BERITA KUNJUNGAN INDUSTRI Kunjungan Industri SMKN 2 Tasikmalaya ke Gamelab Indonesia dan Educa Studio

Kunjungan Industri SMKN 2 Tasikmalaya ke Gamelab Indonesia dan Educa Studio

Oleh Ayu Larasati | Senin, 7 November 2022

Kunjungan Industri SMKN 2 Tasikmalaya ke Gamelab Indonesia dan Educa Studio

SMKN 2 Tasikmalaya Jawa Barat melaksanakan kunjungan industri ke Gamelab Indonesia dan Educa Studio. Bagaimana keseruan acaranya? Mari simak di artikel ini!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Menempuh jarak ratusan kilometer, tidak menyurutkan semangat para siswa dan guru SMK Negeri 2 Tasikmalaya untuk datang ke Salatiga, melakukan kunjungan industri. Kunjungan industri ini dilaksanakan di kantor Gamelab Indonesia dan Educa Studio pada Rabu (02/11/2022).

Di kegiatan kunjungan industri ini, para peserta memperoleh informasi mengenai dunia kerja dan melihat proses produksi secara langsung di kantor Educa Studio.

Mari simak keseruan acara kunjungan industri SMK Negeri 2 Tasikmalaya ke Gamelab Indonesia dan Educa Studio di artikel ini!

Pentingnya Kunjungan Industri bagi Siswa SMK

Pentingnya Kunjungan Industri bagi Siswa SMK

Kunjungan industri adalah salah satu kegiatan pembelajaran di luar sekolah yang penting bagi siswa SMK. Kegiatan ini bertujuan untuk membekali siswa dengan wawasan mengenai dunia kerja dan dunia industri.

Umumnya, kegiatan kunjungan industri dilaksanakan dengan mengunjungi industri yang relevan dengan program keahlian yang diambil.

Melalui kunjungan industri, para siswa SMK dan guru bisa melihat dan merasakan langsung aktivitas dan manajemen yang ada di dunia kerja. Dengan begitu, mereka dapat mengambil pelajaran dan pengalaman yang nantinya akan sangat bermanfaat untuk pembelajaran di sekolah, maupun saat memasuki dunia kerja.

Artinya, kunjungan industri dapat memberikan gambaran pada siswa SMK mengenai pekerjaan-pekerjaan di bidang kompetensi/bidang keahlian yang mereka dalami. Itulah sebabnya, kunjungan industri penting dilakukan, agar setelah lulus SMK, mereka lebih siap untuk memasuki dunia kerja.

Dengan adanya kunjungan industri, diharapkan lulusan SMK menjadi lebih mudah dalam menyesuaikan diri dengan dunia kerja atau lingkungan perusahaan.

Kunjungan Industri SMKN 2 Tasikmalaya ke Gamelab Indonesia

Kunjungan Industri SMKN 2 Tasikmalaya ke Gamelab Indonesia

Mengingat pentingnya kunjungan industri bagi siswa SMK, sebanyak 35 siswa dan 3 guru dari SMK Negeri 2 Tasikmalaya jurusan PPLG (Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim) melakukan kunjungi industri ke Gamelab Indonesia dan Educa Studio. Para siswa dan guru yang mengikuti kegiatan ini terlihat bersemangat dan antusias sepanjang acara kunjungan industri.

Acara diawali dengan Seminar Pengenalan Dunia Industri di kantor Gamelab. Seminar ini disampaikan secara langsung oleh Karunia Puspakawati, S.S., selaku PIC acara kunjungan industri. Berbagai materi mengenai dunia industri dan dunia kerja, serta apa saja yang harus disiapkan oleh siswa SMK untuk menghadapi dunia kerja—disampaikan di seminar ini.

Selain itu, terdapat juga sesi tanya jawab interaktif antara peserta kunjungan industri dan pemateri seminar. Para peserta kunjungan industri menyimak sesi seminar dengan penuh perhatian dan antusias.

Di sisi lain, para guru SMK Negeri 2 Tasikmalaya juga mengikuti diskusi lanjutan Program SMK Binaan dengan Tim Gamelab. Program SMK Binaan Gamelab meliputi Kelas Industri, Magang Siswa, dan Teaching Factory. Sekolah bisa bekerja sama dalam program ini untuk mewujudkan link and match  dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI).

Pengenalan Proses Produksi Game dan Animasi di Kantor Educa Studio

Pengenalan Proses Produksi Game dan Animasi di Kantor Educa Studio

Setelah memperoleh seminar dan materi di kantor Gamelab Indonesia, para siswa dan guru SMK Negeri 2 Tasikmalaya berpindah ke kantor Educa Studio. Di sini, mereka bisa melihat secara langsung proses pembuatan animasi dan game yang dilakukan oleh para karyawan di Educa Studio.

Proses pengenalan produksi animasi dijelaskan secara langsung oleh Galih Aulia, S.Pd., selaku Senior dan Lead Illustrator di Educa Studio. Sementara itu, penjelasan mengenai proses pengembangan game disampaikan oleh Elisa Candra selaku Lead Divisi Game.

Para peserta kunjungan industri menyimak proses produksi secara langsung, mulai dari proses desain, storyboard, sketsa, aset digital, ekspor aset, animasi, editing video, pembuatan sound efek, hingga pemrograman, dan terakhir adalah pemeriksaan kualitas produk (quality assurance).

Mereka juga melihat berbagai produk digital dan produk-produk fisik buatan Educa Studio lainnya. Acara diakhiri dengan sesi tanya jawab dan foto bersama.

Baca Juga : SMK Miftahul Huda Siap Hadapi Industri Masa Depan dengan Kunjungan ke Gamelab Indonesia

Penutup

Itu dia sekilas mengenai kunjungan industri ke Gamelab Indonesia dan Educa Studio oleh SMK Negeri 2 Tasikmalaya, Jawa Barat. Ingin tahu lebih banyak mengenai kegiatan kunjungan industri di Gamelab Indonesia dan Educa Studio? Atau, ingin bekerja sama untuk pelaksanaan kunjungan industri? Klik di sini untuk menghubungi Tim Gamelab.


Ayu Larasati

Ayu Larasati

Senin, 7 November 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI