BERITA KARIR Berkas Lamaran Pekerjaan yang Perlu Disiapkan oleh Job Seeker

Berkas Lamaran Pekerjaan yang Perlu Disiapkan oleh Job Seeker

Oleh Ayu Larasati | Jumat, 23 September 2022

Berkas Lamaran Pekerjaan yang Perlu Disiapkan oleh Job Seeker

Ingin melamar pekerjaan? Berikut beberapa berkas lamaran pekerjaan yang perlu kamu siapkan!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Ketika melamar pekerjaan di sebuah instansi atau perusahaan, tentunya kamu harus melengkapi berbagai berkas sebagai persyaratan. Setiap posisi pekerjaan dan perusahaan, umumnya memberikan ketentuan dokumen persyaratan yang berbeda.

Apakah kamu seorang fresh graduate atau jobseeker yang sedang mencari pekerjaan? Kamu harus memastikan kelengkapan semua persyaratan yang dibutuhkan.

Lalu, berkas lamaran apa saja yang perlu disiapkan saat akan melamar pekerjaan? Yuk simak penjelasan lengkap berikut ini.

Apa Saja Berkas Lamaran Kerja yang Dibutuhkan?

Berikut beberapa berkas lamaran kerja yang biasanya dibutuhkan ketika kamu melamar sebuah pekerjaan.

1. Surat Lamaran Kerja (Cover Letter)

Surat lamaran kerja berisi perkenalan singkat tentang dirimu dilengkapi dengan alasan mengapa kamu tertarik dengan pekerjaan yang kamu tuju. Kadang-kadang, para jobseeker mengabaikan surat lamaran kerja. Padahal, berkas lamaran kerja ini sangatlah penting dalam melamar kerja. Mengingat cover letter dapat menjadi tahap screening awal HR kepada pelamar.

Di dalam cover letter, kamu dapat menuliskan gambaran singkat mengenai dirimu, keterampilan yang kamu miliki, pengalaman kerja, magang, atau volunteer, serta alasan mengapa kamu layak direkrut.

Berikut beberapa poin yang perlu kamu masukkan di dalam cover letter:

  • Salam pembuka
  • Nama dan tujuan kamu menuliskan cover letter
  • Latar belakang pendidikan
  • Skill yang kamu miliki dan sesuai dengan posisi pekerjaan yang dilamar
  • Pengalaman kerja, magang, atau volunteer
  • Alasan mengapa kamu adalah orang yang tepat untuk posisi pekerjaan tersebut
  • Kontak yang bisa dihubungi (alamat email dan nomor handphone yang aktif)
  • Salam penutup
  • Lampiran

2. Daftar Riwayat Hidup atau Curriculum Vitae (CV)

Kamu tentu sudah tidak asing dengan CV atau daftar riwayat hidup. Dokumen ini memuat data diri, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, magang atau volunteer, dan berbagai informasi lainnya yang dibutuhkan untuk melamar kerja.

CV adalah salah satu dokumen yang wajib dimiliki jobseeker saat melamar kerja. Mengingat berkas lamaran kerja yang satu ini berfungsi untuk memberikan gambaran mengenai skill yang kamu punya.

CV bisa memiliki jumlah halaman lebih dari satu. Terlebih, jika kamu mempunyai pengalaman yang banyak.

3. Portofolio

Memiliki portofolio akan membuatmu memiliki nilai plus di mata HRD. Portofolio berisi riwayat pencapaian, pekerjaan, dan kumpulan hasil karya yang relevan dengan posisi pekerjaan yang kamu lamar.

Portofolio sangat penting untuk kamu miliki, apalagi jika kamu melamar pekerjaan di bidang industri kreatif. Dengan portofolio tersebut, kamu bisa menunjukkan bahwa kamu memang kompeten dan bisa menghasilkan sebuah karya.

Misalnya jika kamu pernah bekerja sebagai desainer grafis atau content writer, baik freelance maupun full time, kamu dapat membuat portofolio dengan mencantumkan hasil karya yang pernah kamu buat.

Belum pernah bekerja? Tenang. Kamu bisa menggunakan portofolio hasil kerja dari pengalaman magang yang sesuai dengan posisi pekerjaan yang kamu lamar.

4. Sertifikat Kompetensi atau Piagam Penghargaan

Berkas lamaran kerja lain yang dapat menambah value dirimu adalah sertifikat kompetensi. Jika kamu pernah mengikuti kursus atau pelatihan, kamu dapat mencantumkannya. Selain itu, kamu juga bisa mencantumkan piagam penghargaan yang pernah kamu dapatkan.

5. Transkrip Nilai dan Ijazah

Walaupun kini tidak banyak perusahaan yang meminta ijazah dan transkrip nilai sebagai syarat, tapi tidak ada salahnya jika kamu tetap menyiapkan kedua dokumen ini. Jika diminta, kamu cukup melampirkan fotokopi/scan ijazah dan fotokopi/scan transkrip nilai terakhir.

6. Pas Foto Terbaru

Tidak jarang perusahaan yang mensyaratkan pelamar kerja untuk melampirkan pas foto terbaru. Pastikan kamu menyediakan foto yang terlihat profesional sehingga bisa membuat perekrut terkesan.

7. Identitas Pribadi

Berkas lamaran kerja lain yang perlu kamu siapkan adalah identitas pribadi berupa KTP dan KK (bisa berupa fotokopi atau scan). Namun, untuk kedua berkas ini, kamu harus berhati-hati.

Pastikan bahwa lowongan kerja yang kamu tuju valid, bukan loker palsu. Namun, umumnya, kedua berkas ini baru diminta jika kamu sudah benar-benar diterima di perusahaan yang kamu tuju sebagai berkas administrasi lanjutan.

8. SKCK

SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian tak jarang juga menjadi syarat yang diperlukan saat melamar pekerjaan. Surat ini membuktikan bahwa kamu tidak pernah melakukan aksi kriminal atau kejahatan.

Surat ini mempunyai masa berlaku selama 6 bulan. Maka dari itu, kamu harus memastikan bahwa surat ini belum habis masa berlakunya saat digunakan sebagai lampiran.

Baca Juga : Membedah Perbedaan CV dan Resume Panduan Lengkap untuk Pelamar Kerja!

Penutup

Itu dia penjelasan lengkap dari Gamelab mengenai berkas lamaran pekerjaan yang perlu disiapkan oleh jobseeker. Untuk kamu yang belum punya pengalaman pekerjaan atau ingin meningkatkan skill, kamu bisa magang di Gamelab.

Gamelab memiliki banyak bidang kompetensi yang beragam dan bisa kamu ambil sesuai dengan passion yang kamu minati. Dilaksanakan secara jarak jauh, magang di Gamelab sangat efektif untuk meningkatkan skill-mu. Setelah lulus, kamu juga mendapatkan sertifikat magang.

Tertarik untuk magang di Gamelab? Klik di sini ya untuk mendaftar!


Ayu Larasati

Ayu Larasati

Jumat, 23 September 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI