BERITA MAGANG Tips Membangun Tanggung Jawab Agar Disiplin dalam Magang Online

Tips Membangun Tanggung Jawab Agar Disiplin dalam Magang Online

Tips Membangun Tanggung Jawab Agar Disiplin dalam Magang Online

Tips berikut akan membantu kamu untuk lebih bertanggung jawab dan disiplin saat magang secara online. Penerapan KPI dan OKR adalah salah satunya.

Dapatkan akses GRATIS untuk kelas animasi, desain, coding, machine learning dan sebagainya hanya untuk HARI INI!

Sebagai mahasiswa aktif, mengikuti magang sudah menjadi salah satu keharusan yang harus dilakukan. Magang yang dilakukan tidak hanya sebatas formalitas untuk mencari nilai semata, namun lebih pada proses pengembangan diri dan skill yang akan kamu dapatkan saat berada ditempat magang. Mencari tempat magang juga tidak boleh sembarangan, carilah tempat magang pada perusahaan yang memang kredibilitasnya baik agar ilmu dan pengalaman yang kamu dapatkan bisa maksimal.

Saat ini banyak sekali perusahaan yang menawarkan tempat magang bagi mahasiswa, baik itu secara offline maupun online. Kalian dapat memilih tempat magang tersebut sesuai dengan kriteria dan kondisi kalian saat ini. Bisa saja kalian mengambil program magang offline di ibu kota yang letakknya jauh dari tempat kalian berada atau kalian bisa mengikuti kerja praktek secara online yang lebih praktis dan bisa kalian akses darimanapun dan kapanpun.

"Mengikuti magang secara online harus memiliki rasa tanggung jawab dan disiplin yang lebih tinggi karena peserta magang tidak dalam pengawasan langsung oleh trainer magang, sehingga rasa tanggung jawab dan disiplin harus dibiasakan.

Pada artikel ini Tim Game Lab Indonesia akan memberikan tips untuk membangun tanggung jawab agar disiplin bagi kalian yang sedang atau akan mengikuti magang online. Simak tips berikut ini.

1. Ikuti aturan yang berlaku

Sebuah perusahaan tentu memiliki aturan yang harus dipatuhi setiap karyawannya, tidak terkecuali para mahasiswa yang magang di perusahaan tersebut. Aturan yang berlaku dalam perusahaan tersebut ada yang bersifat internal dan juga eksternal. Tidak mudah bagi kita untuk mengikuti sebuah aturan atau kebiasaan yang baru, hal tersebut harus kalian hilangkan.

"Ikuti aturan yang ada karena aturan tersebut dibuat dengan pertimbangan-pertimbangan yang akan memudahkan kalian dan mendisiplinkan kalian di perusahaan tersebut."

Meskipun magang yang kalian lakukan secara online, dengan mengikuti aturan yang ada akan membuatmu lebih fokus dalam mengerjakan tugas-tugasmu selama magang. Tentunya hal ini juga akan berpengaruh pada hasil penilaian akhir kamu nanti.

2. Pahami alur kerja

Berada di tempat baru dengan kondisi yang berbeda, budaya baru, dan orang-orang baru tentu tidak mudah. Gunakan kemampuan beradaptasi  dan berpikir kalian, pahami alur kerja pada perusahaan tersebut. Melakukan kerja praktek secara online memang tidak secara langsung bertemu dengan para karyawan di tempat tersebut, namun untuk memahami alur kerja mereka sangat diperlukan untuk kelancaran kerja kalian. 

"Penting bagi kalian untuk memahami alur kerja pada perusahan tempat kalian magang, terutama saat mengikuti magang online. Dengan memahami alur kerja yang ada akan memudahkan kalian dalam mengikuti magang tersebut."

Agar pekerjaan kalian saat magang online berjalan dengan lancar, pahami alur kerja dalam perusahaan tersebut. Aktiflah bertanya jika memang merasa kesulitan dalam memahami alur kerja tersebut.

3. Pelajari Project Kalian 

Saat mengikuti sebuah magang maka kalian akan mendapatkan tugas atau project yang harus kalian selesaikan selama masa magang tersebut. Tidak berbeda dari magang offline, dalam magang online kalian juga akan mendapatkan project yang harus kalian selesaikan dalam kurun waktu tertentu. Hal tersebut untuk mengukur kemampuan kalian sekaligus menambah skill dan pengalaman kalian.

"Jangan terburu-buru bertanya soal hal teknis, kalian bisa mencarinya di internet terlebih dahulu, proses magang bukan pelatihan dasar. Kemampuan kalian dalam memecahkan masalah juga akan dinilai disini."

Salah satu kasus yang banyak menyebabkan seseorang gagal menyelesaikan magang adalah karena kurangnya pemahaman terhadap project yang kalian diterima. Pelajari dengan benar apa project kalian, dan bagaimana cara untuk menyelesaikannya. Lakukan riset dan perbanyak referensi pada project yang sedang kalian kerjakan, hindari terlalu banyak bertanya tentang hal-hal teknis yang sebenarnya bisa kalian cari di internet. Tetapi ketika briefing, perbanyaklah bertanya kepada trainer atau project manager agar semua yang sifatnya non-teknis menjadi jelas.


Baca jugaTips dan Trik Mencari Tempat Magang yang Bagus


4. Tentukan goal dengan KPI dan OKR

Setelah kalian mengikut aturan yang ada, memahami alur kerja pada perusahaan tersebut, dan memahami project yang kalian terima, saatnya menentukan goal kalian dalam mengikuti magang tersebut. Menentukan goal kalian akan mempermudah kalian menyelesaikan magang online kalian.

"Ada 2 hal yang perlu ketahui untuk menentukan goal yang akan kalian capai, yaitu KPI dan OKR.

Apa itu KPI dan OKR?"

KPI atau Key Performance Indicators adalah salah satu metode yang digunakan untuk mengukur kinerja sebuah perusahaan, project, maupun individu terhadap tujuan dan sasaran yang telah ditentukannya. Indikator dari kinerja yang diukur tentunya berbeda-beda di setiap bidang hal tersebut tergantung kesepakatan yang dibuat. 

Yang kedua adalah OKR atau Objective Key Results, merupakan metode  yang digunakan untuk menentukan tujuan dengan menggunakan target yang berupa data kuantitatif. Jadi disini kalian harus menentukan tujuan kalian terlebih dahulu kemudian menentukan target kalian yang dapat dihitung dengan angka.

"Misalnya tujuan dari project magang kalian adalah membuat asset game (objective) sebanyak 2 judul dalam 1 bulan (target kuantitatif). Jika tidak dapat melampaui target maka dianggap tidak menyelesaikan project dengan baik dan akan berpengaruh pada penilaian."

Tujuan dan target kalian yang jelas akan menambah rasa tanggung jawab kalian dalam mengikuti magang tersebut sehingga kalian akan lebih disiplin dalam mengikuti magang tersebut meskipun magang yang dilakukan secara online. 

Penasaran dengan magang online? Game Lab Indonesia menawarkan magang online bagi kamu mahasisiwa dan siswa SMK yang penasaran dengan magang secara online bisa segera daftarkan diri kamu di gamelab.id. Akan ada banyak benefit ynag akan kamu dapatkan dengan mengikuti magang online ini. Yuk buruan daftarkan diri kamu sekarang juga!

 


 

Baca artikel menarik tentang magang lainnya :

Sumber gambar :

Dapatkan akses GRATIS untuk kelas animasi, desain, coding, machine learning dan sebagainya hanya untuk HARI INI!

disiplin magang tips management tanggung jawab
Febriani Sari

Febriani Sari

Rabu, 6 Maret 2019