BERITA PRAKERJA Insentif Prakerja 2023 Kapan Cair? Simak Penjelasannya

Insentif Prakerja 2023 Kapan Cair? Simak Penjelasannya

Oleh Rifka Amalia | Selasa, 29 Agustus 2023

Insentif Prakerja 2023 Kapan Cair? Simak Penjelasannya

Insentif prakerja 2023 kapan cair? Simak penjelasan pencairan insentif kartu prakerja 2023. Ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum saldo masuk rekening.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Peserta penerima kartu prakerja kerap menanyakan kapan insentif prakerja 2023 bisa dicairkan. Saat ini, pendaftaran prakerja gelombang 60 telah ditutup pada 28 Agustus 2023 pukul 23.59 WIB. Peserta yang tertinggal dan belum beruntung pada gelombang 60 bisa menunggu untuk pembukaan pendaftaran gelombang prakerja selanjutnya.

Siapa Penerima Insentif Prakerja 2023?

Jika sebelumnya kartu prakerja dijalankan dengan skema bantuan sosial, maka kini program tersebut telah berjalan dengan skema normal, yang mana pemberian insentif difokuskan untuk meningkatkan keterampilan peserta. Lalu, siapa yang berhak menerima insentif prakerja 2023?

Mereka yang boleh menerimanya adalah yang sudah lolos seleksi dan sah menjadi penerima kartu prakerja. Meski demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum dapat mencairkan insentif prakerja 2023.

Insentif Prakerja 2023 - GAMELAB.ID

Kapan Insentif Prakerja 2023 Cair?

Insentif prakerja baru bisa cair jika kamu telah memenuhi beberapa persayaratan, salah satunya yakni dengan menautkan rekening bank atau e-wallet (dompet digital) ke akun kartu prakerja.

Hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum menyambungkan rekening atau e-wallet ke akun prakerja adalah:

  • Pastikan rekening/dompet digital milikmu aktif.
  • Pastikan rekening tersebut dalam mata uang Rupiah.
  • Pastikan nama yang terdaftar pada rekening bank atau dompet digital sesuai dengan nama kamu di Kartu Tanda Penduduk (KTP), juga sesuai dengan akun prakerja yang didaftarkan.
  • E-wallet yang bisa digunakan yakni GoPay, OVO, DANA, LinkAja.
  • Bank yang bisa digunakan yakni Bank Negara Indonesia (BNI) dan Bank Central Asia (BCA).
  • Pastikan nomor handphone yang kamu daftarkan di akun prakerja juga terdaftar di rekening atau dompet digital.
  • Jika menggunakan dompet digital, pastikan e-wallet berstatus Premium.
  • Jika belum premium, lakukan upgrade dengan melakukan verifikasi KTP dan mengirimkan swafoto.

Setelah memperhatikan hal-hal tersebut, silahkan menyambungkan rekening bank atau dompet digital ke akun prakerja milikmu. Untuk menghubungkannya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah ini:

  • Kunjungi situs resmi prakerja.go.id
  • Silahkan login ke akun prakerja yang sudah terdaftar.
  • Tonton 3 video tentang Kartu Prakerja di halaman beranda.
  • Setelahnya, hubungkan rekening bank atau e-wallet dengan klik 'Sambungkan Sekarang'.
  • Pilih salah satu antara rekening atau e-wallet.
  • Klik sambungkan.
  • Konfirmasi data keuangan, dan 'Sambungkan'.
  • Layar akan menampilkan konfirmasi data. Lakukan pengecekan, lalu klik 'Ya, Sambungkan', jika sudah yakin.
  • Jika menggunakan e-wallet, kamu harus memasukkan kode OTP, lalu ketik kode keamanan.
  • Yey! Akun prakerja telah terhubung dengan rekening atau e-wallet.

Pencairan insentif prakerja 2023 memakan waktu sekitar 3-5 hari kerja sejak jadwal muncul di dashbord akun prakerjamu. Jika lebih dari 5 hari dan uang belum dikirim, kamu bisa melaporkannya di sini.

Total Insentif Prakerja 2023

Besaran insentif kartu prakerja 2023 mencapai Rp4,2 juta. Total ini naik dari bantuan sebelumnya yang bernilai Rp3,55 juta. Adapun insentif prakerja Rp4,2 juta terdiri dari beberapa kebutuhan, yakni biaya pelatihan prakerja senilai Rp3,5 juta, insentif usai pelatihan senilai Rp600 ribu, dan insentif pengisian survei senilai Rp100 ribu.

Sebagai penerima manfaat prakerja, kamu bisa memanfaatkan saldo Rp3,5 juta untuk membeli pelatihan yang sesuai dengan minat dan keterampilan yang ingin dikembangkan. Pelatihan prakerja tersebut dapat dibeli di beberapa platform digital seperti Tokopedia, Bukalapak, Pijar Mahir, Pintar, SIAPKerja, dan Kariermu.

Peserta juga bisa menghabiskan saldo tersebut untuk mengambil pelatihan sebanyak-banyaknya. Perlu diingat, saldo pelatihan yang tersisa tidak bisa diuangkan. Saldo itu nantinya akan ditarik kembali di akhir tahun.

Saldo yang bisa ditarik adalah insentif pelatihan Rp600 ribu dan insentif pengisian survei Rp100 ribu. Insentif pelatihan Rp600 ribu bisa dicairkan setelah peserta mengikuti pelatihan pertama. Sedangkan saldo Rp100 ribu bisa dicairkan usai peserta melakukan pengisian survei di dashbord akun prakerja.

Insentif Prakerja 2023 - GAMELAB.ID

Baca Juga : Beberapa Faktor Kamu Tidak Lolos Prakerja Gelombang 67, Berikut Jawaban Lengkapnya!

Penutup

Jika kamu merupakan satu di antara penerima manfaat kartu prakerja, kamu bisa memanfaatkan saldo prakerja untuk mengikuti pelatihan-pelatihan prakerja bidang teknologi, desain kreatif/multimedia, dan bisnis pemasaran di GAMELAB.

 

Pemasaran Instagram

Desain Grafis

Google Slide

 

Kelas yang bisa kamu ikuti di antaranya yakni kelas Mengoperasikan CorelDRAW untuk Menjadi Designer Grafis, Memasarkan Produk dan Jasa Melalui Instagram, dan kelas Membuat Slides Interaktif Menggunakan Google Slides. Yuk, daftar kelasnya sekarang. Silahkan hubungi link ini untuk kelanjutan informasi selengkapnya ya.


Rifka Amalia

Rifka Amalia

Selasa, 29 Agustus 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI