BERITA UMUM 12 Prinsip Animasi, Calon Animator Handal Perlu Mengetahui!

12 Prinsip Animasi, Calon Animator Handal Perlu Mengetahui!

Oleh Vincentius Dimas | Sabtu, 6 Januari 2024

12 Prinsip Animasi, Calon Animator Handal Perlu Mengetahui!

Apakah kamu ingin menjadi seorang animator profesional? Jika iya, yuk ketahui lebih lanjut 12 prinsip animasi di artikel ini.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Animasi adalah seni menghidupkan gambar diam, membuat objek atau karakter bergerak, dan menyampaikan cerita melalui gerakan visual. Di balik setiap animasi yang mengesankan, tentu terdapat prinsip-prinsip yang menjadi dasar keberhasilannya. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi 12 prinsip animasi yang harus kamu ketahui untuk menciptakan animasi yang dinamis dan memukau.

Baca Juga : Melampaui Batas Imajinasi, Memanfaatkan Animasi dalam Meningkatkan Pengalaman Pengguna di Bisnis!

12 Prinsip Animasi

Sebagai seorang animator, memahami dan menguasai 12 prinsip animasi merupakan fondasi yang penting untuk menghasilkan karya yang menarik dan berkesan. Sehingga prinsip-prinsip ini bukanlah sekadar teori animasi, melainkan pedoman praktis yang membimbing setiap langkah dalam proses kreatif. Mengapa? Mari kita bahas lebih lanjut di bawah:

1. Solid Drawing

Sumber Darvideo: Solid Drawing - Gamelab.idSolid drawing adalah prinsip animasi yang menekankan pentingnya memahami dimensi dan bentuk objek. Seorang animator harus mampu menggambar dan merancang objek atau karakter dalam tiga dimensi agar menciptakan ilusi kedalaman. Jadi ini bukan sekadar melukis gambar, tetapi tentang membuat karakter terlihat konsisten sepanjang animasi, yang seolah-olah mereka nyata dan dapat dipegang.

2. Squash & Stretch (Lentur)

Sumber Autodesk: Squash & Strech - Gamelab.id

Konsep Squash & Stretch berkaitan dengan perubahan bentuk objek saat bergerak. Ketika objek bergerak, elemen-elemen seperti squash (pemendekan) dan stretch (perpanjangan) akan diterapkan untuk menciptakan efek gerakan yang alami. Misalnya, ketika bola melambung, ia bisa terlihat melebar saat bergerak ke atas dan menyusut ketika jatuh.

3. Timing & Spacing Timing (Durasi)

Sumber Full Frontal: Timing & Spacing Timing - Gamelab.id

Timing & spacing timing mencakup penentuan durasi setiap gerakan. Mengatur timing yang tepat akan memberikan kesan kecepatan atau kecepatan gerakan dalam animasi. Semetara itu, spacing timing mengelola jarak antara frame guna memastikan gerakan terlihat mulus dan alami.

4. Anticipation (Gerakan Awal)

Sumber Animation Mentor: Anticipation - Gamelab.id

Gerakan awal, atau anticipation, melibatkan gerakan kecil yang dilakukan sebelum gerakan utama. Ini memberikan penonton petunjuk visual tentang apa yang akan terjadi selanjutnya. Dan, memastikan bahwa perubahan yang akan terjadi bisa dipahami dengan baik.

5. Slow In & Slow Out

Sumber Kelas Animasi: Slow In & Slow Out - Gamelab.idUntuk menciptakan gerakan yang alami, animator harus menggunakan konsep slow in (percepatan awal) dan slow out (perlambatan akhir). Tujuannya untuk menciptakan ilusi perubahan kecepatan, membuat gerakan terlihat lebih organik, dan agar animasi tidak begitu kaku.

6. Secondary Action (Gerakan Penutup)

Sumber Clip Studio Tips: Secondary Action - Gamelab.idPrinsip secondary action melibatkan memberikan gerakan tambahan pada karakter. Ini bisa berupa ekspresi wajah, gerakan tangan, atau elemen kecil lainnya yang menambah kedalaman dan kompleksitas pada animasi.

7. Arc

Sumber: Envato Tuts: Arc - Gamelab.idPola gerakan yang umumnya terjadi dalam bentuk lengkung atau "arc" ini seperti mencerminkan kehidupan nyata. Jadi ketika objek bergerak, itu biasanya mengikuti pola melingkar serta menciptakan gerakan yang terlihat lebih alami dan realistis.

8. Follow Through & Overlapping Action

Sumber Pushed: Follow Through & Overlaping Action - Gamelab.idFollow through melibatkan gerakan setelah gerakan utama berhenti, sementara overlapping action melibatkan gerakan yang terjadi secara bersamaan. Maka dengan kombinasi keduanya itu akan menciptakan efek gerakan yang lebih nyata dan alami.

9. Straight Ahead & Pose to Pose

Sumber IDS Education: Straight Ahead & Pose to Pose - Gamelab.idPada prinsip ini, animator dapat memilih antara dua pendekatan utama. Jika ingin bekerja secara straight ahead, animator dapat membuat setiap frame secara berurutan. Sementara untuk pose to pose, membuat beberapa frame kunci terlebih dahulu. Namun, melalui kombinasi keduanya memungkinkan animator menciptakan animasi yang seimbang dan dinamis.

10. Staging

Sumber D'Source: Staging - Gamelab.idStaging melibatkan penempatan objek atau karakter dalam suatu adegan untuk memastikan fokus yang tepat. Umumnya, sebuah staging akan membantu penonton memahami cerita dengan lebih baik dan menyoroti elemen yang paling penting.

11. Exaggeration (Pendramatisir Wujud Animasi)

Sumber Pinterest: Exaggeration - Gamelab.idMelalui pendramatisiran, animator dapat menekankan gerakan atau ekspresi karakter. Dengan begitu, akan membuat animasi lebih menarik dan komunikatif serta memungkinkan untuk menyampaikan emosi atau konsep dengan lebih kuat kepada penonton.

12. Appeal

Sumber Dsource Ekalpa India: Appeal - Gamelab.idPrinsip terakhir, appeal. Ini mengacu pada daya tarik visual dan karakteristik yang membuat objek atau karakter menarik bagi penonton. Oleh karena itu, animator harus dapat menciptakan karakter dengan daya tarik yang kuat. Tujuannya agar menarik perhatian dan membangun koneksi emosional dengan penonton.

Sebagai kesimpulan, menguasai 12 prinsip animasi ini bukan hanya tentang menciptakan gerakan yang halus, tetapi juga mengomunikasikan cerita dengan lebih kuat dan menghibur penonton secara efektif. Yuk, optimasi skill kamu terkait bidang animasi di Gamelab Indonesia:

Di kelas tersebut, kamu akan mendapat wawasan yang mendalam dari trainer expert industri yang nantinya bisa diterapkan langsung dalam proyekmu. Selain itu, kelas bisa berlangsung secara daring jadi cukup fleksibel dan harganya murah banget. Ayo, menjadi animator yang handal dan mendalami 12 prinsip animasi!


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Sabtu, 6 Januari 2024

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI