BERITA KARIR Jangan Bingung, Begini Cara Menulis Deskripsi Diri di CV [Beserta Contoh]

Jangan Bingung, Begini Cara Menulis Deskripsi Diri di CV [Beserta Contoh]

Oleh Ayu Larasati | Sabtu, 29 Oktober 2022

Jangan Bingung, Begini Cara Menulis Deskripsi Diri di CV [Beserta Contoh]

Masih bingung tentang bagaimana menulis deskripsi diri di CV yang baik dan benar? Yuk, simak penjelasan dari Gamelab di artikel ini!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Persaingan dalam memasuki dunia kerja semakin ketat. Untuk itu, kamu harus membuat CV yang menarik dan stand out agar dapat menarik perhatian recruiter. Salah satu bagian penting yang harus kamu perhatikan dalam menulis CV adalah deskripsi diri.

Sayangnya, masih banyak yang belum mengetahui, bagaimana membuat deskripsi diri yang baik. Namun, kamu tidak perlu khawatir. Di artikel ini, Gamelab akan menjelaskan secara lengkap mengenai deskripsi diri di CV, mulai dari definisi, tips, dan contoh deskripsi CV.

Yuk, baca sampai akhir!

Deskripsi Diri dalam CV

Deskripsi Diri dalam CV

Deskripsi diri di CV adalah kalimat-kalimat yang menggambarkan profilmu. Biasanya terdiri dari satu hingga dua kalimat singkat di dalam CV. Deskripsi singkat ini bertujuan untuk menggambarkan dirimu. Itulah mengapa, umumnya deskripsi diri berisi tentang pengalaman dan skill-mu yang paling menarik.

Tips Menulis Deskripsi Diri di CV

Berikut beberapa tips menulis deskripsi diri di CV yang tidak boleh kamu lupakan. Apa sajakah itu?

1. Fokus pada Skill dan Prestasi yang Kamu Miliki

Dalam deskripsi diri di CV, jangan lupa untuk mencantumkan skill dan prestasi yang kamu miliki. Pilih skill dan prestasi yang paling kamu kuasai dan kamu banggakan.

2. Tuliskan Informasi yang Relevan

Kamu tidak perlu menuliskan seluruh riwayat pekerjaan di deskripsi diri CV, karena akan terlalu panjang. Sebaiknya, kamu menuliskan informasi yang relevan dengan pekerjaan yang kamu incar.

3. Gunakan Simbol dan Angka

Deskripsi diri di CV akan lebih mudah dibaca oleh recruiter apabila kamu menggunakan simbol dan angka. Hal itu dikarenakan deskripsi dirimu akan jadi lebih detail dan menarik. Contohnya, kamu bisa menulis kalimat, “Berhasil menambah followers baru sebanyak 20.000 dalam tiga bulan secara organik.”

4. Tonjolkan Pencapaian

Recruiter akan tertarik dengan pencapaian yang sudah kamu peroleh di pekerjaan sebelumnya atau pada saat magang. Apalagi, jika pencapaian tersebut relevan dengan posisi pekerjaan yang sedang kamu lamar. Dengan menekankan pencapaian di CV, kamu bisa menjadi salah satu kandidat utama yang dipertimbankgan.

Contoh Deskripsi Diri pada CV

Berikut beberapa contoh deskripsi diri pada CV yang bisa kamu jadikan referensi:

1. Contoh Deskripsi Diri di CV Fresh Graduate SMK

Lulusan SMK Educa jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) dengan pengalaman magang selama 3 bulan di Gamelab Indonesia. Berorientasi pada ketepatan perhitungan dan kerapian data. Memiliki tekad dan tujuan untuk terus berkembang demi kemajuan diri serta perusahaan.  

2. Contoh Deskripsi Diri di CV Lulusan Bootcamp

Lulusan SMK Educa jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) yang ingin berkarir menjadi web developer. Telah mengikuti bootcamp web development selama 3 tahun. Memiliki keahlian coding untuk mengembangkan situs web, yakni HTML, CSS, dan JavaScript. Memiliki satu situs web yang telah berjalan dan didesain sendiri.

3. Contoh Deskripsi Diri di CV Fresh Graduate S1

Lulusan S1 Teknologi Informasi dengan passion mengembangkan situs web. Memiliki pengalaman magang sebagai front end web developer di sebuah startup teknologi. Tertarik untuk bekerja di bidang IT, khususnya di pengembangan situs web.

4. Contoh Deskripsi Diri di CV untuk yang Sudah Berpengalaman

Lulusan Desain Komunikasi Visual dari Universitas Educa. Memiliki pengalaman sebagai Desainer Grafis selama 2 tahun. Mahir dalam mengoperasikan CorelDraw, Adobe Photoshop, Illustrator, dan software desain grafis lainnya. Berpengalaman dalam membuat berbagai desain, mulai dari postingan media sosial, poster, infografis, GIF, mock up, dan aset lain sesuai kebutuhan pemasaran. Memiliki kreativitas tinggi dan bisa bekerja secara tim maupun mandiri.

Baca Juga : Mudah Banget! Cara Membuat CV Menggunakan Canva, Lengkap dengan Langkah-Langkahnya

Penutup

Itu dia ulasan mengenai deskripsi diri di CV, mulai dari definisi, tips, dan contoh deskripsi CV. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, deskripsi diri dalam CV sangat penting untuk membuat CV-mu terlihat menarik dan menonjol di mata recruiter, sehingga kamu bisa lebih mudah mendapatkan pekerjaan.

Agar makin mudah memperoleh pekerjaan, yuk, optimasi skill terlebih dahulu di Akademi Gamelab! Terdapat banyak pilihan kelas yang dapat kamu pilih, mulai dari IT, Koding dan Data, Desain dan Kreatif, Bisnis dan Manajemen, hingga soft skills. Dengan pembelajaran yang fleksibel dan materi dari profesional, skill-mu dapat teroptimasi secara maksimal. Klik di sini untuk bergabung dengan program Akademi Gamelab!


Ayu Larasati

Ayu Larasati

Sabtu, 29 Oktober 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI