BERITA TIPS MAGANG & KARIER Alasan Magang Itu Penting sebelum Terjun ke Dunia Kerja

Alasan Magang Itu Penting sebelum Terjun ke Dunia Kerja

Oleh Rifka Amalia | Jumat, 21 Juli 2023

Alasan Magang Itu Penting sebelum Terjun ke Dunia Kerja

Kenapa magang itu penting? Simak 4 alasan berikut untuk menjawab betapa pentingnya mengikuti program magang sebelum terjun ke dunia kerja.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Ada yang sudah pernah ikutan magang? Sebenarnya, magang itu penting nggak sih? Kamu mungkin sudah pernah mendengar soal magang atau malah pernah melakukannya. Magang sendiri biasanya dilakukan oleh siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan mahasiswa perguruan tinggi sebagai bagian dari syarat kelulusan.

Tak cuma anak SMK dan mahasiswa saja yang boleh magang, orang yang sedang mencari kerja pun bisa melakukan magang di sebuah perusahaan. Biasanya, magang dilakukan dengan tujuan mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja.

Selain alasan dan tujuan tersebut, memangnya apa sih, yang membuat magang menjadi penting? Simak ulasannya dalam artikel berikut ya!

1. Mendapatkan Pengalaman Kerja Nyata

Alasan utama mengapa magang itu penting adalah karena memberikan kita kesempatan untuk memperoleh pengalaman kerja nyata. Dengan ikut program magang, kamu bisa terlibat secara langsung di lingkungan kerja yang sesungguhnya.

Magang akan memberikan gambaran besar mengenai apa yang mungkin kamu hadapi di masa depan saat sudah benar-benar terjun ke dunia kerja. Ketika menjalani proses magang, kamu mungkin akan mengalami beberapa kendala dan tantangan.

Saat itu lah kamu bisa belajar tentang bagaimana menyelesaikan permasalahan saat sedang bekerja. Magang juga memberimu kesempatan untuk bekerja dengan tim, berkomunikasi dengan rekan kerja, dan menghadapi situasi yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya.

Pengalaman kerja nyata yang didapatkan selama magang akan memberikan fondasi yang kuat untuk memahami dinamika dunia kerja dan membantu kamu menyesuaikan diri dengan cepat ketika sudah mulai bekerja secara penuh.

2. Mengembangkan Keterampilan yang Dibutuhkan

Pilihlah magang di bidang yang akan membawamu ke karir impian, sebab magang akan memberikan kesempatan kepadamu untuk terus mengembangkan keterampilan. Tak cuma keterampilan teknis, kamu juga bisa belajar soft skills di tempat magang.

Beberapa soft skill yang bisa dipelajari antara lain  cara berkomunikasi yang baik, kepemimpinan, hingga pemecahan masalah. Di bawah kepemimpinan profesional di bidangnya, kamu bisa mempelajari mengenai alat-alat dan teknologi tertentu yang mungkin digunakan di industri.

Kamu juga bisa memperoleh pemahaman tentang proses kerja yang spesifik. Hasil akhirnya, keterampilan yang kamu dapatkan di tempat magang akan meningkatkan daya saingmu di pasar kerja.

3. Membangun Jaringan Profesional

Hal yang tak kalah pentingnya yang bisa didapatkan melalui program magang adalah membangun jaringan profesional. Dewasa ini, relasi menjadi hal yang sangat penting di hampir semua sektor kehidupan, termasuk mencari kerja.

Selama magang, kamu akan berinteraksi dengan berbagai orang dalam lingkungan kerja, termasuk rekan kerja, atasan, dan klien. Ini adalah kesempatan emas untuk membangun jaringan profesional yang berharga.

Jaringan ini dapat menjadi sumber peluang kerja di masa depan, memberikan wawasan industri, bahkan bukan tidak mungkin akan memberimu akses ke mentor yang dapat membimbing dan memberi nasihat tentang perkembangan karirmu.

Bagaimanapun, dunia ini butuh relasi. Jaringan yang kuat akan membuka pintu bagi kesempatan yang mungkin tidak kamu temukan jika kamu tidak memiliki koneksi yang relevan di bidang karir yang kamu minati.

Alasan Magang Itu Penting - GAMELAB.ID

4. Menguji Minat dan Kesesuaian Karir

Hal penting lainnya yang bisa kamu temukan lewat program magang adalah kamu bisa menguji minat dan kesesuaian dengan bidang atau industri tertentu sebelum memutuskan untuk mengejar karir tersebut.

Ketika magang, kamu akan merasakan suasana kerja, tugas sehari-hari, dan tantangan yang mungkin akan kamu jalani jika mengambil langkah karir di bidang tersebut. Hal itu akan memberimu gambaran yang lebih jelas tentang harapan-harapan mengenai karir yang kamu pilih.

Gambaran itu akan membantumu menghindari kesalahan dalam pengambilan keputusan karir yang penting. Jika pekerjaan yang kamu jalani selama proses magang rupanya tak sesuai dengan harapanmu dan malah tidak cocok denganmu, jangan khawatir. Kamu masih memiliki kesempatan untuk banting setir dan mencari alternatif pekerjaan lainnya yang lebih sesuai dengan dirimu.

Baca Juga : Bagaimana Cara Mendapatkan Tempat Magang yang Tepat? Ini Rahasianya!

Penutup

Berdasarkan ulasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa magang memainkan perang yang penting dalam upaya membangun karir. Kamu bukan hanya mendapatkan pengalaman kerja yang berharga lewat magang, tetapi juga bisa memutuskan langkah karirmu lebih lanjut lewat program tersebut.

Jika ingin mempersiapkan diri dengan baik untuk dunia kerja, pertimbangkanlah untuk menjalani magang yang relevan dengan bidang yang kamu minati. Kamu bisa mengikuti magang di GAMELAB.ID dan mengambil bidang Teknologi, Bisnis, serta Kreatif dan Desain. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan hubungi link ini ya.


Rifka Amalia

Rifka Amalia

Jumat, 21 Juli 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI