BERITA SMK SMK Jurusan Animasi : Kompetensi Keahlian dan Peluang Kerjanya

SMK Jurusan Animasi : Kompetensi Keahlian dan Peluang Kerjanya

Oleh Gamelab.Id | Selasa, 15 Desember 2020

SMK Jurusan Animasi : Kompetensi Keahlian dan Peluang Kerjanya

Berbekal pendidikan selama 3 tahun, SMK Jurusan Animasi akan membentuk tenaga profesional di bidang animasi yang sesuai dengan kebutuhan industri.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Animasi adalah gambar bergerak dari sekumpulan objek atau gambar yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar atau obyek tersebut dapat berupa gambar makhluk hidup, benda mati, ataupun tulisan.

Saat ini banyak industri yang menggunakan cara promosi atau marketing dengan menggunakan animasi untuk mengenalkan produk mereka kepada masyarakat. Tentu saja tujuannya adalah untuk menarik ketertarikan masyarakat terhadap produk yang ditawarkan tersebut. SMK Jurusan Animasi akan mempersiapkan siswa menjadi tenaga terampil di bidang animasi.

Siswa dibekali kemampuan seni dan desain, kemampuan menggambar manual/digital, penguasaan software animasi, penguasaan teknik animasi 2D dan 3D, dan spesial efek, fotografi,sinematografi, dan produksi film animasi. Pada artikel ini kita akan bahas kompetensi keahlian dan peluang kerja SMK Jurusan Animasi.

Kompetensi Keahlian (Mata Pelajaran Produktif)

Animasi merupakan salah satu Kompetensi Keahlian dari Program Keahlian Seni Rupa pada Bidang Keahlian: Seni dan Industri Kreatif. Selama masa pembelajaran 3 tahun, siswa akan dibekali dengan mata pelajaran yang terdiri dari Muatan Nasional, Muatan Kewilayahan, dan Muatan Peminatan Kejuruan. Muatan Peminatan Kejuruan terdiri dari Dasar Bidang Keahlian, Dasar Program Keahlian, dan Kompetensi Keahlian. Berikut akan kita bahas Mata Pelajaran Kompetensi Keahlian atau Mata Pelajaran Produktif pada SMK Jurusan Animasi :

  • Videografi

    Materi pokok pada mata pelajaran ini adalah bagaimana mempresentasikan konsep dan kegunaan videografi dalam animasi, memahami proses dan teknik videografi hingga mempresentasikan hasil karya videografi. Secara teknis, siswa akan dibekali agar mampu berkarya videografi (membuat skenario, storyboard, pengambilan gambar produksi, editing-dubing-pemberian animasi dan melakukan pasca produksi). Selain itu juga membekali peserta didik agar mampu melaksanakan editing video dengan software yang ada misalnya adobe premier,pinnacle dan corel video studio.
  • Animasi 2D

    Animasi 2D akan mempelajari tentang prinsip dasar pembuatan animasi 2D (vector) dan membuat gambar obyek menggunakan aplikasi animasi 2D dengan berbagai teknik. Selain itu akan dibahas juga  bagaimana membuat produk animasi 2D hingga membuat review terhadap produk animasi 2D.
  • Animasi 3D

    Mata pelajaran Animasi 3D akan membahas bagaimana membuat sketsa rancangan obyek 3D, membuat dan mengolah model sederhana berbasis 3D Hardsurface, membuat gerak digital non character dalam aplikasi 3D, menerapkan teknik Rendering pada obyek 3D, hingga membuat produk animasi 3D menggunakan obyek-obyek sederhana.
  • Digital Processing

    Materi pokok dalam mata pelajaran Digital Processing adalah bagaimana memindahkan gambar manual menjadi bentuk digital dengan menggunakan perangkat yang tersedia. Mata pelajaran ini  juga akan membahas bagaimana memproses gambar manual yang sudah dalam bentuk digital tersebut.
Baca Juga : Serunya Kunjungan Industri, Buktinya SMKN 1 Majalengka Kunjungan Kali Ketiga ke Gamelab Indonesia

Peluang Kerja SMK Jurusan Animasi

SMK Jurusan Animasi mempersiapkan para siswanya untuk menjadi animator profesional sesuai dengan kebutuhan industri saat ini. Berikut ini adalah beberapa peluang kerja bagi para lulusan SMK Jurusan Animasi :

  • Desainer Video Game

    Animasi tidak hanya pada film saja, game pun juga membutuhkan animator. Tugas seorang desainer video game adalah merancang dan mendesain fitur inti dari video game. Menentukan permainan inovatif dan mekanika peran, alur cerita, dan biografi karakter.
  • Animator dan Seniman Multimedia

    Merancang dan membuat efek khusus, animasi, atau gambar visual lainnya menggunakan film, video, komputer, atau alat elektronik lainnya dan media untuk digunakan dalam produk atau kreasi, seperti permainan komputer, film, video musik, dan iklan.
  • Desainer Visual Efek

    Visual effects designer bertugas membuat special effects untuk kebutuhan industri kreatif seperti film, acara televisi, iklan, music video hingga video games. Visual effects designer biasanya bekerja di post-produksi dalam industri kreatif namun terkadang juga harus bekerja di saat pre-produksi yaitu melihat script dimana seorang VFX Designer harus menempatkan effect, berdiskusi dengan tim lightning, set designer, costume designer, dan lainnya.
  • Illustrator

    Illustrator adalah seseorang yang menggambar ilustrasi sesuai dengan maksud dan tujuan tertentu. Ada dua pilihan untuk menjadi ilustrator, yaitu bekerja secara freelance ataupun terikat dalam suatu perusahaan.
  • Storyboard Artist

    Prospek kerja animator berikutnya adalah storyboard artist, yaitu orang yang bertugas mengubah naskah yang ada dalam bentuk gambar. Dalam sebuah film, video yang ditampilkan merupakan kumpulan gambar dari storyboard artist ini.
  • Desain Karakter

    Tanggung jawab dari pekerjaan ini adalah menggambar karakter yang akan ditampilkan secara lengkap, mulai dari pakaian yang dikenakan hingga ekspresinya. 

Berbekal pendidikan selama 3 tahun, SMK Jurusan Animasi akan membentuk tenaga profesional di bidang animasi yang sesuai dengan kebutuhan industri. Peluang kerja bagi para lulusannya pun masih terbuka lebar. Jika tidak ingin terikat untuk bekerja di perusahaan tertentu, mereka bisa berwirausaha atau menjadi tenaga freelance.

Nah, dengan slogan "SMK Bisa!", siswa dipersiapkan agar kapabel, kompetitif dan siap kerja. Siswa SMK tidak hanya disuguhkan teori, akan tetapi juga praktek lapangan sesuai dengan bidang kejuruannya. Kami dari GAMELAB memiliki berbagai program kerjasama dengan SMK seperti pelatihan guru, pelatihan siap kerja, magang, kelas industri dan job matching. Adapun kami telah bekerja sama dengan lebih dari ratusan SMK dan perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Silakan jika SMK Anda berminat untuk kerjasama dengan kami, email ke support@gamelab.id atau WhatsApp ke https://wa.me/6281232596412

 


Referensi :

https://idseducation.com/apa-itu-animasi/

https://www.markombur.com/2020/03/mata-pelajaran-jurusan-animasi.html

https://www.renesia.com/10-peluang-atau-prospek-kerja-animasi/


Gamelab.Id

Gamelab.Id

Selasa, 15 Desember 2020

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI