BERITA KARIR Peluang Karier Siswa SMK Setelah Lulus, Apa Saja Ya?

Peluang Karier Siswa SMK Setelah Lulus, Apa Saja Ya?

Oleh Ayu Larasati | Rabu, 7 Desember 2022

Peluang Karier Siswa SMK Setelah Lulus, Apa Saja Ya?

Penasaran kira-kira peluang karir lulusan SMK itu apa saja? Temukan jawabannya di artikel ini yuk!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Kamu tertarik untuk melanjutkan pendidikan ke SMK? Nah, kamu sudah memilih opsi yang tepat! Di SMK, kamu akan dibekali dengan berbagai keterampilan dan praktik yang bermanfaat. Makanya, tidak heran jika lulusan SMK mendapatkan kesempatan untuk segera bekerja setelah lulus.

Lalu, apa saja sih yang bisa dilakukan siswa SMK setelah lulus? Yuk temukan jawabannya di artikel ini.

5 Hal yang Bisa Dilakukan Lulusan SMK

Dengan keterampilan dan pengetahuan yang diberikan semasa sekolah, lulusan SMK memiliki peluang lebih luas. Baik itu bekerja ataupun melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Apapun pilihanmu, ada baiknya kamu mempertimbangkan dengan serius. Soalnya, pilihan tersebut menyangkut dengan masa depanmu.

1. Bekerja

Sedari awal, SMK memang bertujuan untuk mempersiapkan siswanya agar bisa langsung bekerja setelah lulus. Di SMK, porsi praktik lebih besar dari porsi teori, membuatmu lebih terampil. Selain itu, lulusan SMK juga telah dibekali dengan pengalaman praktik kerja industri dan PKL yang membuat kompetensi mereka meningkat.

Ditambah lagi, dengan sertifikat kompetensi yang dibekalkan pada lulusannya, membuat lulusan SMK bisa langsung masuk ke dunia kerja setelah menyelesaikan studi.

2. Melanjutkan Studi

Tidak hanya siswa SMA saja yang dapat melanjutkan ke perguruan tinggi. Lulusan SMK juga dapat kuliah di jurusan yang diminati. Bahkan, pilihan jurusannya juga tidak kalah beragam.

Kamu bisa melanjutkan studi di akademi, politeknik, hingga universitas. Apalagi, juga terdapat pilihan pendidikan vokasi di perguruan tinggi yang bisa kamu pilih untuk meningkatkan kompetensimu.

Apabila kamu ingin melanjutkan studi, ada baiknya kamu merencanakan sebaik mungkin. Usahakan kamu mengambil jurusan yang sama atau sejalan dengan jurusan di SMK.

3. Ikut Pelatihan

Mengikuti kursus atau pelatihan dapat menjadi pilihan yang tepat apabila kamu ingin meningkatkan keterampilan tidak mau lama-lama melanjutkan kuliah. Selain mendalami kompetensi yang kamu dapatkan selama sekolah, kamu bisa mengikuti pelatihan Akademi GAMELAB.ID atau mengikuti Program Bootcamp di GAMELAB.ID.

Tidak hanya bisa mengoptimasi skill, kamu juga bisa mendapatkan lingkaran pertemanan baru dan bimbingan dari trainer berpengalaman.

4. Membuka Usaha

Tidak hanya bekerja atau melanjutkan studi, lulusan SMK juga memiliki peluang karier untuk berwirausaha. Apalagi, lulusan SMK rata-rata sudah mengikuti program Teaching Factory (TeFa).

Di dalam TeFa, kamu bisa merasakan suasana pembelajaran dengan nuansa kewirausahaan. Nah, dengan begitu, lulusan SMK dapat menerapkan ilmu yang didapatkan dengan berwirausaha.

5. Bekerja Freelance

Bekerja secara freelance juga bisa menjadi pilihan karier lulusan SMK. Jika kamu memiliki kompetensi yang mumpuni dan reputasi yang bagus, kamu bisa menjadi freelancer dengan penghasilan yang menjanjikan.

Apalagi, jenis pekerjaan ini membuatmu bisa bekerja lebih fleksibel. Bahkan, saat kamu memilih untuk melanjutkan kuliah sekalipun, kamu masih bisa bekerja secara freelance lho.

Baca Juga : Manfaat dan Tips Efektif Membagi Waktu Untuk Bekerja Dengan Kuliah

Penutup

Itu dia 5 hal yang bisa kamu lakukan setelah lulusan SMK. Kira-kira, mana nih yang akan kamu lakukan setelah lulus nanti?

Agar makin siap, kamu bisa mengikuti program-program unggulan di GAMELAB.ID. 

Gamelab Indonesia fokus pada pendidikan vokasi, khususnya SMK. Berdiri pada tahun 2018 di bawah PT Educa Sisfomedia Indonesia (Educa Studio). Educa Studio sendiri berdiri pada tahun 2011 yang fokus pada pengembangan media pembelajaran interaktif seperti edugames, animasi dan komik.

Gamelab memiliki berbagai program pendidikan dan pelatihan seperti:


Ayu Larasati

Ayu Larasati

Rabu, 7 Desember 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI