti beroperasi 2 tahun setelahnya, pada tahun 2012.

Gambar : Aset game dari Glitch

Tiny Speck, Inc., sebagai peengembang game Glitch telah melepas kepemilikannya atas hak cipta lebih dari 10.000 aset game untuk dapat digunakan untuk membantu orang-orang dalam upaya membangun kreativitas dalam pembuatan game. Seluruh perpustakaan aset dari permainan tersebut telah tersedia secara gratis dan dapat diunduh di Glitch.

Lost Garden

Gambar : Lost Garden website

Lost Garden ini sebenarnya adalah sebuah situs yang dikelola oleh seorang seorang desainer game dari Spry Fox, yang merupakan sebuah perusahaan besar yang fokus dalam membuat game. Situs ini merupakan sebuah situs yang membahas berbagai macam hal yang berhubungan dengan game, termasuk asset game.

Gambar : Aset game dari Lost Garden

Pemilik situs ini bahkan membiarkan karya-karyanya berupa asset game dapat di download secara gratis. Namun perlu digaris bawahi, semua aset game yang ada di dalam situs ini dapat di gunakan dengan menyertakan kredit tersebut aset yang digunakan. Kalian bahkan bisa menggunakan aset yang tersedia dalam situs ini baik untuk projek pribadi maupun komersial. Untuk mendownload aset game tersebut kalian bisa langsung mengunjungi website Lost Garden.

Reiner's Tileset

Gambar : Reiner's Tileset website

Reiner's Tileset juga merupakan salah satu situs penyedia aset game yang dapat di download secara gratis. Kalian bisa mendownload aset gambarr 2D maupun 3D, bahkan dalam situs ini kalian juga dapat menemukan efek suara (sound FX), texture dan beberapa tutorial yang berhubungan dengan pembuatan game. 

Aturan lisensi pada situs ini adalah penggunaan aset pada situs ini hanya boleh digunakan untuk projek pribadi dan tidak boleh di komerisalkan. Kalian bisa langsung mendownload aset-aset yang kalian butuhkan di situs Reiner's Tileset ini.


Baca artikel lainnya : Perhatian Programmer! Inilah Pentingnya Menerapkan Clean Code


Toke Game Art

Gambar : Toke Game Art website

Toke Game Art merupakan salah satu situs penyedia aset game yang dapat di download baik secara gratis maupun berbayar. Dalam situs website tersebut juga disebutkan tidak hanya dapat membeli namun juga dapat digunakan sebagai tempat untuk menjual aset game.

Dalam situs ini menyediakan kebutuhan aset mulai dari asset gambar baik sprite, game UI, visual FX dan lain-lain, kemudian audio bahkan hingga seperangkat bundle aset. Kalian bisa dapatkan asset game berbayar mulai dari $ 8.00 hingga  $ 99.00. Namun jangan khawatir di situs tersebut juga terdapat aset yang ditawarkan secara gratis. Kalian bisa langsung mengunjungi situs Toke Game Art untuk mendapatkan aset tersebut.

Open Game Art

Gambar : Open Game Art website

Open Game Art, seperti situs penyedia aset gratis lainnya, situs ini menyediakan berbagai aset yang dibutuhkan dalam pembuatan sebuah game baik dari segi gambar, maupun audio. Semua file yang ada dalam situ sini bisa di download secara gratis.

Gambar : Aset game dari Open Game Art

Aset yang terdapat pada situs ini dapat digunakan baik untuk projek pribadi ataupun projek komersial, tentunya dengan kebijakan dan untuk menghormati pemilik aset, kita dapat mencantumkan kredit pada game yang dibuat. Untuk mendownload aset gratis segera kunjungi website Open Game Art.

Game Art 2D 

Gambar : Game Art 2D website

Situs lain yang menyediakan kumpulan aset gratis adalah Gameart2d. Situs ini sebenarnya adalah situs jual beli aset game, namun ada sebagian aset yang mereka rilis secara cuma-cuma, sehingga dapat digunakan secara bebas oleh pengguna.

Dalam penggunaannya, aset gratis tersebut dapat digunakan secara bebas baik untuk projek komersial maupun non-komersial, pengguna dapat dengan bebas menggunakannya berulang-ulang dan tanpa batas, bahkan mereka tidak memaksa pengguna untuk menampilkan kredit. Kamu bisa download langsung aset yang kamu butuhkan di Game Art 2D.

Itch.io

Gambar : Itch.io website

Itch.io ini sebenarnya merupakan sebuah situs komunitas yang dibuat untuk para creator game namun kemudian juga dijadikan sebagai tempat untuk jual beli yang berhubungan dengan game. Di situs ini kalian bisa menemukan lebih dari 1000 aset game yang bisa kalian download secara berbayar maupun gratis. 

Untuk asset yang terdapat pada situs ini memang sebagian berbayar, namun juga ada yang bisa di donwload secara gratis. Untuk lisensi penggunaan asset dari situs ini biasanya tergantung dari creator atau penjual masing-masing, sehingga kalian haru slebih teliti dalam memeriksa lisensi tersebut sebelum mendownload aset-aset tersebut. Kalian bisa langsung ke situs website Itch.io untuk mendownload aset-aset tersebut.

Freepik

Gambar : Freepik website

Freepik adalah salah satu situs penyedia aset gamabr baik berupa gamabr foto maupun gambar berbasis vector dan bitmap. Klaian dapat mencari gambar aset game secara gratis di situs ini, namun berbeda dengan situ selain yang sudah menyediakan aset yang siap pakai, di situs ini kalian masih harus mengeksportnya kedalam bentuk sprite karen dalam situs ini hanya menyediakan file raw berupa file AI dan PSD.

Untuk dapat mendownload pada situs ini kalian harus melakukan login atau register terlebih dahulu. Aset dalam situs ini terdapat versi premium dan gratis yang bisa digunakan dengan mencantumkan kredit yang terdapat pada masing-masing aset. Kalian bisa langsung mengunjungi situ Freepik untuk mendownload asetgratis di situs tersebut.


Bonus...

Tim Game Lab berikan bonus list untuk situs-situs penyedia icon pack dengan pilihan style dan gaya aset yang beragam dan tentunya gratis. Kalian hanya perlu melakukan registrasi untuk dapat mendownload icon-icon tersebut secara gratis.

Flaticon

Gambar : Flaticon website

Flat Icon ini merupakan situs penyedia icon yang biasa digunakan utnuk apps maupun game. Di situs ini kalian bisa menemukan lebih dari 2.000.000 icon yang bisa kalian download. Kalian bahkan bisa mengedit ukuran, posisi, dan warnanya hingga menemukan gaya yang sesuai seperti yang kalian inginkan dengan login atau registrasi di situs tersebut.

Selain itu kalian juga bisa meningkatkan member menjadi Premium Members untuk medapatkan banyak tool maupun icon-icon eksklusif koleksi dari Flaticon. Untuk mendapatkan icon tersebut secara gratis kalian bisa langsung menuju ke website Flaticon.

Vector Icons

Gambar : Vector Icons

Vector Icons juga merupakan situs penyedia aset untuk icon yang bisa digunakan utnuk aps, webs, maupun game baik untuk komersial maupun non-komersial. Di dalam situs ini kalian bisa mendapatkan 127 icon pack yang bisa kalian pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan kalian.

Sebelum melakukan download, kalian harus terlebih dahulu membuat akun di situs tersebut, karena saat akan mendownload icon tersebut kalian akan diminta untuk login atau resgister terlebih dahulu. Langsung saja bagi kalian yang ingin mendownload icon gratis, bisa langsung ke website Vector Icons.

Nah itu tadi beberapa situs yang bisa kalian kunjungi untuk mencari aset-aset game secara gratis. Selalu baca aturan lisensi yang ada pada masing-masing terlebih dahulu, apakah dapat digunakan untuk produk komersial atau tidak. Gunakanlah aset-aset tersebut secara bijak dan hargailah para creator dengan memasukkan kredit saat kalian menggunakan aset-aset tersebut.

 


Sumber :

  • beelancah.com
  • codepolitan.com

 

Baca artikel menarik lainnya :


Kamis, 19 Desember 2019