BERITA KARIR 7 Cara Mendapatkan Pengalaman Kerja Saat Kuliah

7 Cara Mendapatkan Pengalaman Kerja Saat Kuliah

Oleh Ayu Larasati | Rabu, 14 September 2022

7 Cara Mendapatkan Pengalaman Kerja Saat Kuliah

Ingin mendapatkan pengalaman kerja saat kuliah? Ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Pengalaman adalah hal yang sangat berharga dan harus dicari sebanyak-banyaknya. Dalam dunia kerja, pengalaman juga sangat penting. Kandidat yang memiliki pengalaman kerja tentu akan memiliki nilai tambah dibandingkan kandidat yang sama sekali tidak mempunyai pengalaman kerja.

Tidak peduli sekecil apapun pengalamanmu, tentu akan berpengaruh di dunia kerja. Maka dari itu, ada baiknya kamu memiliki pengalaman agar nantinya lebih mudah mendapatkan pekerjaan.

Lalu, bagaimana ya agar bisa mendapatkan pengalaman pekerjaan saat kuliah? Nah, yuk temukan jawabannya di artikel ini!

Cara Mendapatkan Pengalaman Kerja Saat Kuliah

Cara Mendapatkan Pengalaman Kerja Saat Kuliah

Ada beragam cara yang bisa kamu lakukan untuk memperoleh pengalaman kerja untuk kamu yang masih kuliah. Apa sajakah itu?

1. Mengikuti Magang

Ketika libur panjang kuliah tiba, kamu bisa memanfaatkan momen tersebut untuk mengikuti magang atau internship. Kadang, magang juga menjadi salah satu mata kuliah wajib di universitas.

Kamu dapat magang di lembaga pemerintah, perusahaan, non-profit organization (NGO), dan berbagai lembaga lainnya. Agar mendapatkan pengalaman magang yang maksimal, pastikan kamu memilih bidang kompetensi yang sesuai dengan jurusan.

Pengalaman dan keterampilan yang kamu dapatkan selama magang dapat menjadi nilai tambah di CV (Curriculum Vitae) ketika melamar kerja. Apalagi, jika pengalaman tersebut relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar.

2. Menjadi Freelancer

Bekerja secara freelance dapat menjadi pilihan yang tepat jika kamu ingin bekerja secara fleksibel. Memilih bidang pekerjaan ini membuatmu tidak perlu terikat pada perusahaan tertentu. Selain itu, kamu juga dapat memilih pekerjaan yang cocok dengan bidang dan keterampilan yang kamu sukai.

Contohnya, untukmu yang memiliki keterampilan di bidang desain grafis atau fotografi, kamu dapat menawarkan jasa melalui media sosial atau platform freelance. Saat ini, banyak platform freelancer yang bisa membuatmu mendapatkan pekerjaan freelance dengan lebih mudah.

Agar lebih banyak orang yang tertarik untuk mengambil penawaran jasamu, ada baiknya kamu juga mengunggah portofoliomu. Untukmu yang memiliki skill menulis, kamu juga dapat menemui kesempatan menulis secara freelance yang melimpah di platform job portal.

Tidak hanya bisa dikerjakan secara fleksibel dan mendapatkan penghasilan, dengan bekerja freelance kamu juga akan memperoleh banyak pengalaman dan portofolio yang tentu akan berguna untuk melamar kerja full-time nantinya.

3. Bekerja Paruh Waktu (Part-Time)

Kamu punya waktu luang di luar jam kuliah? Tidak ada salahnya kamu mengambil pekerjaan paruh waktu. Dengan catatan, kamu bisa mengatur waktu dengan baik antara kewajiban kuliah dan tanggung jawab pekerjaan.

Terdapat banyak pilihan pekerjaan paruh waktu yang bisa kamu pilih. Mulai dari asisten dosen, guru les, liaison officer (LO), hingga pelayan restoran. Dengan bekerja secara paruh waktu, kamu tidak hanya bisa memperoleh tambahan uang saku, kamu juga bisa mencicipi suasana dan tantangan dunia kerja sebelum nantinya benar-benar terjun ke dalamnya.

Yang paling penting, jangan sampai pekerjaan paruh waktumu mengganggu kegiatan kuliah ya!

4. Menjadi Relawan/Volunteer

Kamu suka dengan kegiatan sosial? Nah, mengikuti kegiatan relawan atau volunteer bisa menjadi pilihan terbaik. Kamu bisa menambah pengalaman menarik dan tidak terlupakan dengan menjadi relawan. Mulai dari penyuluh masyarakat di bidang tertentu, pendamping pemberdayaan masyarakat, menjadi bagian dari tim peduli lingkungan, dan masih banyak lagi.

Walaupun pada umumnya kamu tidak memperoleh bayaran dari kegiatan ini, tapi mengikuti kegiatan volunteer bisa melatih kepekaan sosial, menambah teman dan memperluas jejaring, serta mendapatkan pengalaman kerja yang sangat berharga.

5. Bergabung dengan Organisasi atau Komunitas

Untuk menambah pengalaman dan meningkatkan skill kerja sama dalam tim, kamu bisa bergabung dengan organisasi. Baik itu organisasi kemahasiswaan di kampus, atau organisasi keagamaan atau sosial di luar kampus.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa bergabung dengan komunitas tertentu yang bisa mewadahi passion-mu. Bergabung di organisasi atau komunitas dapat menjadi ajang belajar untuk menambah pengalaman kerja dan memperluas jejaring.

6. Menjadi Panitia dalam Event Tertentu

Umumnya, organisasi kampus mengadakan berbagai event yang melibatkan banyak orang—baik anggotanya atau orang lain untuk menjadi panitia. Nah, manfaatkan saja tuh untuk menambah pengalaman kerja.

Selain itu, kamu juga bisa mengikuti kepanitiaan di luar kampus. Jika beruntung, kamu bisa menjadi panitia di acara besar yang bisa membuatmu memperoleh jejaring yang luas dan kesempatan kerja sama di masa yang akan datang.

7. Berwirausaha

Jika kamu punya passion berwirausaha, tidak ada salahnya untuk mencoba mengembangkan ide usaha. Kamu dapat memilih bidang usaha yang kamu sukai. Misal usaha di bidang fashion, makanan, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Gamelab Indonesia dan Universitas Negeri Semarang Menjalin Kerjasama dalam Program Studi Independen Bersertifikat

Tips Mendapatkan Tempat Magang Terbaik

Itu dia 7 cara mendapatkan pengalaman kerja saat kuliah yang bisa kamu kerjakan. Jika kamu ingin menambah pengalaman melalui program magang, tentu kamu harus memilih tempat magang terbaik.

Lalu di manakah bisa mendapatkan tempat magang terbaik?

Nah, Gamelab Indonesia bisa menjadi pilihan terbaik untukmu! Dengan inovasi pelatihan dan magang jarak jauh, magang di Gamelab bisa dilakukan di mana saja!

Kamu juga bisa memilih durasi magang dan akademi sesuai passion.

Tertarik untuk magang di Gamelab? Klik di sini untuk mendaftar!


Referensi:

  • 4 Ways to Get Work Experience in College [1]
  • 15 Quick Tips for Gaining Valuable Experience in College [2]
  • 5 Ways To Gain Experience During College [3]

Ayu Larasati

Ayu Larasati

Rabu, 14 September 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI