BERITA SMK Tips Memilih Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Terbaik!

Tips Memilih Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Terbaik!

Oleh Rifka Amalia | Rabu, 16 Agustus 2023

Tips Memilih Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Terbaik!

Berikut tips memilih SMK terbaik. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah pendidikan jenjang menengah setara SMA yang berfokus pada pengembangan keterampilan untuk terjun ke dunia kerja.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Tips Memilih SMK Terbaik - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), menjadi alternatif pilihan bagi siswa dan siswi menengah pertama yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih lanjut selain Sekolah Menengah Atas (SMA).

SMK diketahui menyediakan program-program kejuruan yang bertujuan mempersiapkan keterampilan peserta didik agar siap kerja saat lulus nanti. Namun, sudahkah kamu memilih SMK yang tepat?

Apa Itu Pendidikan SMK?

Repositori Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menguraikan bahwa pendidikan adalah usaha sistematis dan terorganisasi yang dilakukan oleh suatu badan dengan tujuan tertentu, tergantung pihak penyelenggaranya.

Adapun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah pendidikan formal yang diamanahi Undang-Undang untuk membentuk sumber daya yang produktif, lulusan yang siap memasuki dunia kerja, dipekerjakan, atau sebagai wiraswasta.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 15, menerangkan bahwa pendidikan kejuruan adalah pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik untuk bekerja di bidang tertentu. SMK merupakan pendidikan kejuruan pada jenjang pendidikan menengah sebagai lanjutan dari jenjang SMP, MTs, dan sederajat.

Penyelenggara pendidikan SMK terbagi dua, yakni Negeri dan Swasta. Sementara masa studi SMK yakni tiga sampai empat tahun, yang mana dalam kasus masa pembelajaran empat tahun, siswa SMK akan menjalani 3 tahun masa studi di sekolah dan satu tahun studi di industri.

Sebagai pendidikan kejuruan, SMK membekali para siswanya dengan pengembangan bakat dan keterampilan yang mengarah pada dunia kerja. SMK memiliki program-program yang menunjang tercapainya tujuan siap terjun ke industri.

Di antaranya yakni melalui program magang/PKL. SMK juga bisa bekerja sama dengan industri untuk mempersiapkan kurikulum dengan standar industri agar siswa semakin siap bekerja pasca-lulus.

Pendidikan di SMK memiliki beberapa karkateristik (Djojonegoro, 1998), yakni:

  • Berorientasi pada persiapan individu terjun ke dunia kerja.
  • Didasarkan atas demand driven atau kebutuhan dunia kerja.
  • Fokus pendidikan yakni pada penguasaan, pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai-nilai yang dibutuhkan oleh dunia kerja.
  • Penilaian sesungguhnya pada kesuksesan siswanya yakni berdasarkan performa di dunia kerja.
  • Memiliki hubungan yang erat dengan dunia kerja.
  • Responsif dan antisipatif pada kemajuan teknologi.
  • Memiliki fasilitas-fasilitas yang menunjang praktik.
  • Memerlukan biaya investasi dan operasional yang lebih besar dibandingkan pendidikan umum.

Tips Memilih SMK Terbaik - GAMELAB.ID

Tips Memilih SMK Terbaik

Ada banyak SMK Negeri dan Swasta yang menyediakan berbagai pilihan jurusan dan peminatan. Tentu, kamu perlu memilih yang terbaik dari banyaknya pilihan tersebut. Berikut beberapa tips memilih SMK terbaik yang bisa kamu terapkan.

1. Temukan Minat dan Bakat

Untuk mendapatkan SMK terbaik, kamu perlu menemukan terlebih dulu minat dan bakatmu. Menemukan minat akan menjagamu tetap termotivasi dan bersemangat dalam proses menyelesaikan pendidikan di SMK. Temukan passion-mu agar kamu dapat menentukan tujuan yang lebih jelas tentang apa yang ingin kamu capai.

2. Tentukan Jurusan

Jika telah menemukan minat dan bakatmu, maka tentukan jurusan yang benar-benar ingin kamu pelajari. Sebagai contoh, jika tertarik pada komputer dan ingin membuat aplikasi, kamu bisa memilih jurusan Rekayasa Perangkat Lunak.

Jika tertarik dengan kuliner dan memiliki bakat memasak, kamu bisa memilih jurusan Tata Boga. Pikirkan secara matang apa yang kamu inginkan dan ingin kamu kembangkan.

3. Cari Tahu Prospek Jurusan

Sembari meriset jurusan yang tepat, jangan lupa untuk mencari tahu prospek dari jurusan yang kamu inginkan. Apakah pekerjaan yang ingin kamu tekuni di masa depan bisa kamu raih dengan mengambil jurusan tersebut atau tidak. Pertimbangkan pula apakah prospek kerja yang tersedia memiliki permintaan, peluang untuk mengembangkan diri, dan kemungkinan untuk berkarier di berbagai industri.

4. Cari Informasi SMK Terbaik di Jurusan yang Diinginkan

Setelah menentukan jurusan secara matang, cari informasi tentang SMK yang menawarkan program kejuruan tersebut. Tinjau rekam jejak SMK tersebut, apakah mereka memiliki prestasi akademik dan non-akademik yang baik, serta bagaimana reputasi mereka dalam dunia industri.

5. Pertimbangkan Lingkungan SMK

Lingkungan SMK juga penting untuk dipikirkan. Pertimbangkan apakah kamu ingin belajar di SMK yang berlokasi di kota besar, pinggiran kota, atau pedesaan. Pilih lingkungan yang sesuai dengan kenyamanan dan gaya hidupmu.

6. Riset Kelebihan dan Kekurangan

Lakukan riset tentang kelebihan dan kekurangan dari masing-masing SMK yang masuk ke dalam daftar pertimbanganmu. Tinjau fasilitas, kurikulum, pengajar, program ekstrakurikuler, dan layanan pendukung lainnya. Pastikan bahwa SMK tersebut memenuhi kriteria yang kamu harapkan.

7. Minta Pendapat Orang Tua

Pendapat orang tua atau wali merupakan hal penting dalam proses pemilihan SMK. Mereka dapat memberikan perspektif berdasarkan pengalaman hidup dan pengetahuan mereka. Diskusikan pilihanmu dengan orang tua untuk mendapatkan masukan yang berharga.

Jurusan-Jurusan di SMK

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memiliki beberapa jurusan yang bisa disesuaikan oleh para calon siswa. Berikut beberapa program jurusan di SMK:

  1. Rekayasa Perangkat Lunak: Jurusan ini berhubungan dengan dunia komputer. Beberapa hal yang bisa dipelajari yakni coding, algoritma, pembuatan software, dan lain-lain.
  2. Desain dan Multimedia: Ini adalah jurusan yang banyak dibutuhkan di era digital seperti sekarang. Siswa akan mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan desain grafis, belajar editing foto fan video, mengoperasikan kamera, membuat animasi, film, dan sebagainya.
  3. Akuntansi: Jurusan ini sangat dibutuhkan untuk menangani pembukuan perusahaan. Hal yang diajarkan antara lain neraca, laporan keuangan, dan lainnya.
  4. Administrasi Perkantoran: Ini juga merupakan jurusan yang populer yang mempersiapkanmu bekerja sebagai admin, sekretaris, resepsionis, dan lainnya.
  5. Keperawatan: SMK jurusan ini mempersiapkan calon-calon pekerja di bidang kesehatan. Prospeknya antara lain menjadi asisten perawat, asisten laboratorium, dan lainnya.
  6. Tata Boga: Jurusan ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki minat terhadap makanan dan masak-memasak. siswa jurusan tata boga akan diajarkan mengenai takaran gizi, manajemen bisnis kuliner, dan lainnya.
  7. Tata Busana: Ini merupakan jurusan yang pas untuk kamu yang tertarik pada fashion. Hal yang bisa dipelajari antara lain dasar-dasar tekstil, cara membuat pakaian, bisnis pakaian, dan lain-lain.
  8. Tata Rias dan Kecantikan: Lulusan dari jurusan ini dapat bekerja di salon kecantikan, klinik kecantikan, atau bahkan menjadi MUA.
  9. Farmasi: Jurusan ini mengajarkan soal ilmu kimia dan biologi, mengenalkan tentang jenis, bahan, dan kandungan obat. Lulusannya bisa menjadi seorang apoteker.
  10. Bisnis dan Pemasaran: Di era digital, jurusan ini semakin menjadi favorit. Siswa akan dilatih mengelola bisnis, mengembangkan produk, dan melakukan inovasi.
  11. Perhotelan: SMK Perhotelan akan mengajarkan beberapa hal termasuk yang berkaitan dengan pariwisata, tata boga, komunikasi, administrasi perhotelan, housekeeping, dan lainnya.
  12. Pelayaran: SMK jurusan pelayaran mencetak lulusan yang dibutuhkan perusahaan perkapalan dan jasa transportasi laut. Siswa akan diajarkan tentang dasar-dasar pelayaran, kompas, prosedur darurat, perawatan kapal, kemudi kapal, dan lainnya. Profesi di bidang ini juga memiliki gaji yang tinggi.

Tips Memilih SMK Terbaik - GAMELAB.ID

Baca Juga : Memperkaya Ilmu Digital Accounting, SMK Gema Nusantara Melaksanakan UKK bersama Gamelab Indonesia

Penutup

Itulah penjelasan mengenai tips memilih SMK terbaik serta jurusan-jurusan di SMK yang bisa menjadi bahan pertimbangan dalam proses memilih sekolah kejuruan. Jika kamu berorientasi pada kerja setelah lulus sekolah, SMK adalah pilihan yang paling tepat untuk melanjutkan pendidikan jenjang menengah.

Di SMK, kamu akan dibekali dengan kurikulum dan program-program yang menunjang pembekalan keterampilan, sehingga kamu semakin siap untuk bergelut di dunia kerja setelah lulus nanti.

Agar semakin siap bekerja di industri, kamu juga bisa mengajak SMK-mu untuk bekerja sama dengan GAMELAB.ID dalam program SMK Binaan. Program ini memberikan kesempatan kepada para siswa SMK untuk mendapatkan pengalaman nyata tentang bagaimana sebuah industri berjalan di dunia kerja. Yuk, jalin kerja sama dengan GAMELAB.ID dengan cara menghubungi link ini ya.


Rifka Amalia

Rifka Amalia

Rabu, 16 Agustus 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI