BERITA PRESS RELEASE Cetak Lulusan Kompeten: Kerja Sama SMK Binaan Gamelab dan SMKN 7 Batam

Cetak Lulusan Kompeten: Kerja Sama SMK Binaan Gamelab dan SMKN 7 Batam

Oleh Rifka Amalia | Selasa, 12 September 2023

Cetak Lulusan Kompeten: Kerja Sama SMK Binaan Gamelab dan SMKN 7 Batam

Gamelab Indonesia (Gamelab.ID) resmi menjalin kerja sama SMK Binaan dengan SMKN 7 Batam, Riau. Ini adalah upaya untuk mewujudkan lulusan berdaya saing.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Gamelab Indonesia (Gamelab) meresmikan kerja sama dengan SMKN 7 Batam dalam program SMK Binaan sebagai bagian dari kontribusi nyata dalam upaya mencetak lulusan pendidikan vokasi yang kompeten dan berdaya saing. Siswa yang terlibat dalam program ini merupakan jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) dengan kompetensi Animasi 3D.

Tingkat Pengangguran Lulusan SMK

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) diketahui memiliki visi menciptakan lulusan yang mampu bersaing di pasar global. Namun, hingga tahun 2023, survei Badan Pusat Statistik (BPS) masih menujukkan dominasi SMK sebagai lulusan yang paling banyak menyumbang Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT).

Berdasarkan survei yang dirilis pada Februari 2023, TPT menunjukkan sebanyak 9,60% lulusan SMK tidak terserap oleh pasar kerja. Data ini kembali memperlihatkan bahwa TPT lulusan SMK masih paling tinggi dibanding lulusan jenjang pendidikan lainnya.

Hal ini tentu harus menjadi sebuah fokus yang dicari solusinya, mengingat SMK merupakan pendidikan yang memiliki tujuan membentuk lulusan siap kerja. Oleh karenanya, Gamelab berkomitmen untuk turut serta membantu pendidikan vokasi dengan cara menjadi mitra industri yang siap menggodok keterampilan siswa SMK.

Kesempatan menjadikan Gamelab sebagai mitra untuk percepatan kompetensi siswa salah satunya dipercayakan oleh SMKN 7 Batam, yang telah resmi bekerja sama dengan Gamelab dalam program SMK Binaan.

Kerja Sama SMK Binaan SMKN 7 Batam dan Gamelab

SMK Binaan adalah salah satu upaya yang dilakukan SMK untuk mencetak alumni yang tak cuma siap kerja, tetapi juga kompeten, terampil, dan mampu bersaing di pasar kerja. Dalam program ini, setiap sekolah dibebaskan untuk menentukan sendiri rekanan industrinya. SMKN 7 Batam memilih Gamelab sebagai rekan industri jurusan DKV bidang kompetensi Animator 3D.

Adapun penandatanganan perjanjian kerja sama antara Gamelab dan SMKN 7 Batam diresmikan pada bulan Agustus 2023 secara virtual. Peresmian itu turut mengulas dan mendiskusikan terkait tata laksana SMK Binaan antara kedua belah pihak. Keseluruhan agenda tersebut berjalan dengan lancar.

SMK Binaan SMKN 7 Batam - GAMELAB

SMK Binaan Gamelab

Gamelab sebagai perusahaan di bawah PT Educa Sisfomedia Indonesia, memiliki tiga tujuan utama dalam pelaksanaan SMK Binaan, yakni untuk meningkatkan kualitas SMK, mendekatkan SMK dan Industri, serta meningkatkan kualitas lulusan SMK.

Program SMK Binaan nantinya akan dilanjutkan dengan pengadaan Kelas Industri, yakni kelas khusus yang dibuat di sekolah agar siswa merasakan lingkungan industri dalam proses pembelajarannya.

Untuk mengadakan Kelas Industri, sekolah dan mitra industri (Gamelab) akan melakukan sinkronisasi kurikulum untuk menyamakan tujuan pendidikan dan menyesuaikan kurikulum berdasarkan kebutuhan industri.

SMK Binaan SMKN 7 Batam - GAMELAB

Gamelab sebagai mitra pun akan menyediakan instruktur profesional yang sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh siswa SMK. Diharapkan, Kelas Industri dalam program SMK Binaan dapat mencetak SDM yang mutunya terjamin.

Pada foto di atas, kegiatan Kelas Industri ditemani oleh Enjang Suhaedin selaku Wakasek Bidang Humas, Adetya Rakasihwi selaku guru pendamping, Hadi Saputro selaku guru sekaligus Wali Kelas Gamelab, dan Adam Kriszal selaku Wakasek Bidang Kurikulum.

SMK Binaan SMKN 7 Batam - GAMELAB

Saat ini, sudah ada lebih dari 185 SMK yang bekerja sama dengan Gamelab untuk mendapatkan beberapa manfaat dalam program SMK Binaan, yaitu:

  • Siswa memperoleh pengalaman kerja nyata di industri, sehingga meningkatkan persiapan terjun ke dunia kerja.
  • Pengalaman kerja nyata dan pemberian tugas-tugas dari instruktur profesional akan menghasilkan siswa yang terampil dan siap kerja.
  • Pengadaan Kelas Industri bertujuan mencetak SDM berkualitas.
  • Bergabung dalam SMK Binaan meningkatkan peluang magang di industri yang relevan.
  • Bukan tidak mungkin, siswa bisa langsung kerja di industri setelah lulus.
  • SMK Binaan meningkatkan hubungan kerja sama antara sekolah dengan dunia usaha/dunia industri.

SMK Binaan SMKN 7 Batam - GAMELAB

Baca Juga : SMK Delta Presiden Kunjungan Industri ke GAMELAB untuk Mendapatkan Materi yang Relevan Industri

Penutup

Kerja sama SMK Binaan antara Gamelab dan SMKN 7 Batam diharapkan menjadi pintu terjalinnya kerja sama bidang lainnya di masa depan. Para siswa sebagai peserta Kelas Industri juga diharap bersungguh-sungguh dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan, sehingga dapat memaksimalkan penyerapan materi dan menjadi SDM berkualitas.

Upaya mencetak lulusan siap kerja melalui program SMK Binaan juga bisa dilakukan oleh sekolahmu. Caranya, hubungi link ini dan jalin kemitraan dengan Gamelab. Yuk, tunggu apalagi!


Rifka Amalia

Rifka Amalia

Selasa, 12 September 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI