BERITA UMUM Ayo Persiapkan Dirimu MSIB Batch 7 Sudah Menuju Proses Seleksi, Simak Pentingnya Program Ini!

Ayo Persiapkan Dirimu MSIB Batch 7 Sudah Menuju Proses Seleksi, Simak Pentingnya Program Ini!

Oleh Vincentius Dimas | Jumat, 17 Mei 2024

Ayo Persiapkan Dirimu MSIB Batch 7 Sudah Menuju Proses Seleksi, Simak Pentingnya Program Ini!

MSIB (Magang dan Studi Independen) Kampus Merdeka adalah inovatif bagi para mahasiswa yang ingin memperluas wawasan dan mengasah keahlian mereka.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

MSIB (Magang dan Studi Independen) Kampus Merdeka adalah program yang akan selalu dinantikan oleh setiap mahasiswa. Melansir dari situs resmi kampusmerdeka.kemdikbud.go.id, jika saat ini sudah memasuki MSIB Bacth 7 dan pendaftaran sudah berlangsung pada 26 April - 10 Juni 2024. Namun, bagi kamu yang masih belum tahu tujuan dari program ini, kamu belum terlambat, karena artikel ini akan mengulas secara detail!

Tentang MSIB

Program MSIB yang diluncurkan oleh Kampus Merdeka merupakan sebuah terobosan inovatif bagi para mahasiswa yang ingin memperluas wawasan dan mengasah keahlian mereka di luar batasan ruang kelas konvensional. Program ini menyediakan dua jalur utama yaitu Magang Bersertifikat dan Studi Independen Bersertifikat. Tujuan dari program ini ialah membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk sukses di dunia kerja yang sesungguhnya.

Magang Bersertifikat memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk terjun langsung ke dunia kerja dan mendapatkan pengalaman praktis di perusahaan ternama. Melalui program ini, mahasiswa dapat belajar dari para profesional di bidangnya masing-masing, menerapkan ilmu yang telah dipelajari di bangku kuliah, dan membangun jaringan profesional yang berharga.

Studi Independen Bersertifikat menawarkan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengikuti perkuliahan di luar perguruan tinggi mereka, baik di dalam maupun luar negeri. Melalui program ini, mahasiswa dapat mempelajari topik-topik baru yang mungkin tidak tersedia di perguruan tinggi mereka sendiri, berkolaborasi dengan mahasiswa dari berbagai latar belakang, dan mendapatkan perspektif baru tentang dunia di sekitar mereka.

Sumber Freepik: MSIB Batch 7 - Gamelab.ID

Pentingnya Mahasiswa Ikut MSIB

Pentingnya mahasiswa mengikuti MSIB tidak bisa dilepaskan dari dinamika dunia kerja yang semakin kompetitif dan berubah dengan cepat. Ini dikarenakan MSIB menawarkan solusi strategis untuk menjembatani kesenjangan antara dunia akademis dan dunia industri. Selain itu, program ini juga memberikan kesempatan mahasiswa untuk memperoleh pengalaman kerja nyata di berbagai perusahaan, institusi pemerintah, maupun organisasi non-profit yang telah menjalin kerja sama dengan Kampus Merdeka.

Salah satu keunggulan utama dari program MSIB adalah pengakuan atas kegiatan magang sebagai bagian dari Satuan Kredit Semester (SKS) di perguruan tinggi. Hal ini memungkinkan mahasiswa untuk tetap berada pada jalur akademis mereka sambil mendapatkan pengalaman kerja yang berharga. Selain itu, program Studi Independen Bersertifikat memberikan peluang bagi mahasiswa untuk mengikuti kursus atau pelatihan yang fokus pada pengembangan keterampilan khusus, yang diakhiri dengan sertifikasi resmi.

Di program ini, mahasiswa secara tidak langsung juga diajak untuk keluar dari zona nyaman mereka. Misalnya, dalam menghadapi tantangan baru atau bekerja sama dengan berbagai pihak dalam lingkungan yang berbeda. Pengalaman ini menjadi penting karena dapat membangun soft skills seperti komunikasi, kepemimpinan, kerja sama tim, dan kemampuan memecahkan masalah.

Lebih jauh lagi, program MSIB mendukung tujuan besar dari Kampus Merdeka dalam menciptakan lulusan yang adaptif dan inovatif. Di era digital ini, industri membutuhkan tenaga kerja yang tidak hanya memiliki pengetahuan teoretis yang kuat tetapi juga keterampilan praktis yang relevan. Maka, Program MSIB menjawab kebutuhan ini dengan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar langsung dari para praktisi industri, mengakses teknologi terbaru, dan memahami tren pasar yang sedang berkembang.

Sumber Freepik: MSIB Batch 7 - Gamelab.ID

Persiapan Sebelum Ikut MSIB

Sebelum memutuskan untuk mengikuti Program MSIB, ada beberapa persiapan yang perlu dipertimbangkan dengan matang. Pertama-tama, mahasiswa perlu melakukan penelitian menyeluruh tentang program MSIB yang tersedia, termasuk institusi yang menyelenggarakannya, opsi magang yang ditawarkan, serta kursus atau pelatihan yang dapat diikuti. Memahami detail-detail ini akan membantu mahasiswa untuk membuat keputusan yang tepat sesuai dengan minat dan tujuan karier mereka.

Selanjutnya, mahasiswa perlu mempersiapkan diri secara mental dan emosional untuk tantangan yang mungkin dihadapi selama menjalani program MSIB. Ini termasuk kesiapan untuk beradaptasi dengan lingkungan kerja baru, bekerja dalam tim yang beragam, dan menghadapi tuntutan yang mungkin berbeda dari lingkungan akademis tradisional. Memiliki sikap yang terbuka, fleksibel, dan proaktif akan sangat membantu mahasiswa untuk mendapatkan manfaat maksimal dari pengalaman ini.

Persiapan fisik juga penting dalam mengikuti program MSIB. Mahasiswa perlu memastikan bahwa mereka memiliki sarana transportasi yang memadai untuk dapat mengakses lokasi magang atau lokasi kursus, serta mempertimbangkan aspek praktis lainnya seperti akomodasi dan biaya hidup. Merencanakan secara matang dalam hal ini akan membantu mengurangi stres dan memungkinkan mahasiswa untuk fokus sepenuhnya pada pembelajaran dan pengembangan diri selama program berlangsung.

Selain persiapan praktis, mahasiswa juga perlu memperbarui dan meningkatkan keterampilan yang relevan dengan bidang magang atau studi yang akan diikuti. Ini bisa meliputi pembaruan keterampilan teknis, seperti bahasa pemrograman atau desain grafis, serta pengembangan keterampilan soft seperti komunikasi, kepemimpinan, dan pemecahan masalah. Meningkatkan keterampilan ini sebelum memulai program MSIB akan membantu mahasiswa untuk meraih manfaat maksimal dari pengalaman tersebut dan meningkatkan daya saing mereka di pasar kerja.

Dengan melakukan persiapan yang matang sebelum mengikuti program MSIB, mahasiswa dapat memastikan bahwa mereka siap untuk menghadapi tantangan dan memanfaatkan kesempatan yang ditawarkan oleh program tersebut. Persiapan ini mencakup pemahaman tentang program MSIB, kesiapan mental dan emosional, persiapan fisik, serta peningkatan keterampilan yang relevan. Dengan demikian, langkah-langkah persiapan ini akan membantu mahasiswa untuk meraih kesuksesan dan mendapatkan manfaat maksimal dari pengalaman magang dan studi independen bersertifikat.

Sumber Freepik: MSIB Batch 7 - Gamelab.ID

MSIB bersama Gamelab Indonesia

Keuntungan utama mengikuti program MSIB bersama Gamelab Indonesia adalah kamu akan mendapatkan pengalaman belajar melalui proyek nyata. Kamu akan langsung terlibat dalam pengerjaan proyek riil, sehingga dapat menerapkan ilmu yang telah dipelajari dan mendapatkan pengalaman berharga di dunia kerja. Hasil proyekmu pun dapat dijadikan bahan portofolio yang menarik.

Lebih dari itu, Gamelab Indonesia juga memberikan bantuan biaya hidup dan transportasi (khusus peserta Magang Bersertifikat). Hal ini bertujuan untuk meringankan beban finansial para peserta magang dan memastikan mereka dapat fokus belajar dan berkarya selama magang.

Manfaat selanjutnya adalah tergabung dalam talent pool/golden ticket. Artinya, setelah menyelesaikan program MSIB, kamu akan masuk ke dalam database talenta Gamelab Indonesia dan berkesempatan untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan atau industri ternama.

Sesuai peraturan MSIB Kampus Merdeka, Gamelab Indonesia akan memberikan durasi belajar 900 jam yang setara dengan konversi hingga 20 SKS bagi peserta Studi Independen Bersertifikat. Tak hanya itu, seluruh peserta MSIB juga mendapat kesempatan berharga dan membawa pulang ilmu yang melimpah berkat bimbingan mentor expert trainer dari Gamelab Indonesia.

Sebagai informasi, Gamelab Indonesia sudah beberapa kali turut berpartisipasi sebagai industri yang memberikan wadah bagi mahasiswa untuk Studi Independen Bersertifikat. Menariknya lagi, dalam perjumpaan Perjanjian Kerja Sama (PKS) MSIB Batch 6, Kemendikbudristek menilai Gamelab Indonesia sebagai mitra industri yang cekatan dan responsif. Dengan sanjungan ini, menjadi bukti bahwa Gamelab Indonesia adalah mitra industri yang berkompeten dan peduli terhadap hal-hal detail peserta.

Sumber Freepik: MSIB Batch 7 - Gamelab.ID

Baca Juga : SIB Gamelab Indonesia: Mengubah Mindset, Membangun Skill

Tentang PT. Educa Sisfomedia Indonesia

PT. Educa Sisfomedia Indonesia adalah industri yang sudah beroperasi selama 13 tahun. Industri tersebut kini mendirikan tiga unit bisnis yakni Gamelab Indonesia, Educa Studio, dan Educa Academy. Ketiga bisnis tersebut juga memiliki visi yang sejalan terkait memajukan dunia pendidikan Indonesia melalui teknologi digital.

Gamelab Indonesia adalah sebuah lembaga pelatihan yang dikhususkan untuk siswa SMK dan mahasiswa. Beberapa program yang diciptakan meliputi Magang/PKL, Prakerja, Kelas Industri, Teacher Factory (TeFa), Ekskul, Uji Kompetensi Keahlian (UKK), dan Bootcamp. Sementara itu, Educa Studio berperan untuk menciptakan permainan digital dan animasi edukatif seperti Marbel (Mari Belajar), Kabi (Kisah Teladan Nabi), Kolak (Lagu Anak Indonesia), dan Riri Cerita Anak Interaktif. Lalu, Educa Academy merupakan wadah diskusi dan upskill para guru se-Indonesia.

Bagi kamu yang memiliki niat kuat untuk menjadi peserta program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB), memilih industri yang tepat adalah langkah penting dalam meraih kesuksesan. Salah satu pilihan industri yang menarik untuk dipilih adalah Gamelab Indonesia. Industri yang sudah sering menjadi pilihan utama bagi berbagai pihak, termasuk pemerintah, sektor swasta, dan lebih dari 500 SMK dan perguruan tinggi menjalin mitra. Jika ingin bertanya seputar MSIB Gamelab Indonesia, bisa langsung hubungi di sini ya.


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Jumat, 17 Mei 2024

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI