BERITA BOOTCAMP Latih Lulusan SMK Secara Intensif, Gamelab Hasilkan Talenta Digital Siap Kerja

Latih Lulusan SMK Secara Intensif, Gamelab Hasilkan Talenta Digital Siap Kerja

Oleh Ayu Larasati | Senin, 22 Agustus 2022

Latih Lulusan SMK Secara Intensif, Gamelab Hasilkan Talenta Digital Siap Kerja

Untuk melatih siswa SMK menjadi talenta yang kompeten sesuai kebutuhan industri, Gamelab menghadirkan program Bootcamp.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Menurut Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Indonesia membutuhkan 17 juta talenta digital yang terampil dan berkompeten di tahun 2030. Salah satu sektor pekerjaan yang paling dibutuhkan di era ekonomi digital seperti sekarang adalah programming.

Sektor programming menjadi salah satu sektor yang mengalami pertumbuhan pesat dan sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Dengan kata lain, talenta digital yang berkompeten di bidang programming memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan.

Di sisi lain, lulusan SMK menjadi salah satu penyumbang Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) tertinggi. Berdasarkan data BPS per Februari 2022, lebih dari 1,8 juta lulusan SMK masih menganggur. Hal itu tentu memprihatinkan, mengingat bahwa siswa SMK digadang-gadang bisa langsung bekerja setelah lulus.

Berangkat dari masalah tersebut, Gamelab Indonesia menghadirkan Program Karir Bootcamp Offline Full Stack Web Development Batch #2 untuk melatih siswa lulusan SMK secara intensif agar menjadi programmer handal yang sesuai dengan standar industri.

Mengenal Program Bootcamp Gamelab

Program Bootcamp Gamelab

Fullstack Web Development Bootcamp Gamelab adalah program pelatihan intensif mengenai web development selama 3 bulan yang dilaksanakan secara offline di kantor Gamelab Indonesia. Program ini bertujuan untuk mencetak programmer handal dan berkompeten yang sesuai dengan kebutuhan industri saat ini. 

Selama program ini berlangsung, para peserta akan mendapatkan fasilitas berupa pinjaman laptop dan koneksi internet. Jadi, tidak ada lagi halangan bagi lulusan SMK untuk mengikuti program ini meski tidak memiliki laptop ataupun koneksi internet.

Program ini menerapkan sistem pembelajaran project-based learning (PBL) dan menggunakan learning path yang telah disusun oleh tim Gamelab Indonesia. Learning path merupakan tahapan belajar sistematis mulai dari fundamental sampai praktikal, sehingga peserta akan memiliki pengetahuan yang utuh dan runtut. Materi yang dipelajari di Bootcamp ini antara lain:

  • Fundamental seorang programmer
  • HTML dan CSS
  • Pemrograman Dasar PHP
  • MySQL Database
  • Bootstrap CSS Framework
  • Laravel Framework
  • Vue JavaScript Framework
  • Git untuk programmer

Sebagai salah satu syarat kelulusan, setiap peserta bootcamp harus membuat dan mengembangkan sebuah live website, mulai dari sisi frontend maupun backend berdasarkan materi yang sudah dipelajari sebelumnya.  Setelah lulus dari Bootcamp ini, peserta akan langsung dibantu penyaluran kerja ke hiring partner Gamelab Indonesia. 

Pendaftaran Resmi Dibuka

Karir Bootcamp Full Stack Web Developer Batch 2 resmi dibuka. Inilah saatnya kamu meraih impianmu agar bisa bekerja sebagai Fullstack Web Developer dengan belajar intensif melalui program Bootcamp Offline dari Gamelab. 

Program ini akan dilaksanakan mulai tanggal 3 Oktober – 23 Desember 2022 secara offline di kantor Gamelab Indonesia di Jalan Kalisombo No. 18 Kel. Salatiga, Kec. Sidorejo, Salatiga.

Cara Mengikuti Bootcamp Gamelab

Nah, setelah mengetahui apa itu Bootcamp Gamelab dan berbagai manfaat yang bisa kamu dapat.  Berikut beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk mendaftar program Bootcamp ini.

1. Pendaftaran

Daftar akun Gamelab

Pertama, pastikan kamu sudah memiliki akun Gamelab terlebih dahulu. Jika belum, kamu bisa membuatnya di sini. Setelah memiliki akun, kamu bisa login ke akun Gamelab dan lakukan pendaftaran Bootcamp. Setelah berhasil mendaftar, masuk ke dashboard pilih menu Bootcamp kemudian pilih Status.

2. Proses Seleksi Administrasi

Status perkembangan alur Bootcamp

Setelah itu, kamu perlu melengkapi berkas sesuai yang diminta di halaman status bootcamp untuk melanjutkan seleksi administrasi. Kamu juga bisa memantau proses pendaftaran kamu di halaman ini.

3. Diterima Sebagai Peserta Bootcamp

Setelah kamu menyelesaikan semua persyaratan, tahapan seleksi, dan dinyatakan lulus, maka kamu telah diterima sebagai peserta Bootcamp Gamelab batch #2.

4. Pelaksanaan Bootcamp

Kamu akan menjalankan Bootcamp secara offline selama 3 bulan di lokasi pelatihan sesuai jadwal yang telah ditentukan.

5. Graduation

Setelah pelatihan berakhir dan dinyatakan lulus, peserta akan disalurkan kerja ke Hiring Partner Gamelab.

Benefit Mengikuti Program Bootcamp Gamelab

Masih belum yakin buat ikut program ini? Berikut beberapa benefit yang bisa didapatkan dengan mengikuti Karir Bootcamp Offline Full Stack Web Development Batch#2. Yuk simak!

1. Akses Materi Lengkap di LMS

Dengan mengikuti Karir Bootcamp di Gamelab, kamu bisa mengakses materi secara lengkap dan belajar melalui teknologi LMS Gamelab. Materi yang disajikan pun sesuai dengan kurikulum dan kebutuhan industri. Dengan menggunakan LMS dari Gamelab, pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien.

2. Dibimbing oleh Trainer Expert

Kamu juga bisa belajar dan berdiskusi langsung dengan trainer yang berpengalaman di bidang Fullstack Web Development. Trainer Gamelab akan dengan senang hati membagikan pengalaman dan ilmu mereka ke para peserta.

3. Pengalaman Project-Based

Sistem pembelajaran berbasis project-based learning diterapkan dalam pelatihan di Bootcamp Gamelab. Project-based learning memungkinkan peserta Bootcamp mengerjakan proyek riil sebagai media pembelajaran, sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik dan mudah dipahami. 

4. Disediakan Tempat dan Perangkat

Gamelab juga menyediakan fasilitas berupa perangkat laptop dan koneksi internet selama program Bootcamp berlangsung. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir jika kamu tidak memiliki laptop.

Jika saat ini kamu sudah memiliki laptop, kamu punya kesempatan lebih besar untuk melakukan eksplorasi selama mengikuti program ini.

5. Punya Portofolio Menarik

Dengan mengikuti Bootcamp Intensive di Gamelab, kamu akan memiliki portofolio yang akan semakin memudahkan kamu dalam mendapatkan pekerjaan nantinya. Di setiap tahapan learning path, kamu akan selalu mengerjakan proyek yang menarik dan bisa menambah koleksi portofolio kamu.

Final project atau tugas terakhir dalam program ini adalah membuat website berdasarkan dari apa yang sudah dipelajari selama Bootcamp. Mulai dari tampilan hingga database. Menarik, kan?

6. Disalurkan Kerja

Begitu kamu lulus dari pelatihan Bootcamp, kamu akan mendapatkan sertifikat kelulusan Bootcamp dan disalurkan kerja ke hiring partner Gamelab. Jadi, peserta yang lulus program Bootcamp akan disalurkan kerja di perusahaan yang relevan dengan kompetensi peserta Bootcamp.

Baca Juga : Ingin Kerja di Industri IT? Perhatikan Tugas Full Stack Developer di Tahun 2024

Penutup

Itu dia penjelasan mengenai Karir Bootcamp Intensive Full Stack Web Developer. Program Bootcamp ini diadakan sebagai upaya Gamelab Indonesia melatih siswa lulusan SMK secara intensif untuk menyiapkan talenta digital yang kompeten dan siap masuk dunia kerja, khususnya di bidang programming. 

Tertarik untuk mengikuti Karir Bootcamp Intensive Full Stack Web Developer? Klik di sini ya untuk mendaftar!


Referensi:

  • Menteri BUMN Sebut Indonesia Butuh 17 Juta Tenaga Kerja Cakap Digital [1]
  • Pengangguran Terbuka Menurut Pendidikan Tertinggi yang Ditamatkan (Orang), 2021-2022 [2]

Ayu Larasati

Ayu Larasati

Senin, 22 Agustus 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI