BERITA PRAKERJA Tembus Rp4,2 Juta, Begini Cara Mencairkan Insentif Prakerja 2023

Tembus Rp4,2 Juta, Begini Cara Mencairkan Insentif Prakerja 2023

Oleh Rifka Amalia | Rabu, 26 Juli 2023

Tembus Rp4,2 Juta, Begini Cara Mencairkan Insentif Prakerja 2023

Inilah cara mencairkan insentif prakerja 2023. Besaran insentif prakerja mencapai Rp4,2 juta. Kamu bisa mencairkannya melalui rekening bank atau dompet digital alias e-wallet yang bekerja sama dengan prakerja.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Apakah kamu masih kebingungan dengan cara mencairkan insentif prakerja 2023? Setiap penerima kartu prakerja diketahui berhak mendapatkan insentif setotal Rp4,2 juta. Namun, masih banyak yang bingung, bagaimana cara mencairkannya?

Adapun pemerintah segera membuka pendaftaran kartu prakerja gelombang 58 yang diperkirakan akan diumumkan dalam waktu dekat. Program pemerintah ini diketahui dibuka pertama kali pada tahun 2020 di tengah gempuran pandemi Covid-19.

Artikel ini akan mengulas mengenai program prakerja, cara mendaftar, rincian insentif, hingga cara mencairkan insentif prakerja.

Tentang Kartu Prakerja

Program kartu prakerja diketahui telah berjalan selama lebih dari 3 tahun lamanya. Pendaftarannya pertama kali dibuka pada 11 April 2020. Ini juga merupakan bagian dari janji kampanye Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Pilpres 2019 yang sempat mengatakan akan memberikan insentif dan pelatihan gratis kepada pengangguran.

Pada saat Covid-19 merebak di seluruh penjuru dunia, banyak perusahaan melakukan pemutusan hubungan kerja terhadap para karyawannya. Otomatis, hal itu membuat jumlah pengangguran di Indonesia meningkat drastis. Program kartu prakerja diharapkan membantu mengurangi angka pengangguran sekaligus menekan dampak merosotnya ekonomi negara akibat pandemi virus corona.

Melalui laman resmi prakerja.go.id, dijelaskan bahwa program kartu prakerja merupakan program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja atau buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja/buruh yang sedang membutuhkan peningkatan kompetensi. Pekerja atau buruh yang dimaksud juga termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

Program ini bisa diikuti oleh siapapun pencari kerja dengan syarat spesifiknya yakni warga negara Indonesia (WNI) usia minimal 18 tahun dan maksimal 64 tahun, serta tidak sedang mengikuti pendidikan formal.

Meski demikian, ada pula WNI yang tidak bisa mendaftar dan menerima manfaat program prakerja. Mereka adalah para pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, aparatus sipil negara (ASN), prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI), anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), kepala desa dan perangkat desa, serta mereka yang duduk di jajaran direksi, komisaris, dan dewan pengawas di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Bukan itu saja, dalam satu kartu keluarga (KK), hanya dua Nomor Induk Keluarga (NIK) yang boleh menerima manfaat kartu prakerja. Dalam artian, maksimal 2 orang dalam satu KK boleh mendaftar program ini.

Cara Mencairkan Insentif Prakerja - GAMELAB.ID

Cara Daftar Kartu Prakerja

Ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan untuk mendaftarkan diri ke program prakerja.

  • Pertama, kamu perlu masuk terlebih dulu ke laman resmi prakerja.go.id.
  • Lakukan pendaftaran dengan membuat akun terlebih dulu.
  • Kamu bisa memasukkan alamat emal dan password, lalu lakukan verifikasi kartu identitas (KTP) dan kartu keluarga (KK) dengan memasukkan 16 digit NIK, 16 digit KK, dan tanggal lahirmu.
  • Lanjutkan dengan mengisi data diri. Lalu, unggah foto e-KTP milikmu.
  • Jika sudah, lakukan scan wajah dengan mengedipkan mata.
  • Kamu juga akan diminta untuk menjawab pertanyaan tentang alasan mengikuti program kartu prakerja.
  • Lanjutkan dengan mengisi pertanyaan mengenai pelatihan yang diminati, serta keterampilan yang dimiliki.
  • Jika sudah, verifikasi nomor HP yang kamu gunakan atau nomor HP yang masih aktif. Kamu juga akan diminta untuk melakukan verifikasi melalui email.
  • Isilah pernyataan pendaftar sesuai dengan kondisimu.
  • Untuk mendaftar program prakerja, kamu harus mengikuti tes kemampuan dasar (TKD). Silahkan tunggu pembukaan gelombang pendaftaran prakerja, lalu klik "Gabung Gelombang".
  • Proses evaluasi akan dilakukan dan pengumuman kelulusan juga akan disampaikan kepadamu.

Insentif Kartu Prakerja

Siapa yang Mendapat Insentif Kartu Prakerja?

Insentif prakerja akan diberikan kepada peserta kartu prakerja yang telah menyelesaikan pelatihan pertama. Untuk mendapatkannya, kamu perlu mengisi rating dan ulasan pelatihan. Jangan lupa untuk menyambungkan rekening bank atau e-money yang akan digunakan untuk mencarikan insentif kartu prakerja.

Jenis Insentif Prakerja

Ada dua jenis insentif prakerja, yakni insentif biaya mencari kerja dan insentif pengisian survei evaluasi.

Insentif Biaya Mencari Kerja

Insentif ini akan kamu dapatkan jika sudah dinyatakan lolos program kartu prakerja. Syaratnya, kamu harus terlebih dulu menyelesaikan pelatihan. Selesainya pelatihan ini harus disertai dengan adanya sertifikat.

Lanjutkan dengan memberikan ulasan dan penilaian pelatihan melalui dashbooard. Apabila kamu mengikuti lebih dari satu pelatihan, insentif prakerja tetap hanya akan diberikan usai merampungkan pelatihan pertama. Perlu diingat, tidak ada insentif untuk pelatihan kedua, ketiga, dan selanjutnya.

Kamu juga perlu menyambungkan rekening bank atau e-money yang akan digunakan untuk mencairkan insentif prakerja. Pastikan NIK di rekening bank atau e-money tersebut sama dengan NIK yang kamu daftarkan dengan program prakerja.

Insentif Survei Evaluasi

Insentif lain dalma program prakerja yakni insentif pengisian survei evaluasi. Kamu bisa mendapatkannya jika telah melakukan pengisian survei evaluasi di dashboard akun prakerjamu. Pengisian suvei ini sangat penting guna evaluasi efektivitas program kartu prakerja.

Rincian Insentif Kartu Prakerja

Penerima manfaat kartu prakerja di tahun 2023 akan memperoleh besaran insentif total Rp4,2 juta. Rinciannya yakni biaya pelatihan sebesar Rp3,5 juta, insentif usai melakukan pelatihan sebesar Rp600 ribu yang hanya diberikan satu kali saja setelah pelatihan pertama, lalu insentif pengisian survei sebesar Rp100 ribu. Sebagai informasi, jika belum sah menjadi penerima kartu prakerja, maka kamu tidak bisa mendapatkan insentif.

Cara Mencairkan Insentif Prakerja - GAMELAB.ID

Cara Mencairkan Insentif Kartu Prakerja

Untuk mencairkan insentif program kartu prakerja, kamu bisa memilih 2 cara, yakni menggunakan rekening bank atau e-wallet alias dompet digital yang terdaftar dengan identitas kamu.

Sementara itu, e-wallet yang bisa digunakan untuk pencairan insentif prakerja antara lain menggunakan LinkAja, Gopay, DANA, atau OVO. Dompet digital juga harus menggunakan nomor HP yang sama yang teregistrasi di kartu pekerja. Pastikan pula e-wallet terverifikasi dengan KTP dan foto diri.

Adapun kamu perlu menautkan terlebih dulu rekening atau e-wallet yang akan kamu gunakan ke akun kartu prakerja. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka laman resmi prakerja.go.id
  • Login ke akun kartu prakerja yang sebelumnya sudah dibuat
  • Buka dashboard akun kamu
  • Masuk ke dashboard dan klik menu rekening/e-wallet
  • Pilih jenis e-wallet yang akan kamu gunakan untuk mencairkan insentif prakerja
  • Jika memilih rekening, maka klik bagian "rekening"
  • Pilih sambungkan
  • Masukkan data rekening lalu konfirmasi
  • Jika memilih e-wallet, pastikan nomor HP memiliki KYC yang sudah diperbarui atau e-wallet premium.
  • Masukkan nomor HP yang terdaftar di e-wallet, kamu akan memperoleh kode OTP lewat SMS
  • Isi nomor OTP, lalu isi security code akun e-wallet
  • Klik sambungkan

Dengan menautkan rekening bank atau e-wallet ke akun kartu prakerja milikmu, kamu bisa mencairkan insentif program kartu prakerja. Pencairan insentif ini memakan waktu sekira 3 sampai 5 hari kerja sejak tanggal penjadwalan insentif muncul di dashboard akun kartu prakerja milikmu. Apabila setelah lebih dari 5 hari kamu masih belum bisa mencairkan insentif prakerja, sampaikan keluhanmu di sini.

Cara Mencairkan Insentif Prakerja - GAMELAB.ID

Baca Juga : Jadi Desainer Poster Dadakan? Tips Membuat Desain Poster yang Memukau dalam Sekejap!

Penutup

Itulah cara mencairkan insentif kartu prakerja. Biasanya, jika proses pencairannya gagal, maka kamu belum memenuhi syarat yang ditentukan. Oleh karenanya penting untuk memperhatikan syarat-syarat dari pihak kartu prakerja, penyedia e-wallet, hingga penyedia pelatihan.

Program prakerja telah terbukti memberikan manfaat positif. Tak sedikit cerita sukses dari penerima prakerja yang kini berhasil mengembangkan karirnya. Di tengah persaingan dunia kerja yang semakin intens, kompetensi sangat diperlukan untuk mencari kerja. Insentif biaya pelatihan yang diberikan program kartu prakerja sebaiknya kamu manfaatkan dengan baik dan bijak.

Disarankan, kamu memilih jenis pelatihan prakerja yang memang sesuai dengan minat yang akan menunjang karirmu. Jika kamu sedang tertarik dengan bidang teknologi informasi dan ingin bekerja di sektor tersebut, maka carilah pelatihan prakerja yang mempelajari soal koding, pemrograman, dan sejenisnya.

Begitu pula jika kamu tertarik dengan bidang kreatif dan multimedia, maka sebaiknya kamu memilih pelatihan prakerja yang relevan. Tentu saja, kelas kartu prakerja bisa kamu ikuti di GAMELAB.ID. Ada berbagai bidang di kelas prakerja GAMELAB.ID yang bisa kamu ambil, di antaranya bidang IT, data, coding, bisnis dan administrasi, kreatif, desain, multimedia, serta lainnya. Yuk, daftarkan dirimu sekarang. Tanyakan informasi yang belum kamu pahami dengan menghubungi kami.


Rifka Amalia

Rifka Amalia

Rabu, 26 Juli 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI