BERITA PRESS RELEASE Penandatanganan Kerja Sama SMK Binaan SMKN 4 Batam dan GAMELAB.ID

Penandatanganan Kerja Sama SMK Binaan SMKN 4 Batam dan GAMELAB.ID

Oleh Rifka Amalia | Selasa, 5 September 2023

Penandatanganan Kerja Sama SMK Binaan SMKN 4 Batam dan GAMELAB.ID

Gamelab Indonesia (GAMELAB.ID) telah resmi melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) dengan SMKN 4 Batam dalam program SMK Binaan.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Sebagai bagian dari kontribusi nyata untuk dunia pendidikan vokasi, Gamelab Indonesia resmi bekerja sama dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 4 Batam, Riau, dalam program SMK Binaan.

Belum lama ini, tepatnya pada 7 Juli 2023, SMKN 4 Batam dan GAMELAB.ID meresmikan kerja sama SMK Binaan untuk siswa jurusan Rekayasa Perangkat Lunak. Perjanjian kerja sama ini merupakan awal yang baik untuk menciptakan lulusan SMKN 4 Batam yang kompeten dan terampil.

Kerja Sama SMKN 4 Batam dan GAMELAB.ID

Seperti diketahui, SMK merupakan satuan pendidikan formal yang membekali siswanya dengan beragam keterampilan untuk menciptakan lulusan yang siap kerja. Sebagai upaya mencetak alumni yang berdaya saing, SMK memiliki beragam program untuk siswanya, termasuk program kerja sama dengan industri seperti SMK Binaan.

Dalam program SMK Binaan, setiap sekolah memiliki kebebasan untuk memilih sendiri rekanan industri yang sesuai dengan kompetensi dan jurusan di SMK. Hal itu lah yang terjadi antara SMKN 4 Batam dan Gamelab Indonesia, yakni kerja sama industri dengan konsentrasi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak.

Penandatanganan perjanjian kerja sama antara Gamelab dan SMKN 4 Batam berjalan lancar pada Jumat, 7 Juli 2023 pukul 09.00 - 11.30 WIB. Acara penandatanganan kerja sama dilangsungkan di kantor Educa Studio yang beralamat di Jalan Gilingrejo Nomor 10, Gendongan, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga, Jawa Tengah.

Penandatanganan Kerja Sama SMK Binaan SMKN 4 Batam- GAMELAB.ID

Acara tersebut dihadiri langsung oleh CEO PT Educa Sisfomedia Indonesia sekaligus founder Educa Studio dan Gamelab Indonesia, Andi Taru Nugroho Nur Wismono, S.Kom., M.Cs.

Turut hadir pula pihak-pihak dari SMKN 4 Batam yakni Kepala Sekolah Ahmad Tahir, M.Ak., Waka Humas Rismawati Sitohang, S.Th., M.Pd., Kaprodi RPL David, S.Kom, Waka Kurikulum Reny Tri Susanti, dan Guru Produktif RPL Adi Kurniawan.

Sementara, tim Gamelab Indonesia yang terlibat dalam agenda tersebut adalah Andi Taru Nugroho Nur Wismono, S.Kom., M.Cs., Adit Berta Gloriana, S.Ikom., serta Andri Sefthiyan, S.Ak.

Penandatanganan perjanjian kerja sama kemudian dilakukan oleh Kepala Sekolah Ahmad Tahir sebagai pihak yang mewakili SMKN 4 Batam dan Andi Taru sebagai yang mewakili Gamelab Indonesia.

Poin-poin yang disampaikan dan dilakukan dalam pertemuan kedua belah pihak yakni diskusi masalah teknis seleksi siswa dan pengaplikasian branding LAB, penandatanganan perjanjian kerja sama bersama CEO Gamelab Indonesia, room tour ke ruang produksi di kantor Educa Studio, serta kunjungan ke kantor Gamelab Indonesia.

Penandatanganan Kerja Sama SMK Binaan SMKN 4 Batam- GAMELAB.ID

Program SMK Binaan

Disinggung sebelumnya, program SMK Binaan merupakan salah satu upaya untuk menciptakan lulusan yang siap kerja. Adapun SMK Binaan GAMELAB memiliki tiga tujuan utama, yakni meningkatkan kualitas SMK, mendekatkan SMK dan Industri, dan meningkatkan kualitas lulusan SMK.

Program SMK Binaan Gamelab akan dimulai dengan sinkronisasi kurikulum SMK dan kurikulum industri. Sinkronisasi kurikulum dimaksudkan untuk menyelaraskan antara kurikulum di pendidikan formal dan kurikulum di dunia industri, dalam hal ini Gamelab, agar tidak mengganggu kurikulum utama di SMK.

Setelah sinkronisasi kurikulum dilakukan, siswa akan mengikuti Kelas Industri sesuai dengan jurusannya masing-masing. Kelas Industri adalah program pengadaan kelas khusus antara pihak SMK dan pihak industri di lingkungan sekolah.

Dalam pelaksanaannya, SMK akan memfasilitasi Kelas Industri dan pihak pengajar akan menjadi guru pendamping. Di sisi lain, industri menyediakan pelatih atau trainer profesional yang akan menjadi guru tamu untuk mengisi Kelas Industri.

Tujuan dari pengadaan Kelas Industri ini adalah untuk mencetak sumber daya manusia (SDM) berkualitas dari lulusan SMK. Pengelolaan yang dilakukan antara pihak sekolah dan industri diharapkan mampu menciptakan iklim belajar baru yang berkontribusi dalam menjamin mutu pendidikan siswa.

SMK yang bermitra dengan industri juga berkesempatan mengirim siswa-siswinya untuk melakukan magang/PKL di industri, sehingga mereka mendapatkan pengalaman nyata tentang bagaimana cara kerja dunia industri. Tentu, gambaran-gambaran semacam ini memberikan manfaat bagi para siswa untuk semakin mempersiapkan diri terjun ke dunia kerja.

Bahkan, jika dalam prosesnya siswa menunjukkan kompetensi dan keterampilan yang maksimal, bukan tidak mungkin pihak industri tertarik untuk melakukan rekrutmen langsung pada siswa tersebut. Kebijakan masing-masing industri berbeda-beda dalam hal ini.

Penandatanganan Kerja Sama SMK Binaan SMKN 4 Batam- GAMELAB.ID

Baca Juga : Menuju Ahli Web Front-End Developer, SMK IT Rabbi Radhiyya Adakan UKK bersama Gamelab Indonesia

Penutup

Diharapkan, penandatanganan kerja sama SMKN 4 Batam dan Gamelab Indonesia menjadi pintu terjalinnya kerja sama lain di kemudian hari. Peserta juga diharapkan dapat mengikuti rangkaian kegiatan dalam program SMK Binaan dengan baik, sehingga bisa memaksimalkan penerapan pembelajaran yang didapatkan di sekolah agar semakin siap saat menghadapi dunia kerja pasca-lulus nanti.

Jika saat ini sekolahmu masih belum menjalin kerja sama dengan industri, maka ini saatnya kamu memberikan usulan kepada sekolahmu untuk bekerja sama dalam program SMK Binaan dengan GAMELAB.ID. Yuk, jalin kemitraan sekolah dan industri dengan cara menghubungi link ini.


Rifka Amalia

Rifka Amalia

Selasa, 5 September 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI