BERITA PRAKERJA Ingin Jadi Komposer? Ini 6 Aplikasi Musik Digital Terbaik 2023

Ingin Jadi Komposer? Ini 6 Aplikasi Musik Digital Terbaik 2023

Oleh Rifka Amalia | Rabu, 26 Juli 2023

Ingin Jadi Komposer? Ini 6 Aplikasi Musik Digital Terbaik 2023

Berikut rekomendasi 6 aplikasi pembuat musik digital terbaik di tahun 2023. Aplikasi musik digital memudahkan kamu yang memiliki cita-cita menjadi seorang komposer.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Ada yang suka mendengarkan musik? Musik bak telah menjadi bagian dari kehidupan yang tak bisa terpisahkan. Sebuah ungkapan bahkan menyebut bahwa musik adalah keindahan tidak terlihat, tapi terasa sampai ke jiwa. Musik juga bisa menjadi sumber inspirasi. Alunannya yang indah membuat beberapa orang merasa tenang dan membantu terciptanya sebuah kreasi.

Jika kamu tertarik ingin menjadi seorang komposer, maka bersyukurlah. Sebab di era digital seperti saat ini, teknologi telah menghadirkan berbagai kemudahan untuk para musisi dan komposer.

Hadirnya aplikasi pembuat musik digital menjadi media atau alat yang sangat berguna dalam menciptakan, mengedit, dan mengolah suara dengan cara yang lebih inovatif dan efisien. Berikut adalah rekomendasi 6 aplikasi pembuat musik digital terbaik 2023.

1. Ableton Live 11

Ini merupakan aplikasi recording audio pc yang sangat populer di kalangan musisi dan produser. Ableton Live 11 menawarkan fitur-fitur yang inovatif, termasuk kemampuan untuk melakukan produksi musik secara real-time dan live performance.

Aplikasi ini juga menjadi DAW (Digital Audio Workstation) yang memiliki tampilan antarmuka intuitif dan mudah digunakan, serta dilengkapi dengan berbagai alat musik virtual dan efek suara yang bervariasi. Fitur unik seperti "Session View" pada aplikasi Ableton Live 11 memungkinkanmu untuk mengatur dan mengimprovisasi dengan cepat.

Kamu juga bisa memanfaatkan fitur "Arrangement View" untuk mengedit dan mengatur komposisi musik secara lebih rinci. Selain dua fitur tersebut, Ableton Live 11 juga dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti sintesis wavetable, sampler, dan efek audio berkualitas tinggi untuk menghasilkan musik berkualitas studio.

2. Logic Pro X

Jika kamu seorang pengguna macOS, software Logic Pro X adalah pilihan terbaik yang bisa kamu gunakan untuk membuat musik digital. Aplikasi ini dikembangkan oleh Apple dan menyediakan berbagai alat musik dan efek suara yang luar biasa. Logic Pro X memiliki DAW yang kuat dengan tampilan antarmuka yang menarik dan mudah digunakan.

Kamu bisa memanfaatkan fitur-fitur seperti "Flex Time" dan "Flex Pitch" yang memudahkanmu dalam mengedit dan mengatur pitch dan timing suara. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan alat musik virtual yang luas, termasuk synthesizer, drum kit, dan alat musik orkestra. Melalui aplikasi ini, kamu bisa menciptakan berbagai genre musik dengan kualitas tinggi.

3. FL Studio

FL Studio adalah DAW populer lainnya yang sangat digemari oleh banyak produser dan komposer. FL Studio juga merupakan alat recording audio yang cocok dipakai untuk pemula. Aplikasi ini bisa digunakan di PC dan Laptop. Selain memiliki tampilan antarmuka yang intuitif, software FL Studio menyediakan berbagai alat musik virtual dan efek suara yang kreatif.

Fitur unik seperti "Pattern Blocks" akan membantumu mengatur loop dan pattern dengan mudah, sementara "Step Sequencer" memungkinkanmu untuk membuat pola ritme secara presisi.

FL Studio 20 juga menyediakan berbagai alat musik virtual seperti synthesizer, sampler, dan drum machine. Kamu bisa menciptakan berbagai jenis musik dengan gaya yang berbeda-beda melalui pemanfaatan fitur-fitur dan tools FL Studio.

6 Aplikasi Musik Digital Terbaik 2023 - GAMELAB.ID

4. Cubase Pro 11

Cubase menjadi pilihan yang tepat jika kamu sedang mencari aplikasi pembuat musik digital yang memiliki manajer soundframe universal. Cubase Pro 11 adalah aplikasi pembuat musik digital dari Steinberg yang terkenal dengan kualitas dan kinerja yang tinggi.

Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur profesional untuk produksi musik dan mixing, sehingga banyak digunakan oleh produser dan insinyur audio di seluruh dunia. Fitur yang dimiliki aplikasi ini antara lain, "Audio Alignment" yang memudahkan sinkronisasi dan penyelarasan suara dengan presisi.

Ada pula "VariAudio" yang bisa kamu manfaatkan untuk mengedit pitch dan timing vokal dengan mudah. DAW ini juga menyediakan banyak alat musik virtual dan efek audio yang bervariasi, sehingga kamu akan lebih leluasa mengeksplorasi genre musik.

5. Studio One

Studio One adalah DAW yang dikembangkan oleh Presonus, yakni merek populer pengembang aplikasi musik. Software ini memiliki tampilan antarmuka yang elegan dan mudah digunakan. Ia juga menawarkan fitur "Chord Track" yang memungkinkan penggunanya untuk membuat akord dan progressi akord dengan cepat.

Pada Studio One 5, tersedia fitur "Impact XT" yang memudahkan dalam membuat ritme drum. Aplikasi ini juga memiliki banyak alat musik virtual dan efek audio dengan kualitas tinggi. Fitur "Melodyne Essential" pada Studio One akan membantumu mengedit dan mengatur pitch dan timing vokal dengan presisi.

6. Reason 12

Reason 12 adalah DAW yang unik karena menggunakan konsep modular dalam penciptaan musik. Aplikasi ini menyediakan "Rack Plugin" yang dapat menambahkan dan menghubungkan berbagai alat musik virtual dan efek audio seolah-olah seperti dalam dunia nyata.

Reason 12 juga menyediakan "Europa" yang merupakan synthesizer canggih dengan berbagai kemampuan suara yang kreatif. Aplikasi ini memiliki tampilan antarmuka yang mudah digunakan, fitur yang ditawarkan juga dapat membantumu menciptakan musik dengan cepat dan efisien.

6 Aplikasi Musik Digital Terbaik 2023 - GAMELAB.ID

Baca Juga : Mengapa Belajar Audio Visual Menjadi Semakin Mendesak di Era Digital Sekarang?

Penutup

Untuk mengejar mimpi menjadi seorang komposer, ada beberapa pilihan aplikasi pembuat musik digital yang bisa kamu gunakan. Masing-masing aplikasi ini memiliki keunikan dan kelebihan yang mampu memenuhi kebutuhan berbagai jenis musisi dan komposer.

Satu di antara banyaknya pilihan yang paling sering digunakan pemula untuk membuat musik digital adalah FL Studio. Kamu bisa mempelajari cara Membuat Musik Digital Menggunakan FL Studio untuk Menjadi Composer di GAMELAB.ID.

Dengan mengambil kelas prakerja tersebut, kamu akan dibimbing untuk mempelajari pengetahuan dasar musik digital dan melakukan praktik membuat musik, nada, dan ambience. Yuk, manfaatkan voucher prakerja milikmu untuk mendaftar di kelas prakerja GAMELAB.ID. Kamu juga bisa menghubungi link ini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.


Rifka Amalia

Rifka Amalia

Rabu, 26 Juli 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI