BERITA AUDIO Membuat Musik Digital Praktis Tanpa Alat Musik Dengan FL Studio

Membuat Musik Digital Praktis Tanpa Alat Musik Dengan FL Studio


#digital music #fl studio #musik
Membuat Musik Digital Praktis Tanpa Alat Musik Dengan FL Studio

Sekarang membuat musik tidak perlu bersusah payah menggunakan berbagai macam alat- alat musik, karena dengan FL Studio kita bisa menciptakan beragam musik dengan kombinasi alat musik yang terdapat pada software tersebut.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Lagi-lagi, teknologi semakin maju banyak pula kemudahan yang akan diberikan dengan banyaknya kemajuan dalam bidang teknolgi tersebut. Tidak ketingaalan dalam bidang musik dan audio. Jika kalian tahu, dulu membuat musik tentunya harus secara langsung menggunakan atau memainkan alat-alat musik seperti gitar, piano, atau drum. Namun tentunya hal tersebut tidaklah mudah dan murah. Bayangkan saja jika kita harus membeli atau menyewa alat-alat musik tersebut, bukan hanya satu tapi bisa lebih dari satu. Hal tersebut tentunya bisa menguras kantong kita, apalagi jika produksi tersebut untuk skala ke bawah.

"black and white Akai MPK mini launch pad" Photo by Cedrik Malabanan on Unsplash

Bagaimana dengansaat ini? Seperti yang kita tahu, sudah banyak teknologi maju saat ini, salah satunya untuk kebutuhan produksi musik dan audio. Kemudahan-kemudahan itu terealisasi melalui berbagai macam software atau aplikasi yang memudahkan kita dalam melakukan proses produksi. Salah satunya adalah aplikasi FL Studio yang bisda mempermudah kita dalam pembuatan musik digital dengan mudah dan prakti tanpa memikirkan adanya alat-alat musik 'asli' yang harus digunakan.

Apa itu  FL Studio?

Gambar : www.image-line.com/flstudio/

FL Studio atau yang dulunya di kenal dengan nama FruityLoop Studio sebelum akhirnya mereka resmi mengganti namanya menjadi FL Studio, merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk menyusun, mengedit, merekam, dan membuat audio musik berkualitas profesional. Aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaan asal Belgia bernama Image-Line. FL Studio merupakan aplikasi 'komplit, untuk memproduksi musik atau audio. Aplikasi ini adalah salah satu DAW yang paling populer di dunia dan digunakan oleh seniman-seniman kreatif untuk memproduksi musik.

Mengapa aplikasi ini bisa menjadi salah satu DAW paling populer? Tidak lain dan tidak bukan adalah karena efek-efek dan kelengkapan fitur pada aplikasi ini. Salah satunya adalah kemudahan bagi kita untuk membuat musik tanpa menggunakan alat-alat musik asli. FL Studio sudah dilengkapi dengan banyak plugin untuk masing-masing alat musik yang kita butuhkan. Kita bisa install dan gunakan alat-alat musik tersebut sesuai dengan kebutuhan.

Gambar : www.image-line.com/flstudio/

Selain itu FL Studio juga bisa menjadi alternatif pilihan bagi kalian yang ingin membuat musik namun tidak bisa bermain alat musik tertentu. Hal ini bisa menjadi sebuah kemudahan bagi kita dan menjadi solusi ditengah-tengah era yang serba cepat ini. Selain itu juga utnuk mengurangi budget yang harus dikeluarkan saat proses produksi musik berlangsung. Kita tidak perlu menyiapkan alat-alat musik yang notabene harganya bisa terbilang mahal. Meski aplikasi ini berbayar namun tidak sebesar budget yang harus kit akeluarkan untuk membeli alat-alat musik tersebut.


Fitur-Fitur FL Studio

Sesuai dengan filosofi dari aplikasi ini, beberapa fiturnya pun disesuiakan dengan filosofi yang dianutnya. Apa saja sih fitur yang ada pada aplikasi ini sehingga bisa membuatnya jadi salah satu aplikasi DAW terpopuler saat ini? 

1. Track Mixer

Kita dapat mengaransemen musik sesuai dengan keinginan kita. Memasukkan instrumen apapun ke dalam track mixer kita dan mengolahnya menjadi sebuah musik yang kita inginkan. Tiap track mixer dapat menerima audio dari sejumlah instrumen, track mixer lainnya dan input soundcard. Track mixer juga dapat mengirimkan audio kesejumlah track mixer lainya dan output soundtrack.

Gambar : www.image-line.com/flstudio/

2. Workspace

Pilih alur kerjamu sendiri, susun dengan menggunakan sequencer atau piano roll.  Kita bisa atur dalam mode pola atau track, kemudain mengaturnya bebas di 'pallete' Playlist secara bebas. Dalam workspace ini juga terdapat playlist yang menyajikan timeline sebagai kanvas virtual yang dapat menahan secara bersamaan sejumlah nilai audio dan otomatisasi. Instrument yang di sajikan dalam aplikasi ini mencakup lebih dari 30 software synthesizer yang meliputi bass akustik / sintetis, gitar listrik, alat multi-sampler termasuk piano dan string, general sample playback dan potongan beat.

3. Teknik Sintetis

Pada bagian ini mecakup span substraktif, pemodelan, FM, RM, granular dan aditif. Dengan adanya penambahan FL Synthmaker kita dapat membuat efek dan panel krontrol MIDI tanpa perlu menulis kode dasar, membuat dan berbagi instrumen FL Studio kita sendiri.

4. Standar Plugin

Aplikasi FL Studio mendukung semua standar industri PC plugin intrumen termasuk VSTi, DXi, Buzz dan ReWire. Ini berarti kita dapat mengurutkan plugin dan aplikasi favorit yang sering kita gunakan saat menggunakan FL Studio. Untuk membuat musik dengan berbagai alat musik yang kompleks, tidak perlu khawatir karena pada FL Studio terdapat plugin yang bisa kalian gunakan untuk membuat suara dari alat musik tersebut. Ada kurang lebih 36 plugin yang dapat kalian gunakan sesuai dengan kebutuhan dan device yang digunakan. Plugin pada FL Studio selain dapat memberikan efek, synths, dan tool.

Gambar : www.image-line.com/flstudio/

5. Audio Recording dan Editing Multi channel Input

Aplikasi FL Studio memiliki kemampuan untuk menangkap semua masukkan secara bersamaan pada audio interface kita. FL Studio juga memiliki fleksibilitas untuk merekam vokal tunggal, gitar atau orkes simfoni secara penuh.

6. Atur Audio

Dalam apliaksi ini kita dapat mengatur audio dengan kebebasan secara penuh di dalam Playlist kita. Fitur dalam aplikasi ini juga mencakup kemampuan dalam hal jumlah rekaman audio yang tidak terbatas, time-stretching, pergantian pitch, beat-cutting, mengedit dan mengatur kembali audio hanya dengan beberapa kali klik.


Baca artikel lainnya : 5 Tools Open Source Untuk Audio Visual Terbaik (100% Free)


7. Edison

Pada apliaksi FL Studio ini dilengkapi dengan Edison utnuk meningkatkan kemampuan editor gelombang rekaman. Edison adalah editing audio dan alat rekam dengan analisis spektral, reverb konvolusi, reduksi kebisingan, loop-recording, alat penyusunan loop, dan lain-lain. FL Studio  sebagai aplikasi editing audio dan musik mendukung sejumlah jenis audio seperti WAV, MP3, WavPack, OGG, AIFF, format audio REX dan masih banyak lagi.

8. Pola dan Urutan lagu

FL Studio dapat berfungsi sebagai pola track lagu berbasis sequencer. Pola Reuse dapat digunakan sebagai klip di playlist atau merekam lagu panjang sesuai yang diinginkan. Selain itu pada bagian playlist juga dapat diekspor secara berurutan menjadikan setiap trek daftar putar menjadi file audio. Kita juga bisa mengkesport efek trek dengan memilih 'Aktifkan efek utama'.

9. Step-sequencer atau Piano Roll

Ini adalah salah satu fitur legendaris yang ada di dalam aplikasi ini. Pianor roll dalam aplikasi ini merupakan salah satu yang paling maju diantara aplikasi sejenis lainnya. Pada FL Studio mendukung input MIDI, kompatibilitas controller standar dan kemampuan untuk mengendalikan saluran secara bersamaan dengan beberapa instrumen pengendali terpisah.

Gambar : www.image-line.com/flstudio/

10. Mixing dan Mastering

Dalam apliaksi FL Studio ini menyediakan semua alat yang dibutuhkan untuk menghasikan mausik dan audio dengan standar profesional. Mecakup lebih dari 100 mixer lagu stereo dengan presisi, kontrol dan flesibilitas yang luar biasa. Pada Tack mixer dapat ditambahkan hingga 8 efek  yang saling  bertautan. Pada track ini dapat menciptakan sub-mix dari kompleksitas yang hampir tak terbatas, setiap trek dapat dialihkan ke setiap track mixer yang lainnya.

11. Efek

FL Studio memiliki banyak sekali efek yang bisa digunakan untuk membuat musik, lebih dari 40 efek diantaranya rentangan maksimalisasi, emmbatasi, delay, kompresi, distorsi, perimbangan, penyaringa, flanging, chorus, vocoding, dan reverb.


Kelebihan FL Studio

Aplikasi yang awalnya hanya berupa aplikasi drum midi sederhana ini kemudian perlahan-lahan tumbuh menjadi aplikasi studio virtual berfitur lengkap yang digunakan oleh banyak musisi saat ini. FL Studio melalui perkembangannya saat ini seringkali diaplikasikan utnuk membuat musik-musik bernuansa Hip Hop dan RNB. Sering digunakan oleh banyak musisi di dunia dan menjadi salah satu aplikasi studio vortual yang populer, inilah kelebihan yang dimiliki oleh FL Studio.

1. Antarmuka responsive

 FL Studio memiliki antarmuka atau user interface yang sangat responsive dan terorganisir. Bagi kalian yang baru saja mencoba aplikasi ini akan dengan cepat mengetahui tata letak di dalam aplikasi tersebut. Selain itu tampilan dalam aplikasi sudah didesain secara minimalis dengan background gelap dengan bagian-bagian track yang tersusun rapi.

Untuk workspace pada FL Studio berupa sequancer dan piano roll yang tersusun dengan desain flat yang minimalis. Tidak perlu khawatir jika kamu bingung dalam menggunakan aplikasi ini, kamu bisa gunakan fitur Menu 'Help' untuk mempermudah pencarian.

2. Banyak pilihan plugin

Gambar : www.image-line.com/flstudio/

FL Studio memiliki banyak pilihan plugin yang bisa kalian gunakan untuk mengaransemen dan menambahkan efek pada musik yang kalian buat. Tersedia setidaknya lebih dari 80 plugin yang berbeda fungsi dan genre musik pada masing-masing. Plugin yang tersedia bisa kalian gunakan secara gratis atau berbayar sesuai dengan pilihan yang kalian pilih.

3. Mendukung multi MIDI-in

Salah satu kelebihan dari FL Studio ini adalah aplikasi ini sudah mensupport untuk multi MIDI-in. Dengan adanya multi NIUDI tersebut kita dapat menyimpan musik atapun audio yang kita buat kedalam beberapa format seperti WAV, MIDI, dan AAC serta bisa menyimpannya di Dropbox atau e-mail yang ditautkan. 

Selain itu FL Studio juga dapat mendukung instrumen tambahan dengan midi-in dan pedal kaki. Bahkan mixer FL Studio memiliki jumlah preset yang dapat memutar lagu dengan tingkat presisi yang tinggi.

4. Fleksibel editing 

Gambar : www.image-line.com/flstudio/

Pada FL Studio kita dapat melakukan editing musik ataupun audio secara fleksibel atau sesuka kita. Dengan adanya pilihan plugin dan dukungan mixer yang dengan preset yang memungkinkan kita untuk melakukan editing atau aransemen musik sesuka kita dengan menambah atau mengurangi track dan playlist yang kita gunakan. Serta dukungan fitur alat musik seperti gitar, piano dan drum pada FL Studio akan lebih mempermudah kita untuk melakukan editing musik dan audio.

FL Studio bisa kalian jadikan salah satu alternatif aplikasi yang bisa kalian gunakan untuk membuat musik dengan mudah dan praktis tanpa menggunakan alat musik 'real' dan tentunya akan mengurangi budget kalian dalam pembuatan musik. Bagi kalian yang ingin mempelajari FL Studio lebih dalam dari dasar hingga menghasilkan musik yang bisa kalian nikmati, coba ikutan program kelas 'Pembuatan Musik Digital Dengan Menggunakan FL Studio'.

 


Sumber :

 

Baca juga artikel menarik lainnya :

 

 

 

Hidupmu bahagia kalau pernah main game papan ini! Main game ULAR TANGGA sekarang bisa lewat HP dan bisa main rame-rame.


Febriani Sari

Febriani Sari

Kamis, 9 Januari 2020