BERITA UMUM Kreativitas Visual: Jenis-jenis Video yang Memikat Pemirsa di Era Digital!

Kreativitas Visual: Jenis-jenis Video yang Memikat Pemirsa di Era Digital!

Oleh Vincentius Dimas | Rabu, 17 Januari 2024

Kreativitas Visual: Jenis-jenis Video yang Memikat Pemirsa di Era Digital!

Videografi merupakan medium untuk merekam peristiwa menjadi suatu gambar dalam bentuk suara atau video. Yuk, ketahui jenis-jenis video pada artikel berikut.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Dalam era digital yang terus berkembang, konten visual menjadi semakin dominan dalam menyampaikan pesan kepada audiens. Salah satu bentuk konten visual yang mendominasi adalah videografi. Pada artikel ini, kita akan menjelajahi konsep dasar videografi dan bagaimana penggunaannya dapat meningkatkan strategi pemasaran digital.

Apa Itu Videografi?

Umumnya, videografi merupakan medium untuk merekam peristiwa menjadi suatu gambar dalam bentuk suara atau video. Namun, seiring perkembanganya zaman, kebutuhan videografi tidak hanya terpusat pada industri hiburan saja. Melainkan juga bisa untuk keperluan pemasaran, promosi, tutorial, traveling, dan masih ada banyak lagi.

Oleh karena itu, videografi seperti memiliki maksud dan tujuan tertentu. Intinya, tergantung kebutuhan pribadi atau perusahaan masing-masing. Sementara itu, untuk kualitas hasil video merupakan persoalan lain lagi. Sebab ini bergantung pada keahlian dan pengetahuan teknik pengambilan gambarnya.

Sumber Freepik: Videografi - Gamelab.id

Apakah Video Bisa Meningkatkan Pemasaran Digital?

Tentu jawabannya, ya. Melalui video yang diunggah di berbagai platform akan memudahkan mendapat jangkauan pasar yang luas. Berikut alasan-alasan logisnya:

Mudah Dibagikan

Jika kamu seseorang yang hobi berselancar di media sosial. Setidaknya kamu pasti menemukan beberapa video, bukan? Ya, itulah hebatnya perkembangan sekarang. Kita bisa dengan mudah membagikan apa pun di media sosial, termasuk dengan video.

Oleh karena itu, dengan pemasaran yang dikemas dalam bentuk video lalu diunggah ke media sosial. Ini akan sangat membantu untuk meningkatkan jangkauan pesan pemasaran. Dari sini, setidaknya kita bisa menyematkan atas pentingnya video di era sekarang.

Wadah Edukasi

Lewat video, kita juga bisa memberikan pandangan yang lebih mendalam terhadap produk dan layanan. Misalnya, dengan cara mengajak penonton untuk melihat produk atau layanan secara langsung sehingga memberikan pengalaman yang lebih nyata.

Dengan demikian, video dapat membantu dalam memberikan edukasi kepada pelanggan mengenai produk dan layanan yang ditawarkan. Melalui edukasi yang baik dan jujur, ini memungkinkan sekali akan meningkatnya penjualan produk yang dipasarkan dalam bentuk video.

Meningkatkan Conversion Rate

Manfaat lain dari pemasaran video adalah kemampuannya untuk mencapai conversion rate yang lebih baik. Video bisa menjadi alat yang efektif dalam menyampaikan pesan dan membantu untuk membangun kepercayaan serta kredibilitas dengan audiens target.

Maka dengan meningkatnya kredibilitas, konsumen bisa melihat dan mendengar pesan-pesan apa saja yang kamu tawarkan. Dari situlah, konsumen  dapat mengambil tindakan atau keputusan dengan berani hingga melakukan pembelian.

Sumber Freepik: Jenis-jenis Video - Gamelab.id

Baca Juga : 5 Aplikasi Video Editing Tanpa Watermark di Android dan iOS

Jenis-jenis Video

Setelah mengetahui keunggulan video untuk pemasaran digital. Adapun macam-macam jenis pengemasannya. Berikut pengelompokan jenis beserta gaya video yang paling umum:

Video Iklan

Iklan adalah video singkat yang menarik perhatian dengan menyoroti keunggulan produk. Lewat adegan dinamis dan gambar indah, biasanya iklan diakhiri dengan ajakan jelas yakni membujuk konsumen untuk membeli. Maka untuk durasinya singkat saja, antara 30 detik hingga satu menit. Jangan lupa juga, untuk mendistribusikan video iklan ke platform digital agar cepat menyebar ke banyak orang. Misalnya, diunggah ke TikTok, Facebook, Instagram, dan lain sebagainya.

Video Animasi

Video animasi menggunakan elemen grafis bergerak atau karakter animasi untuk menyampaikan pesan. Jenis video ini dapat digunakan untuk menjelaskan konsep yang kompleks dengan cara yang menghibur dan menarik perhatian. Umumnya, video animasi cocok untuk menyampaikan informasi dengan cara yang ringan.

Video Live Streaming

Video live streaming melibatkan transmisi konten secara real-time, di mana penonton dapat berinteraksi langsung dengan penyiar atau konten yang ditampilkan. Sehingga ini dapat mencakup berbagai jenis konten, termasuk sesi tanya jawab langsung, acara peluncuran produk, wawancara, atau bahkan pemantauan acara langsung.

Video Penjelasan

Pada video penjelasan diperlukan adanya riset terlebih dahulu. Nantinya, jenis video ini akan menyoroti atau menjawab keresahan apa saja yang dirasakan banyak orang. Maka kunci keberhasilan dari video penjelasan adalah kelihaian dalam storytelling. Perlu diingat, jenis video penjelasan harus mampu menjawab: “Apa yang menjadi masalah sekarang?” Atau, “Mengapa calon konsumen harus memilih produk yang ditawarkan?”

Video Testimoni

Terakhir, video testimoni bisa menjadi salah satu alat paling kuat dalam pemasaran. Dalam arti lain, di sini akan memperlihatkan kepuasan konsumen ketika membagikan pengalaman baiknya saat menggunakan produk. Jadi, dengan memanfaatkan video testimoni bisa membuktikan kredibilitas dari produk yang dijual. Namun, yang perlu dicatat adalah, pastikan video yang disuguhkan benar-benar berdasarkan dari narasumber autentik. Sebab kesaksian yang tulus dapat menjadi elemen kunci dalam membangun kepercayaan.

Itulah beberapa penjelasan mengenai perkembangan videografi dari masa lampau hingga di era digital sekarang.  Namun, buat kamu yang ingin mengasah keahlian editing video. Bisa langsung ikuti beberapa kelas dari Gamelab Indonesia:

Kabar baiknya, kamu bisa ikut kelas ini secara online dan diajarkan oleh trainer yang sudah expert di bidang tersebut. Yuk, gas langsung optimasi skill kamu bersama Gamelab Indonesia!


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Rabu, 17 Januari 2024

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI