BERITA PRESS RELEASE Ciptakan SDM Berkualitas, SMK Muhammadiyah 8 Siliragung Gandeng SMK Binaan Gamelab

Ciptakan SDM Berkualitas, SMK Muhammadiyah 8 Siliragung Gandeng SMK Binaan Gamelab

Oleh Rifka Amalia | Selasa, 19 September 2023

Ciptakan SDM Berkualitas, SMK Muhammadiyah 8 Siliragung Gandeng SMK Binaan Gamelab

Kerja sama SMK Binaan antara industri kreatif Gamelab Indonesia dan SMK Muhammadiyah 8 Siliragung resmi terjalin. Ini merupakan upaya mencetak lulusan yang kompeten.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Dalam upaya menciptakan lulusan berkualitas, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 8 Siliragung Banyuwangi mempercayai Gamelab Indonesia sebagai mitra industri dalam program SMK Binaan. Siswa-siswi yang terlibat dalam program ini merupakan jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL).

SMK Binaan Solusi Siap Kerja

Di tengah tingginya tingkat pengangguran di Indonesia, SMK memiliki PR yang cukup pelik, mengingat lulusan sekolah kejuruan masih mendominasi angka Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Februari 2023.

Menurut data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS), disebutkan bahw lulusan SMK yang tidak terserap pasar kerja mencapai lebih dari 9%, masih yang paling tinggi dibandingkan lulusan jenjang pendidikan lainnya.

Tentu hal ini mengakhawatirkan, apalagi SMK merupakan program pendidikan yang memiliki visi menciptakan lulusan siap kerja. Sayangnya, banyak lulusan SMK yang justru gagap saat sudah terjun di dunia kerja.

Kegagapan ini acap kali disebabkan karena kurangnya keterampilan dan pengetahuan tentang dunia industri. Menyikapi hal ini, pendidikan SMK tidak berpangku tangan. Berbagai upaya demi mencetak lulusan berkualitas dilakukan, salah satunya melalui program SMK Binaan.

SMK Binaan adalah progam kerja sama antara SMK dan industri demi menghasilkan lulusan SMK yang kompeten, terampil, dan siap kerja. Program ini merupakan satu di antara upaya yang dilakukan SMK guna mendapatkan sumber daya manusia (SDM) berupa lulusan yang berkualitas.

Dalam SMK Binaan, SMK memiliki kebebasan untuk memilih sendiri rekan industri yang sesuai dengan jurusan yang ada di sekolah mereka. Hal ini lah yang terjadi antara Gamelab Indonesia dan SMK Muhammadiyah 8 Siliragung Banyuwangi.

Kerja Sama SMK Binaan SMK Muhammadiyah 8 Siliragung - GAMELAB

Kerja Sama SMK Muhammadiyah 8 Siliragung dan Gamelab

SMK Muhammadiyah 8 Siliragung mempercayakan siswa-siswi jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) agar dibina oleh Gamelab Indonesia sebagai industri kreatif yang akan menggembleng peserta didik sampai bisa. Kompetensi yang diambil dalam kerja sama SMK Binaan ini adalah bidang teknologi dengan spesifikasi Web Frontend.

Belum lama ini, tim Gamelab Indonesia mengunjungi SMK Muhammadiyah 8 Siliragung yang berlokasi di Jalan MT Haryono No.42, Dusun Krajan, Siliragung, Kecamatan Siliragung, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Kegiatan kunjungan tersebut berjalan dengan lancar dan disambut dengan baik oleh pihak SMK Muhammadiyah 8 Siliragung.

Kerja Sama SMK Binaan SMK Muhammadiyah 8 Siliragung - GAMELAB

Kelas Industri dalam SMK Binaan

Salah satu program dalam SMK Binaan sebagai upaya menciptakan SDM berkualitas adalah dengan dilaksanakannya Kelas Industri. Setelah sekolah dan industri resmi menjalin kerja sama, kedua belah pihak akan menyelenggarakan kelas khusus di lingkungan sekolah dengan standar industri yang disebut sebagai Kelas Industri.

Sekolah dan industri nantinya akan menyelenggarakan sinkronisasi kurikulum demi menyelaraskan tujuan pendidikan. Industri, dalam hal ini Gamelab, akan menyampaikan kurikulum yang sudah disesuaikan dengan standar dunia kerja. Sementara SMK akan mengatur agar kurikulum Kelas Industri tidak mengganggu kurikulum utama pendidikan SMK.

Gamelab juga menyediakan instruktur profesional yang akan membimbing siswa-siswi SMK dalam proses pembelajaran. Sedangkan SMK akan mengutus guru pendamping yang akan memantau jalannya Kelas Industri. Jika masalah teknis telah mencapai kesepakatan, Kelas Industri dapat dilaksanakan sesuai dengan jadwal.

Sebagai informasi, saat ini ratusan SMK telah bekerja sama dengan Gamelab dalam program SMK Binaan. Dengan mengikuti program ini, siswa akan mendapatkan sejumlah keuntungan, antara lain:

  • Mendapatkan pengalaman kerja nyata yang semakin meningkatkan kesiapan terjun di pasar kerja.
  • Tugas-tugas praktikal dari instruktur profesional memberikan gambaran tentang apa yang akan mereka hadapi jika menggeluti bidang tertentu di dunia kerja nanti.
  • Siswa akan semakin terampil dan kompeten sesuai bidang jurusannya.
  • Siswa berpeluang langsung kerja setelah lulus program Kelas Industri dan lulus sekolah.
  • Siswa bisa menjalin hubungan kerja sama dengan dunia industri.

Kerja Sama SMK Binaan SMK Muhammadiyah 8 Siliragung - GAMELAB

Baca Juga : UKK RPL SMK NU Dolopo Mendapat Sentuhan Industri dengan Kolaborasi Gamelab Indonesia

Penutup

Kerja sama SMK Binaan antara SMK Muhammadiyah 8 Siliragung dan Gamelab diharapkan berjalan dengan lancar sampai akhir program. Melalui program ini, siswa-siswi SMK Muhammadiyah 8 Siliragung jurusan RPL akan dibantu mengenali dunia kerja dalam profesi Web Frontend untuk menjadi seorang Web Frontend Developer.

Skill yang didapatkan dalam progam SMK Binaan diharapkan mampu meningkatkan kualitas peserta didik agar lulus menjadi SDM berkualitas. Jika kamu ingin semakin siap menghadapi dunia kerja, kamu bisa mengajak sekolahmu untuk menjalin kerja sama SMK Binaan dengan Gamelab melalui link ini. Yuk, jadi SDM berkualitas melalui program SMK Binaan.


Rifka Amalia

Rifka Amalia

Selasa, 19 September 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI