BERITA GAME DESIGNER 7 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Membuat Sell Sheets dan Pentingnya Untuk Board Game Designer

7 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Membuat Sell Sheets dan Pentingnya Untuk Board Game Designer

7 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Membuat Sell Sheets dan Pentingnya Untuk Board Game Designer

Seorang board game designer harus mengetahui pentingnya Sell Sheets untuk mempublikasikan board game yang telah mereka buat agar publisher lebih tertarik dengan board game mereka.

Dapatkan akses GRATIS untuk kelas animasi, desain, coding, machine learning dan sebagainya hanya untuk HARI INI!

Bagi seorang board game designer, board game yang mereka buat dapat diterbitkan merupakan suatu hal yang ada disetiap list board game designer. Meski tidak semua board game dan tidak semua board game designer menginginkan hal tersebut, namun dapat diterbitkan oleh salah satu publisher merupakan salah satu pencapaian.

Gambar : Sell Sheets board game

Sebenarnya banyak cara yang dapat dilakukan untuk menunjang hal tersebut. Seorang Board game designer harus memperhatikan ini, untuk menarik perhatian dari para publisher di luar sana. Hal ini yang akan Tim GameLab Indonesia bahas pada artikel ini, yaitu mengenai Sell Sheets yang dapat menambah nilai plus dalam mempublikasikan board game buatan kalian.

Apa itu Sell Sheets pada board game

Secara singkat Sell Sheets merupakan sebuah penjelasan singkat yang diguankan untuk menarik perhatian pada suatu produk baru yang  biasanya berbentuk satu lembar kertas yang terdapat penjelasan produk tersebut. Sell sheets dapat berupa digital maupun cetak fisik yang biasanya dikirimkan melalui email maupun dikirim melalui pos. Sell sheets bisa kalian gunakan sebagai salah satu strategi marketing board games yang sedang kalian buat. 

Sell Sheet biasa berupan gambaran singkat dari board game yang akan di jual, berupa keterangan judul, diskripsi board game, user, komponen dalam board game buatanmu, cara bermain, gambar-gambar board game buatanmu, dan kontak kalian. Kita akan bahas satu per satu bagaimana agar Sell Sheets buatanmu bisa lebih menarik para publisher board game.

7 cara membuat Sell Sheets yang menarik

Kami Tim Gamelab Indonesia akan coba menjelaskan cara untuk membuat Sell Sheets kalian lebih menarik. Penjelasan berikut ini akan menjelaskan poin-poin penting yang perlu kalian perhatikan saat membuat sebuah Sell Sheets.

[1] Judul atau title dari board game yang kamu buat

Saat membuat Sell Sheets kamu tidak boleh melupakan judul atau title untuk kamu tampilkan. Judul juga berpengaruh besar terhadap daya tarik sebuat board game. Bagi kamu yang mau merancang board game dan bingung mau mulai dari mana? kami punya solusinya disini. jadi memasukkan judul dalam Sell Sheets akan membantumu untuk menarik first impression para user atau bahkan publisher.

Gambar : Title board game asli Indonesia

[2] Buatlah daftar! Kriteria pemain untuk board game kamu

Daftar kriteria disini maksudnya adalah para user kalian ya, untuk siapa saja sebenarnya board game yang kalian buat, membutuhkan durasi berapa lama untuk memainkan board game kamu, berapa banyak pemain dalam satu kali permainan. Pastikan kamu sudah mengujinya atau melakukan playtesting  sesuai dengan target user board game yang kamu buat.

Gambar : Keterangan kriteria dalam board game


Baca juga : Tips Membuat Game Design Document (GDD) Bagi Pemula


[3] Deskripsikan secara singkat board game buatanmu

Selain judul hal hal berikutnya yang pasti akan dicari oleh para calon pemain board game kamu adalah deskripsi tentang board game kamu. Judul dan deskripsi disini harus saling berhubungan, bisa saja ada calon pemain yang tertarik dengan judul board game kamu namun setelah membaca deskripsi permainan mereka merasa kurang tertarik.

Jadi buatlah deskripsi yang semenarik mungkin dengan konteks bahasa yang mudah dipahami dan tidak kaku. Perhatikan beberapa hal yang baisanya terdapat dalam deskripsi board game, seperti

Hal-hal tersebut perlu di masukkan dalam deskripsi board game kamu agar semakin menarik dan para pemain semakin jelas dengan maksud dan alur board game yang kamu buat.

[4] Jelaskan komponen yang ada dalam board game-mu

Dalam setiap board game pasti terdapat minimal 1 komponen yang menunjang permainan didalamnya. Sebutkan semua komponen di dalamnya! Hal ini akan menjadi bahan pertimbangan para calon pemain dan para publiser yang ingin membeli atau mempublish board game kamu.

Foto : Komponen Board Game Emak-Emak Matic

[5] Foto menjelaskan semuanya - sertakan foto board game kamu sebagus mungkin

Foto adalah salah satu poin penting yang perlu disertakan dalam sebuah Sell Sheets. Foto penampakan board game yang kamu buat saat dimainkan ataupun foto komponen-komponen board game kamu akan menjadi bahan pertimbangan juga dan bisa saja menjadi daya tarik dari board game kamu. Melalui foto akan menjelaskan semuanya.

Foto : Board game Marbel Fire Fighter

[6] Cara bermain board game buatanmu juga perlu dijelaskan

Cara memainkan board game mu juga merupakan salah satu hal yang perlu kamu masukkan dalam Sell Sheets yang kamu buat. Tidak perlu penjelasan yang panjang, cukup jelaskan dengan singkat namun jelas, sehingga para publiser yang membaca Sell Sheets kalian akan segera paham dengan alur permainan board game yang kamu buat.

Foto : Cara set up board game Emak-Emak Matic

[7] Kontak person is a must

Jangan lupa utnuk mencantumkan kontak kalian yang masih aktif, agar para publisher atau calon pemain board game kalian yang merasa tertarik untuk membeli atau tertarik untuk menerbitkan board game kalian bisa segera menghubungi kalian.

Hal fatal jika kamu lupa  mencantumkan kontak pada Sell Sheets yang kamu buat sudah tentu para publisher yang tertarik untuk mempublikasikan board game kalian akan kesulitan menghubungi kalian sehingga bisa saja mereka akan berubah pikiran. Jadi mencantumkan kontak tidak bisa dianggap hal sepele ya.

Itu tadi 7 poin penting yang wajib kalian cantumkan dalam Sell Sheets kalian. jangan lupa jika sell sheets ini gunanya untuk promosi atau menarik perhatian dari publisher jadi buatlah semenarik mungkin dengan kalimat yang singkat namun jelas maksud dan tujuannya. 

 


 

Baca artikel menarik lainnya :

Dapatkan akses GRATIS untuk kelas animasi, desain, coding, machine learning dan sebagainya hanya untuk HARI INI!

designer board game sell sheets
Febriani Sari

Febriani Sari

Selasa, 26 Februari 2019