BERITA TEKNOLOGI 10 Tips Belajar Coding dan Pemrograman Otodidak

10 Tips Belajar Coding dan Pemrograman Otodidak

Oleh Rifka Amalia | Selasa, 15 Agustus 2023

10 Tips Belajar Coding dan Pemrograman Otodidak

Punya ketertarikan belajar pemrograman? Ikuti 10 tips belajar coding otodidak berikut ini. Langkah-langkah ini akan memberimu gambaran mengenai bagaimana belajar coding sendirian pertama kali.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Belajar coding dan pemrograman di era digital yang semakin maju, akan sangat berguna untuk kemajuan industri. Kemampuan ini tidak hanya relevan bagi para developer profesional, tetapi juga bagi individu dari berbagai bidang yang ingin mengembangkan keterampilan baru atau bahkan menciptakan solusi teknologi sendiri.

Salah satu pendekatan yang populer dan efektif adalah belajar coding secara otodidak. Kamu bisa memperhatikan tips berikut ini untuk memulai belajar coding secara otodidak.

1. Menetapkan Tujuan

Saat memulai belajar sesuatu, sebaiknya kamu menetapkan tujuan yang jelas. Apakah kamu ingin mengembangkan situs web, aplikasi mobile, atau perangkat lunak? Hal ini akan mendorongmu untuk bekerja keras dalam proses belajar coding meskipun dengan cara otodidak.

Seiring berjalannya proses, tujuan seseorang dalam belajar mungkin akan berubah atau bercabang. Namun, hal itu tidak masalah. Terpenting, kamu tetap memiliki arah yang ingin dicapai dalam proses tersebut.

2. Kuasai Bahasa Inggris

Meski sepertinya tidak berhubungan dengan pemrograman, tapi tips ini sangat berguna. Pasalnya, dokumentasi tools dan framework bahasa pemrograman banyak ditulis dalam Bahasa Inggris.

Menguasai bahasanya tentu akan memberikan kemudahan dalam proses belajar coding dan pemrograman. Selain itu, tutorial pemrograman lebih banyak ditulis dalam Bahasa Inggris. Hal ini akan semakin memudahkanmu dalam proses belajar coding otodidak.

Tips Belajar Coding Otodidak - GAMELAB.ID

3. Pahami Dasar-Dasar Pemrograman

Banyak orang menyerah saat mempelajari coding karena tidak memiliki akarnya, karenanya belajarlah dasar-dasar pemrograman. Beberapa fundamental pemrograman yang perlu kamu tahu antara lain tipe data, struktur data, variabel, sintaksis, tools, dan lainnya. Kamu bisa memanfaatkan sumber-sumber online seperti Codecademy, freeCodeCamp, atau Khan Academy yang menawarkan tutorial dasar gratis.

4. Belajar Algoritma Dasar

Algoritma adalah urutan instruksi yang menguraikan langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah. Memahami algoritma adalah inti dari pemrograman. Mulailah dengan mempelajari algoritma dasar seperti sorting dan searching.

Ini akan membantumu mengembangkan pola pikir dalam memecahkan masalah dengan efisien. Mempelajari algoritma dasar juga akan memudahkan langkah selanjutnya saat mengimplementasikannya ke dalam bahasa pemrograman.

5. Fokus pada Satu Bahasa

Saat mempelajari coding pertama kali, akan lebih baik untuk fokus pada satu bahasa pemrograman terlebih dulu. Setelah sebelumnya menetapkan tujuan, kamu bisa memilih bahasa pemrograman yang paling sesuai untuk tujuan tersebut.

Beberapa bahasa pemrograman yang bisa kamu pelajari antara lain Python, JavaScript, Ruby, Java, dan masih banyak lagi. Setiap bahasa memiliki sintaksis dan aturan uniknya. Jika kamu sudah menguasai satu bahasa, akan lebih mudah untuk memahami bahasa-bahasa lainnya.

6. Konsisten dan Jadwalkan Latihan

Saat mempelajari sesuatu, apa pun itu, konsistensi adalah kunci untuk meraih tujuan yang diinginkan. Sama halnya saat belajar coding otodidak. Tetapkan jadwal belajar harian atau mingguan, dan patuhi komitmennya. Bahkan jika kamu hanya memiliki sedikit waktu luang setiap hari, tetap lungkan lah waktu untuk belajar coding.

7. Praktik/Learning by Doing

Belajar coding tidak hanya tentang membaca atau menonton video. Kamu harus benar-benar melibatkan diri dengan praktik. Buatlah proyek-proyek kecil yang menerapkan konsep-konsep pemrograman yang kamu pelajari. Learning by Doing alias belajar dengan cara praktik akan membantumu memahami lebih dalam tentang konsep coding dan pemrograman.

8. Analisis dan Evaluasi

Setelah menyelesaikan proyek atau latihan yang kamu buat, luangkan waktu untuk menganalisis dan mengevaluasi proyek tersebut. Apa yang berhasil? Di mana kamu mengalami kesulitan? Pastikan menganalisis hal-hal tersebut, sehingga kamu bisa belajar dari pengalaman dan semakin meningkatkan kualitas kode yang kamu buat.

9. Cari Teman Seperjuangan

Belajar akan lebih mudah saat memiliki teman sharing. Carilah teman yang juga tertarik untuk belajar coding, sehingga kalian bisa saling mendukung, memberikan solusi, dan memecahkan masalah satu sama lain.

Teman seperjuangan juga bisa kamu cari dengan cara bergabung di komunitas pemrograman online. Cobalah untuk bergabung di komunitas yang memfokuskan pada bahasa yang kamu pelajari. Di sana, kamu bisa berdiskusi, bertanya, dan berbagi pengalaman dengan pengembang lainnya.

10. Mengikuti Bimbingan/Pelatihan

Meskipun belajar otodidak, tidak ada salahnya mengikuti bimbingan atau pelatihan jika kamu merasa membutuhkan bantuan dari profesional. Pelatihan online atau offline akan memberikan pemahaman yang lebih kompleks tentang coding dan pemrograman.

Tips Belajar Coding Otodidak - GAMELAB.ID

Baca Juga : Mau Bisnis Laku? Analisis SWOT Dulu, Baru Deh Buka Gerai!

Penutup

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk belajar coding secara otodidak. Jika kamu memiliki minat di bidang ini, proses belajarnya pun akan terasa menarik dan bahkan menyenangkan.

Beberapa pendiri perusahaan raksasa bidang teknologi seperti Bill Gates, Elon Musk, dan Mark Zuckerberg pun memulai belajar pemrograman secara otodidak. Meski demikian, seorang Bill Gates pun pada akhirnya mengambil kursus komputer untuk semakin mengukuhkan keterampilannya.

Kamu pun bisa meningkatkan skill pemrograman dengan cara mengikuti kelas koding di GAMELAB.ID. Yuk, saatnya menggali potensi semakin dalam di bidang pemrograman. Silahkan mendaftar melalui link ini ya.


Rifka Amalia

Rifka Amalia

Selasa, 15 Agustus 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI