BERITA TIPS MAGANG & KARIER 12 Soft Skill yang Dibutuhkan di Dunia Kerja, Apa Saja Ya?

12 Soft Skill yang Dibutuhkan di Dunia Kerja, Apa Saja Ya?

Oleh Rifka Amalia | Kamis, 24 Agustus 2023

12 Soft Skill yang Dibutuhkan di Dunia Kerja, Apa Saja Ya?

Inilah daftar soft skill yang dibutuhkan di dunia kerja. Soft skill merupakan keterampilan lunak yang melibatkan aspek kepribadian yang dibutuhkan dunia kerja.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Kamu pasti sudah sering mendengar tentang soft skill, bukan? Di era modern yang penuh tantangan seperti saat ini, memiliki kualifikasi dan kompetensi teknis (hard skill) saja tidak lah cukup. Kamu juga harus memiliki soft skill (keterampilan lunak) untuk sukses di dunia kerja yang kompetitif. Lalu, apa saja soft skill yang dibutuhkan di dunia kerja? Berikut ulasannya.

Apa Itu Soft Skill?

Soft skill adalah keterampilan interpersonal berupa kemampuan individu atau sosial yang melibatkan aspek kepribadian, komunikasi atau interaksi, pengelolaan diri sendiri, juga kontribusi efektif dalam lingkungan kerja maupun kehidupan sehari-hari.

Berbeda dengan hard skill yang mengacu pada keterampilan teknis yang dapat diukur dan diajarkan secara konkret, soft skill lebih bersifat subjektif dan sering kali bersifat abstrak. Keterampilan ini tidak bisa dipelajari secara formal dengan cara mendalami sebuah materi, sebab soft skill berkaitan erat dengan kecerdasan emosional.

Soft Skill yang Dibutuhkan Dunia Kerja

Kamu tentu sudah tahu bahwa soft skill dapat memengaruhi performa kerja, hubungan antarpersonal, serta kemampuan individu untuk beradaptasi dengan perubahan dan berkontribusi secara holistik dalam lingkungan kerja yang beragam. Oleh karenanya, kamu perlu mengetahui keterampilan lunak (soft skill) apa saja yang dibutuhkan di dunia kerja. Berikut di antaranya:

1. Komunikasi

Soft skill sendiri sangat identik dengan kemampuan berkomunikasi. Ini merupakan hal terpenting yang harus dimiliki individu untuk terjun ke dunia kerja.

Komunikasi yang baik membantumu bisa menyampaikan ide, gagasan, dan pendapat baik secara lisan maupun tertulis tanpa berbelit-belit, sehingga mudah dipahami oleh komunikan (pihak yang menerima pesan dari komunikator). Apabila tidak memiliki komunikasi yang baik, ide dan gagasan-gagasan yang kamu miliki mungkin sulit dipahami atau bahkan tidak akan pernah tersampaikan.

2. Jiwa Kepemimpinan

Meskipun tidak semua orang menjadi pemimpin formal, memiliki jiwa kepemimpinan adalah hal yang penting. Individu yang memiliki soft skill ini akan bisa mengambil keputusan tersulit, bersikap netral saat menengahi suatu masalah, dan dapat menginspirasi serta memotivasi tim.

3. Etos Kerja

Etos kerja yang kuat mencerminkan dedikasi, tanggung jawab, dan kerja keras seseorang terhadap pekerjaan. Soft skill ini termasuk ketepatan waktu, dedikasi untuk menyelesaikan tugas dengan kualitas terbaik, konsistensi dalam pekerjaan, dan kemauan untuk terus belajar dan berkembang.

4. Berpikir Kritis dan Logis

Berpikir kritis dan logis adalah soft skill penting yang perlu dipersiapkan saat memasuki dunia kerja. Berpikir kritis dan logis memungkinkan seseorang untuk mengatasi tantangan dengan bijaksana dan mengambil langkah-langkah yang rasional. Pemikiran yang kritis bisa dibentuk dengan memperkaya pengetahuan dan menambah wawasan.

Soft Skill yang Dibutuhkan Dunia Kerja - GAMELAB.ID

5. Bekerja dalam Tim

Kemampuan bekerja dalam tim dan berkolaborasi dengan orang lain adalah esensial dalam dunia kerja yang semakin terhubung. Keterampilan ini mencakup kemampuan mendengarkan, berbagi ide, menghargai kontribusi anggota tim lain, dan berkontribusi untuk mencapai tujuan bersama.

6. Good Attitude

Good Attitude atau berperilaku baik adalah sikap positif dan profesional yang bisa memengaruhi suasana kerja dan hubungan dengan rekan kerja. Memiliki attitude yang baik menghasilkan lingkungan kerja yang produktif dan positif, serta membangun citra profesional yang baik.

7. Kemampuan Analisis

Soft skill kemampuan analisis meliputi kemampuan untuk mengumpulkan, mengorganisasi, dan menganalisis data atau informasi kompleks. Analisis yang baik membantu individu dalam mengambil keputusan berdasarkan fakta dan bukti yang ada.

8. Kreativitas

Kreativitas memungkinkan seseorang untuk berpikir out of the box, menciptakan solusi yang inovatif, dan menghadapi masalah dengan sudut pandang yang unik. Soft skill ini sangat berguna dalam mengembangkan ide-ide baru dan mendorong pertumbuhan bisnis.

9. Inovasi

Kemampuan berinovasi adalah kualitas yang sangat dicari oleh perusahaan. Inovasi memungkinkan kamu untuk menemukan cara baru dalam menjalankan sebuah tugas, meningkatkan sebuah proses, menyelesaikan masalah, dan menciptakan nilai tambah.

10. Kecerdasan Emosional

Kecerdasan emosional mencakup kemampuan untuk mengenali, memahami, mengelola, dan menggunakan emosi dengan bijaksana. Ini memainkan peran penting dalam hubungan antarpersonal, kepemimpinan yang baik, dan mengatasi stres di tempat kerja.

11. Pemecahan Masalah

Keterampilan dalam mengidentifikasi masalah, menganalisis akar penyebabnya, dan mengembangkan solusi yang efektif adalah kualitas soft skill yang dibutuhkan di dunia kerja. Pemecahan masalah (problem solving) dapat membantu individu mengatasi tantangan dengan efisien, sehingga dapat menyelesaikan masalah dengan optimal.

12. Kemampuan Beradaptasi

Kemampuan beradaptasi adalah kemampuan individu untuk fleksibel menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan, situasi, atau tuntutan yang muncul dalam kehidupan sehari-hari atau lingkungan kerja. Beradaptasi melibatkan kemampuan untuk mengatasi tantangan, mengubah pendekatan, dan menghadapi perubahan dengan sikap positif dan efektif.

Soft Skill yang Dibutuhkan Dunia Kerja - GAMELAB.ID

Baca Juga : Ketahui Hard Skill Dibutuhkan Dunia Kerja di Tahun 2024

Penutup

Meskipun tidak selalu mudah diukur seperti hard skill, pengembangan soft skill dapat membantu individu mencapai kesuksesan dalam karier dan kehidupan pribadi. Keterampilan ini dapat diasah melalui pelatihan, praktek, pengalaman, dan kemauan untuk terus belajar dan berkembang sebagai individu yang lebih baik.

Jika kamu ingin mencapai soft skill yang berguna di dunia kerja, kamu bisa mengikuti kelas soft skill di GAMELAB.ID. Di samping soft skill, kamu juga bisa mengembangkan keterampilan teknis dengan mengikuti Kelas Akademi. Silahkan daftarkan diri dengan cara menghubungi link ini.


Rifka Amalia

Rifka Amalia

Kamis, 24 Agustus 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI