BERITA MAGANG 3 Alasan Mengikuti Magang Online Bidang Pemrograman di GameLab Indonesia

3 Alasan Mengikuti Magang Online Bidang Pemrograman di GameLab Indonesia

3 Alasan Mengikuti Magang Online Bidang Pemrograman di GameLab Indonesia

Artikel ini adalah alasan-alasan saya mengapa saya lebih memilih Magang di GameLab

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Hallo sobat GL, Nama saya Nida Hanifah. 

Saya siswa SMK Negeri 3 Banjarbaru yang ada di Kalimantan Selatan. Benar, saya anak kalimantan yang mencoba magang di GameLab Indonesia.

Saya sebagai siswi SMK yang dipersiapkan untuk bekerja setelah lulus tentu harus mengikuti kegiatan magang atau Praktek Kerja Lapangan (PKL).

PKL merupakan implementasi secara sistematis dan sinkron antara program pendidikan di sekolah dengan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan kerja secara langsung di dunia kerja untuk mencapai tingkat keahlian tertentu (Wikipedia)

Tujuan dilakukanya PKL terhadap siswa SMK seperti saya adalah untuk memperkenalkan siswa pada pekerjaan lapangan, menambah skill, mengasah skill, membentuk pola pikir, dan menjalin kerja sama.

Maka dari itu, Saya sebagai siswi SMK harus memilih tempat magang yang tepat. Berikut ini adalah 3 alasan saya mengapa saya memilih magang di GameLab Indonesia:

1. Tempat Magang yang Memiliki Bidang dan Kompetensi Programming

Pada kenyataannya saya sebagai siswa SMK di KalSel dengan jurusan Rekayasa Perangkat Lunak tidak memiliki tempat magang yang sejalan atau relavan dengan jurusan saya. Pada akhirnya kebanyakan siswa-siswa SMK jurusan Rekayasa Perangkat Lunak terpaksa memilih tempat magang di instansi-instansi pemerintahan.

Maka tidak heran jika siswa melakukan PKL di instansi tersebut, siswa hanya diberi tugas untuk memilah surat, memfotocopy berkas, menerima telepon dari pihak eksternal. Bahkan ada yang hanya diperintahkan membuat secangkir kopi atau teh untuk diberikan kepada pegawai yang bekerja ditempat tersebut.

Dilihat dari kejadian-kejadian sebelumnya, akhirnya guru kepala jurusan saya yaitu bapak Nur Kholis Majid, S.pd menemukan tempat magang yang sejalan atau relavan dengan jususan dan merekomedasikan terhadap kami siswa-siswinya melakukan magang di tempat magang tersebut yaitu di GameLab Indonesia.

2. Magang Bersertifikat Plus Pelatihan

Tujuan lulusan siswa SMK adalah bekerja, beda halnya dengan siswa SMA yang tujuannya melanjutkan masuk PTN. Artinya siswa SMA memiliki bekal untuk mempersiapkan ujian seleksi masuk PTN.

Tetapi, ternyata tidak ada peraturan bahwa siswa SMK tidak boleh melanjutkan kuliah. Lulusan SMK seperti saya nantinya akan tetap dapat melanjutkan kuliah meskipun mungkin perlu usaha ekstra untuk mempersiapkan seleksi masuk PTN. Lulusan SMK juga harus mau mengejar ketertinggalan pada matakuliah-matakuliah yang sempat disinggung di SMA, tapi tak diperoleh di SMK.

Maka dari itu, sertifikat yang saya dapatkan di GameLab ini membantu saya yang nantinya mengikuti seleksi masuk PTN yang saya inginkan dengan jurusan Pendidikan Teknik Informatika.

3. PKL di Masa Pandemi Covid-19

Di masa-masa pandemi ini banyak sekali kegiatan-kegiatan lapangan yang dibatasi hingga ada yang dibatalkan atau ditunda. Salah satunya adalah kegiatan magang atau Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang dilaksanakan oleh sekolah saya yang membuat akhirnya tertunda akibat adanya pandemi Covid-19. Seharusnya saya melakukan PKL pada bulan februari 2021 terpaksa tertunda menjadi bulan juli 2021.

Tidak hanya itu, pada saat dilakukannya PKL banyak perusahaan atau instansi yang tidak mau menerima peserta magang. Apalagi, di kota saya yaitu Kota Banjarbaru sedang diberlakukannya PPKM level 4, yang pada akhirnya siswa diharuskan untuk WFH hingga dipulangkan kembali ke sekolah.

Maka dari itu, adanya Magang Online di GameLab Indonesia ini memudahkan saya melakukan magang di saat pandemi ini, karena saya dapat melakukan di mana saja dan kapan saja. Dengan catatan tetap melakukan absensi dan laporan setiap harinya.

Baca Juga : Kolaborasi Seru Setitik Cultureware dan Gamelab Indonesia

Kesan & Pesan Selama Magang Di GameLab

Setelah, akhirnya saya melewati masa-masa PKL di GameLab dari perkenalan hingga pada akhirnya menyelesaikan tugas akhir, saya merasakan banyak perubahan. Dari bertambahnya skill hingga mengetahui bagaimana dunia industri.

Awalnya saya juga merasa takut untuk mengikuti magang online di GameLab. Alasana saya takut mengikuti magang online di GameLab adalah takut tidak sanggup mengikuti sistem magang dan takut mendapatkan tugas yang berat sampai saya tidak bisa menyelesaikannya.

Namun, pada kenyataannya magang online di GameLab tidak begitu sulit seperti yang saya bayangkan. Selama proses magang saya merasa enjoy karena dengan materi dari modul yang diberikan sangat mudah dipahami. Walaupun ada kesulitan, trainer akan menjawab secara cepat dan detail seperti dapat memberikan contoh-contohnya. Pada sistemnya pun, ternyata tidak terlalu memberatkan saya, yaitu hanya dengan absen datang dan pulang, lalu mengirimkan laporan siang dan sore sebagai progres saya mengerjakan tugas yang diberikan.

Landing Page - Food adalah hasil karya saya selama magang

Begitu menyenangkannya magang di GameLab, bisa enjoy tetapi dapat menambah skill yang begitu luar biasa yang tidak akan saya dapatkan di sekolah.

Terimakasih GameLab :)


Referensi :

https://id.wikipedia.org/wiki/Pelatihan_kerja_lapangan

https://www.gamelab.id/news/749-magang-membuat-desain-uiux-aplikasi-belajar

https://www.gamelab.id/news/780-pengalaman-magang-agista-membuat-desain-uiux-aplikasi

https://www.gamelab.id/news/262-prakerin-siswa-smk-di-masa-covid-19


Nida Hanifah

Nida Hanifah

Kamis, 16 Desember 2021

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI